Bagikan
scoll top
 
goKampus

5 Pertanyaan Klise Waktu Interview Organisasi

.
Bagikan

Untuk kamu semua yang pengen ikutan organisasi mahasiswa di kampus, pasti penasaran dong apa aja sih pertanyaan-pertanyaan yang bakal ditanyakan oleh para senior waktu interview organisasi? Kira-kira gimana sih cara menjawabnya? Nah, pas banget nih goKampus akan kasih kamu bocoran 5 pertanyaan yang paling sering muncul waktu interview organisasi. Ini dia!

1. Apa alasan kamu masuk organisasi ini?

Pertanyaan pertama ini pasti kamu udah familiar banget nih… “Apa alasan kamu masuk organisasi ini?”, ini akan selalu ditanyakan oleh para senior yang bertugas untuk wawancara kamu. Jawaban dari pertanyaan ini akan jadi pertimbangan buat mereka alasan apa yang membuat kamu lebih pilih organisasi ini dibanding organisasi yang lain. Sebisa mungkin, jawabnya gunakan alasan yang jelas ya! Jangan hanya menjawab “karena suka” atau “karena lagi buka pendaftaran”. Wah, pasti gak akan berakhir baik jika kamu menjawab gitu ya guys.

2. Apa kelebihan dan kelemahan kamu?

Pertanyaan kedua ini cukup menjebak loh guys, karena terkadang kalau kamu gak bisa merangkai kata-kata dengan baik, maka bisa timbul prasangka-prasangka lain nih. Misalnya waktu kamu menyebutkan apa kelebihanmu, terkadang kamu bisa dianggap sombong atau arogan kalau salah ngomong! Tipsnya adalah kamu ceritakan saja kelebihan dan kekurangan dirimu secara jujur dan jangan lupa untuk berikan solusi untuk menghadapi kekuranganmu ya.

Baca Juga : Mau Jadi Presenter TV? Yuk Kuliah Jurusan Jurnalistik!

3. Sebutkan apa saja yang kamu tau tentang organisasi ini?

Nah, pertanyaan ini diajukan untuk melihat seberapa jauh kamu mengenal dan mencari tau tentang organisasi yang kamu daftar. Penting banget guys untuk mencari tau dan riset lebih dulu tentang organisasi yang kita tuju, karena semakin banyak kamu tahu semakin mudah kamu menjawab berbagai pertanyaan tentang organisasi tersebut.

4. Siap pulang malam gak?

Kamu gak perlu kaget jika mendapat pertanyaan seperti ini, biasanya pertanyaan ini ditujukan buat mengukur seberapa komitmen kamu jika sudah bergabung dengan organisasi ini. Biasanya di setiap organisasi pasti akan banyak rapat dan kegiatan yang membuatmu harus pulang malam. Itulah alasan kenapa pertanyaan ini ditanyakan guys… Tips menjawabnya adalah kamu harus jujur aja apakah kamu ada batasan untuk pulang malam jika tinggal di rumah bersama orang tua, hal ini butuh kamu jelaskan agar bisa seimbang antara kesibukan di kampus dan peraturan di rumah.

5. Apa kontribusi yang bisa kamu kasih saat sudah masuk organisasi ini?

Biasanya pertanyaan ini menjadi pertanyaan penutup sekaligus kesempatan kamu untuk memberikan closing statement kepada pewawancara agar lebih meyakinkan kalau kamu benar-benar punya niat dan semangat yang tinggi untuk bergabung di organisasi tersebut. Usahakan kamu memberikan alasan yang jelas seperti ide-ide kamu, visi misi yang mau kamu bawa untuk organisasi tersebut!

Udah siap belum untuk interview organisasi setelah membaca artikel ini? Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-