gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

6 Keuntungan Facebook Ads Untuk Bantu Memajukan Bisnismu

.
Bagikan

Media sosial, seperti Facebook, bukan hanya menjadi tempat untuk memperluas jaringan pertemanan atau membagikan konten menarik. Jika kamu memiliki bisnis atau usaha, Facebook dapat menjadi tempat yang pas untuk memasarkan produk atau jasa. Kamu gak hanya bisa melakukan promosi lewat status di akun pribadimu. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads agar bisa promosi ke lebih banyak orang, di luar lingkaran pertemananmu.

Sesuai namanya, Facebook Ads adalah iklan yang secara eksklusif tampil hanya di platform Facebook. Iklan ini bisa kamu lihat di linimasa atau timeline dalam bentuk foto, slideshow, atau video.

Beriklan di media digital memang tidak harus lewat Facebook. Namun, ada sejumlah keuntungan yang akan kamu dapat jika menggunakan Facebook Ads.

Baca Juga: Tips Belajar Facebook Ads Untuk Pemula

Berikut ini adalah keuntungan menggunakan Facebook Ads untuk mengiklankan produk yang kamu jual.

1. Banyak Orang Menghabiskan Waktu Di Facebook

Tahukah kamu? Indonesia merupakan negara pengguna Facebook terbanyak ketiga di dunia. Bahkan, menurut laporan Statista, jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 140 juta di bulan Juli 2021 lalu. Apalagi rata-rata orang menghabiskan waktu selama 2,5 jam di media sosial. 

Dari data tersebut, bisa terlihat bahwa calon pelangganmu bisa jadi menggunakan Facebook sehari-hari. Itu sebabnya, beriklan di Facebook Ads memberikan keuntungan karena berpotensi mendatangkan pelanggan baru dalam jumlah yang besar.

Apalagi, Facebook juga mengakuisisi Instagram beberapa tahun lalu. Instagram sendiri menjadi salah satu media sosial yang banyak penggunanya di Indonesia, terutama untuk kelompok usia 18-24 tahun.

Setelah proses pengakuisisian tersebut, Facebook Ads memberikan akses beriklan ke kedua platform-nya. Hal ini membuat kamu bisa menjangkau lebih banyak orang lagi ketika mempromosikan bisnismu.

2. Facebook Ads Memudahkan Microtargeting

Dalam beriklan, kualitas audiens lebih penting dari jumlahnya. Menyasar target yang tepat tentu membantu mendatangkan pendapatan. Itu sebabnya, kamu harus menargetkan pengguna Facebook yang berpotensi menjadi pelangganmu.

Di Facebook Ads, melakukan microtargeting atau menyasar audiens secara spesifik tidaklah sulit. Pasalnya, Facebook merupakan platform media sosial yang kaya akan data. Jadi, mereka bisa memberikanmu kemudahan untuk menyortir pengguna untuk menerima iklanmu. 

Saat memasang iklan di Facebook, kamu bisa menargetkan audiens berdasarkan gender, usia, lokasi, bahasa, perilaku, hingga ketertarikannya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menargetkan fans kompetitor bisnismu.

Semua kriteria tersebut bisa kamu kombinasikan untuk mendapatkan audiens yang sesuai dengan target pasarmu.

Selain itu, dengan Facebook Ads, kamu juga bisa menargetkan kembali pelanggan yang pernah membeli produkmu atau berinteraksi dengan iklan yang kamu pasang sebelumnya.

3. Harga Beriklan Di Facebook Terjangkau

Keuntungan lain beriklan di Facebook Ads adalah harganya lebih murah jika dibandingkan beriklan dengan cara lain, misalnya saja menggunakan brosur.

Hal ini karena biaya iklan di Facebook bisa diatur berdasarkan budget yang kamu miliki. Intinya, kamu tidak butuh modal yang besar untuk memasang Facebook Ads. Bahkan, kamu bisa beriklan mulai dari Rp10.000 per hari.

Selain budget, biaya beriklan di Facebook Ads juga bisa ditentukan dari faktor lainnya. Misalnya saja, format iklan yang digunakan, industri, serta tujuan dan target iklan.

4. Facebook Menyediakan Beragam Format Iklan

Facebook Ads juga membuat penggunanya lebih leluasa dalam mengkreasikan materi iklan. Hal tersebut terlihat dari variasi format iklan yang ditawarkannya. Beberapa format iklan yang ada di Facebook Ads bahkan tidak bisa kamu temukan di platform lain.

Berikut ini adalah format iklan yang disediakan Facebook Ads:

Foto. Format ini berisi satu gambar statis yang dilengkapi caption.

Video. Iklan video di Facebook tersedia dalam variasi durasi dan bisa diatur untuk tampil di lini masa atau Facebook Stories pengguna.

Story. Iklan ini muncul di Facebook Stories pengguna dan akan mengarahkan pelanggan ke halaman situs yang kamu inginkan.

Messenger. Iklan ini akan muncul di tengah-tengah percakapan saat pengguna menggunakan Facebook Messenger.

Carousel. Format iklan ini menampilkan maksimal 10 gambar statis.

Slideshow. Tampilan iklan ini menyerupai klip video karena dilengkapi suara, teks, dan pergerakan.

Collection. Format yang satu ini menampilkan berbagai produk yang kamu jual dalam satu iklan.

Berbagai pilihan format iklan tersebut dapat memudahkanmu dalam proses branding. Kamu bisa berkreasi sebebas mungkin untuk membuat materi iklan sesuai brand image bisnismu.

Baca Juga: Serba Serbi Digital Marketing, Pekerjaan Yang Lagi Hits!

5. Facebook Ads Bisa Menyesuaikan Dengan Tujuan Bisnis

Tiap bisnis pasti memiliki goal atau tujuan masing-masing. Itu sebabnya, kebutuhan promosi tiap bisnis pun berbeda-beda. 

Di Facebook, kamu bisa mengatur advertising objectives atau tujuan iklan yang pas dengan tujuan bisnismu. Sebagai contoh, kamu bisa memasang iklan di Facebook dengan tujuan sebagai berikut:

  • Menggunakan fitur page promotion untuk meningkatkan jumlah like dan engagement di halaman Facebook bisnismu.
  • Mengarahkan iklan ke halaman situs bisnismu untuk menambah jumlah pengunjung di situs tersebut.
  • Melakukan boost ke salah satu postingan di halaman Facebook-mu untuk meningkatkan engagement terhadap konten tersebut.
6. Facebook Ads Memberikan Hasil Yang Cepat

Salah satu keunggulan beriklan di Facebook adalah kamu akan mendapatkan hasil yang cepat. Begitu iklan tayang, Facebook akan memperlihatkannya ke ribuan pengguna yang berpotensi menjadi pelangganmu.

Kamu pun bisa langsung melihat performa iklan yang dipasang secara real-time. Jika hasil promosi tidak memuaskan, kamu bahkan bisa segera mengubah atau menyesuaikan iklan yang dipasang. 

Hal ini tentunya menjadi keunggulan Facebook dibanding media promosi lainnya, misalnya radio, televisi, atau majalah. Hasil promosi di media tersebut tidak dapat langsung terlihat, sehingga kamu pun tidak bisa melakukan penyesuaian ketika hasilnya gak sesuai harapan.

Karena menawarkan banyak keuntungan, wajar kan jika banyak pemilik usaha yang menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan produknya. Bagaimana denganmu? Apakah kamu tertarik memasarkan produk dengan beriklan di Facebook juga?

Baca Juga: Kreatif, Sifat yang Berperan Penting dalam Kehidupan Manusia

Jika tertarik, kamu bisa mulai mencoba mengiklankan produkmu dengan Facebook Ads sesuai budget ya. Jangan ragu untuk terus menambah skill dan pengetahuan terkait pemasaran di Facebook. Sekarang banyak kok kelas-kelas digital terkait Facebook marketing yang bisa kamu ikuti kapan pun. Misalnya seperti di goKampus. 

Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam kelas digital dengan pengajar-pengajar profesional. Selain bisa menambah pengetahuan, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat yang tentu saja berguna untuk karier kamu. Penasaran? Klik di sini dan dapatkan promonya.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-