Bagikan
scoll top
 
goKampus

7 Strategi Social Media Marketing yang Jitu dan Efektif

.
Bagikan

Siapapun punya akun media sosial, termasuk anak muda, orang tua, hingga perusahaan atau small business. Bagi yang menjalankan bisnis maupun pemilik pasti melakukan pemasaran melalui media sosial atau dikenal juga dengan social media marketing. Dengan melakukan cara tersebut, bisnis atau brand dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan mendapat lebih banyak cuan. So, bagaimana strategi social media marketing yang jitu dan efektif untuk bisnis? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Apa Itu Pemasaran Media Sosial?

Mengutip dari web Investopedia, social media marketing adalah pemasaran digital dan elektronik menggunakan media sosial, seperti Instagram, YouTube, Twitter, TikTok, dan lainnya sebagai sarana membangun brand perusahaan, menambah penjualan, serta mendorong traffic.

Social media marketing dapat membantu bisnis, brand, atau perusahaan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan sekaligus meraih calon pembeli lainnya. Pemasaran ini memiliki perhitungan dan analisis data khusus untuk mengetahui tingkat keberhasilan usaha yang kamu lakukan hingga mengidentifikasi cara lain yang bisa perusahaan/bisnis lakukan untuk meningkatkan hubungan dengan para pelanggan.

Strategi Social Media Marketing yang Jitu dan Efektif

Agar usahamu gak sia-sia, tentu kamu harus menentukan strategi terlebih dahulu. Berikut beberapa strategi social media marketing yang dapat kamu terapkan dalam bisnis atau untuk brand kamu!

1. Menentukan target atau tujuan yang ingin perusahaan/bisnis capai

Melakukan social media marketing tanpa tujuan yang jelas bisa membuat seluruh usahamu sia-sia karena kamu gak tahu hal apa yang ingin kamu capai. Target yang ideal adalah yang memiliki unsur S.M.A.R.T yang meliputi Specific (spesifik/jelas), Measurable (terukur), Attainable (dapat dicapai), Relevant (relevan), dan Time-bound (memiliki batas waktu).

2. Riset dan pahami target pasarmu

Dengan mengidentifikasikan target pasar, kamu bisa membuat konten yang sesuai dengan mereka sehingga kemungkinan untuk di-like, comment, dan share akan lebih besar. Kamu bisa menentukan target pasarmu dari umur, gender, tempat tinggal, rata-rata pendapatan, profesi, tempat bekerja, ketertarikan, dan sebagainya.

3. Pelajari strategi kompetitormu

Kamu bisa mempelajari apa saja yang kompetitormu lakukan untuk menarik calon pembeli atau pelanggannya. Hal ini dapat membantumu untuk menentukan fokus penggunaan media sosial serta lebih jeli melihat kesempatan yang bisa kamu ambil.

4. Lakukan evaluasi dari berbagai macam usaha yang telah kamu lakukan

Kamu bisa melakukan evaluasi dari cara apa yang berhasil menarik calon pembeli dan apa yang gak berhasil, siapa yang terhubung dengan media sosial, media sosial apa yang sering audiens/pelanggan gunakan, atau seberapa sering kamu dan kompetitormu mengunggah konten di media sosial. Dengan begitu, kamu bisa mempertahankan cara-cara yang berhasil dan mengubah strategi yang gagal.

5. Bangun citra brand dan buatlah konten yang sesuai dengan target pasarmu

Setelah mengetahui platform yang sering target pasar gunakan, kamu bisa mulai menyesuaikan konten yang akan kamu buat. Jangan lupa untuk melengkapi seluruh informasi di akun profile. Gunakan kata-kata yang mudah pelanggan/audiens temukan, logo, warna, hingga tampilan isi media sosial yang menarik. Jangan lupa untuk mengatur akunmu menjadi akun bisnis.

6. Berinteraksilah dengan para pengikut akun media sosial brand/bisnismu

Dengan strategi ini, kamu bisa mengetahui apa yang pelanggan/audiens inginkan dan butuhkan. Bahkan, kamu bisa mendapat banyak inspirasi dari respons yang mereka berikan.

7. Buatlah jadwal konten mulai dari hari dan jamnya

Pilihlah waktu yang paling banyak pengikutmu membuka media sosial. Dengan begitu, kamu bisa meraih audiens/pelanggan lebih banyak, lebih interaktif, dan mendorong traffic website atau media sosialmu.

Baca Juga: Serba-serbi Digital Marketing, Pekerjaan yang Lagi Hits!

Itulah strategi social media marketing yang jitu dan efektif yang bisa kamu coba. Kalau kamu ingin mendalami pemasaran terutama di media sosial dan menjadi expert di bidang tersebut, bisa ikutan kelas bersertifikat Social Media Marketing di sini.

Mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Social media marketing gogo campaign

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-