Bagikan
scoll top
 
goKampus

6 Contoh Pekerjaan yang Memanfaatkan Ilmu Komunikasi Massa

.
Bagikan

Kuliah di Jurusan Komunikasi ternyata punya banyak prospek di dunia kerja loh! Sebab, ada beberapa contoh salah satunya adalah komunikasi massa, yaitu bentuk yang melibatkan penggunaan media massa. Nah, jumlah media massa kan sangat beragam, makanya prospek pekerjaan dari jurusan komunikasi juga jadi sangat beragam.

Pekerja yang menjadi komponen dalam komunikasi massa disebut komunikator. Nah, setelah lulus dari Jurusan Komunikasi, kamu bisa jadi komunikator.

Baca Juga: 10 Fungsi Komunikasi Massa, Dari Informasi, Hiburan, Hingga Pewarisan Sosial

Apa Saja Contoh Komunikasi Massa Dalam Dunia Kerja?

Wartawan

Pewarta berita alias wartawan adalah orang yang mampu menggunakan ilmu jurnalistik untuk memberitakan informasi kepada masyarakat umum melalui media massa. Contoh media massa sangat beragam, dari koran, televisi, radio, hingga zaman sekarang ketika era internet melahirkan berbagai situs berita online yang adu cepat dalam memberitakan informasi kepada masyarakat.

Penyiar Televisi dan Radio

Sebenarnya, penyiar televisi hanya perwakilan dari lembaga media yaitu media televisi. Begitu juga penyiar radio. Namun, merekalah yang menjadi corong dalam memberikan informasi dan berita pada pemirsa televisi atau pendengar radio. Selain menjadi penyiar televisi atau radio, kamu juga bisa bekerja di balik layar bidang broadcasting sebagai produser, pengawas lapangan, kru, videografer, dan sebagainya.

Public Relation

Dalam bahasa Indonesia, public relation disebut sebagai hubungan masyarakat (humas). Dalam sebuah perusahaan, peran humas sangat penting untuk memberitakan informasi produk atau klarifikasi kepada khalayak luas. Selain itu, humas juga berperan agar sebuah perusahaan dapat bekerja sama dengan perusahaan lainnya.

Guru

Seorang guru berperan menjadi komunikator dalam pendidikan. Proses pengajaran bisa dibilang merupakan proses komunikasi massa yang berlangsung di sekolah/kampus. Nah, guru yang baik tentu dapat memanfaatkan ilmu komunikasi massa dalam mendidik murid-muridnya.

Youtuber

Seorang Youtuber yang hebat harus bisa melakukan komunikasi massa yang bagus kepada para pemirsanya. Pekerjaan yang satu ini didambakan banyak anak muda, tapi jangan salah, jadi Youtuber sangat menantang dan sangat gak gampang. Terutama awal-awal pasti akan berdarah-darah. Kamu harus bisa membuat konten yang pas untuk target pemirsamu, kadang malah harus syuting dan menyunting video sendiri.

Beragam Pekerjaan Dalam Dunia Advertising

Dunia advertising erat berkaitan dengan komunikasi massa. Iklan yang baik mampu menyampaikan pesan dari perusahaan kepada orang-orang yang menjadi target perusahaan tersebut, benar kan? Nah, lulusan Ilmu Komunikasi umumnya siap untuk bekerja di industri advertising. Macam-macam pekerjaannya antara lain content writer, copywriter, fotografer, videografer, market analyst, sales dan marketing, serta masih banyak lagi.

Ternyata prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi cukup cerah kan? Berminat kuliah di jurusan ini? Kamu bisa mengambil jurusan kuliah Ilmu Komunikasi ya. Kamu bisa cari-cari informasi seputar jurusan favorit, universitas terbaik, dan program beasiswa senilai Rp10 miliar semua ada di goKampus! Daftar kuliah di goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Penasaran? Klik di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-