Bagikan
scoll top
 
goKampus

5 Contoh Kecerdasan Buatan yang Membantu Keseharian Kita

.
Bagikan

Kamu sadar gak, kalau saat ini kita hidup berdampingan dengan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI)? Yup, kecerdasan buatan sudah semakin banyak kita gunakan di berbagai bidang. Dari kesehatan, pendidikan, otomotif, bisnis, hingga hiburan banyak memanfaatkan kecerdasan buatan. Apa saja contoh kecerdasan buatan yang sering kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, cek selengkapnya di artikel ini!

5 Contoh Kecerdasan Buatan

1. Asisten virtual

Kecerdasan buatan bukan berarti sesuatu seperti robot mekanik yang bisa berpikir dan bergerak sendiri. Kita banyak menemukan AI dalam perangkat lunak (software) dan fitur-fitur lain yang ada dalam gawai (gadget) milikmu. 

Contohnya, asisten virtual yang ada di iPhone seperti Siri, sedangkan dalam ponsel Samsung adalah Bixby, dan dalam ponsel Google adalah Ok Google. 

Pernah menggunakan Google Maps dan muncul pengingat untuk pergi berangkat ke kantor pada jam 8 pagi? Kamu merasa gak pernah input alamat rumah dan kantormu, tapi kok Google Maps bisa tahu? Itu salah satu contoh penerapan kecerdasan buatan. AI mempelajari pola rutinitasmu dan mencoba memberi sugesti soal aktivitas yang biasa kamu lakukan.

2. Filter Instagram juga contoh kecerdasan buatan

Dengan mudah, kamu bisa menghilangkan jerawat pada wajahmu di video yang kamu unggah ke Instagram atau TikTok. Kamu juga bisa mengubah wajah teman yang kamu videokan menjadi cemberut atau sedih. Padahal, wajahnya lagi biasa-biasa saja.

Seorang penyunting foto atau video memang bisa melakukannya secara manual, tapi tentunya itu makan banyak waktu. Padahal, filter-filter Instagram dan TikTok itu bisa melakukannya secara real-time, loh! Itu semua adalah contoh kecerdasan buatan dalam keseharian.

3. Keyboard virtual

Ketika pertama kali diterapkan, auto-correct kerap melakukan kesalahan. Namun, lama-kelamaan fitur ini menjadi semakin cerdas dalam mengoreksi salah ketik yang kita lakukan. Itu semua terjadi karena mereka “belajar”. Yup, salah satu ciri-ciri kecerdasan buatan adalah kemampuan untuk mempelajari sesuatu.

4. Layanan hiburan

Coba deh buka aplikasi streaming film dan musik favoritmu. Pada halaman pertama, biasanya mereka memberi sugesti dan rekomendasi konten yang kemungkinan akan kamu sukai. Ini merupakan pekerjaan kecerdasan buatan. Mereka mempelajari pola dan jenis-jenis konten yang sering kamu nikmati, kemudian memberi rekomendasi yang relevan.

5. Layanan konsumen virtual

Beberapa situs belanja daring menggunakan fitur layanan konsumen (customer service) dengan menggunakan kecerdasan buatan. Dengan begitu, mereka akan mengirit cost karena gak perlu menggaji karyawan khusus untuk melayani konsumen. Fitur AI ini memahami bahasa dan pilihan kata yang kamu gunakan saat bertanya untuk menemukan apa yang ingin kamu capai.

Baca Juga: Apa itu Kecerdasan Buatan? Simak Sejarahnya Yuk!

Itulah beberapa contoh kecerdasan buatan yang sering kita gunakan. Tertarik mendalami kecerdasan buatan? Kalau tertarik, yuk persiapkan dirimu dengan ikutan kelas bersertifikat dari AWS. Psst, kelasnya masih gratis, loh! So, tunggu apa lagi? Cek kelas Pengantar AWS untuk Kecerdasan Buatan di sini atau explore beragam kelas AWS di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-