Bagikan
scoll top
 
goKampus

8 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Mudah

Hidup di zaman yang seluruh dunia bisa terkoneksi dengan mudah melalui teknologi tentu jadi kesempatan yang luar biasa. Gak ada akses yang terbatas untuk bisa ngobrol bareng dengan orang-orang di negara yang berbeda. Makanya nih, bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang wajib kamu pelajar agar bisa berkomunikasi dengan banyak orang dari seluruh dunia. Lalu, bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang mudah?

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Mudah

Belajar bahasa Inggris memang penting untuk menunjang kegiatan hingga keperluan karier kamu ke depannya. Nah, goKampus akan kasih tahu kamu 8 cara belajar bahasa Inggris yang mudah dan bisa langsung kamu terapkan!

1. Menonton film bahasa Inggris tanpa subtitle

Cara belajar bahasa Inggris mudah yang pertama adalah kamu bisa mencoba untuk menonton film tanpa menggunakan subtitle. Meskipun awal-awal pasti kamu masih bingung, tapi cara ini terbukti sangat efektif buat kamu yang baru belajar. Jika ada kosakata yang kamu bingung, kamu bisa mencatat dan mencari artinya di kamus atau internet.

Dengan menonton film tanpa subtitle juga bisa membantu kamu untuk mencerna lebih cepat bagaimana pelafalan dan pengucapan sebuah percakapan. Nah, apalagi saat ini udah banyak banget kan platform nonton streaming yang bisa kamu akses di mana saja.

2. Menulis dan mengumpulkan kosakata dalam satu buku

Cara belajar bahasa Inggris yang mudah selanjutnya adalah kamu bisa menulis berbagai kosakata yang kamu kurang mengerti di dalam satu buku. Buku ini nanti yang akan kamu bawa terus dan kamu gunakan sebagai “kamus”. Jika perlu, kamu juga bisa mencatat definisinya biar lebih lengkap agar kamu bisa memiliki pemahaman yang luas mengenai kata-kata tersebut.

3. Mendengarkan lagu bahasa Inggris dan menghafalkan lirik

Kamu pasti punya dong lagu atau penyanyi favorit yang memiliki lagu berbahasa inggris? Kamu bisa sering-sering mendengarkan lagu itu dan menulis liriknya.

Dengan menulis liriknya di sebuah kertas, bisa membantu kamu untuk mengerti apa yang sedang dibicarakan. Secara gak langsung kamu juga akan belajar soal ‘grammar’. Selain itu, cara ini bisa lebih membantu kamu untuk mengingat kata-kata atau kalimat yang dibicarakan.

4. Nonton YouTube

Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dengan menonton YouTube. Asal yang kamu tonton adalah kanal-kanal edukasi yang sesuai dan bisa mengajarkan kamu bahasa Inggris. Kamu juga bisa loh memilih tingkat kesulitan yang nantinya bisa sesuai dengan kemampuanmu.

Usahakan untuk gak terlalu lama menonton YouTube karena bisa membuatmu jadi bosan dan gak ingin menontonnya lagi! Lebih baik kamu jadwalkan kegiatanmu belajar Bahasa Inggris melalui YouTube ya. Karena dengan membuat jadwal, kamu bakalan lebih semangat lagi mempelajari hal baru setiap harinya.

5. Sering-sering bicara dengan orang sekitar

Kamu bisa minta bantuan keluarga, teman-teman, atau kenalanmu yang jago berbahasa inggris untuk ngobrol sehari-hari sama kamu. Hal ini sangat efektif untuk membantu kamu latihan terus-menerus. Kamu juga bisa mencoba ke berbagai platform-platform media sosial yang bisa menghubungkan koneksi kita ke berbagai negara di dunia.

Jadi, kamu bisa langsung mencoba ngobrol dengan orang-orang asli di negaranya. Pasti kemampuan bahasa inggrismu pelan-pelan akan semakin meningkat nih. Yang penting, harus percaya diri dan jangan takut salah!

6. Membaca artikel Bahasa Inggris

Kamu bisa mulai browsing dan cari-cari artikel berbahasa Inggris di internet. Dengan situs yang memiliki banyak tema artikel kamu tidak akan merasa terbebani untuk membaca beberapa artikel dalam sehari. Kamu juga bisa belajar untuk membaca artikel itu. Hal tersebut bakal ngebantu banget buat kamu mengenal berbagai kosakata dan cara pengucapannya

7. Rajin baca kamus Bahasa Inggris

Kamu harus rajin juga membaca kamus bahasa Inggris. Jadi, gak hanya literatur hiburan seperti artikel, novel, atau berita berbahasa Inggris. Kamu juga perlu membaca kamus bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa Inggris autodidak ini untuk menambah vocabulary (kosakata).

8. Menulis kegiatan harian dengan bahasa Inggris

Meskipun ini terdengar sulit dan membosankan, tapi cara ini terbukti efektif untuk kamu mahir berbahasa inggris mulai dari segi pelafalan, pengucapan, sampai penulisan. Banyak idiom-idiom di dalam kosakata bahasa Inggris yang perlu kamu perhatiin lebih lanjut.

Dengan belajar menulis bahasa Inggris, kamu bisa mempelajari idiom tersebut dan bisa kamu gunakan sewaktu-waktu kamu memiliki tugas untuk menulis essay dalam Bahasa Inggris.

Ini akan membantu kamu untuk mengenal dan memahami berbagai kosakata. Kamu bisa menulis apapun yang kamu suka dan kamu bisa bercerita kegiatan sehari-harimu dengan bahasa Inggris. Kuncinya, jangan takut salah!

Itulah cara belajar bahasa Inggris yang mudah. Selain itu, kamu juga bisa memperlancar bahasa Inggris dengan ikutan kelas secara online. Tahukah kamu kalau kamu lancar berbahasa Inggris akan meningkatkan peluangmu diterima bekerja dan dilirik perusahaan, apalagi di era global seperti saat ini?

Yuk, perlancar kemampuan bahasa Inggris kamu dengan ikutan kelas Cepat Cakap Bahasa Inggris untuk Awal Karier di sini, kelas Cepat Cakap Inggris Khusus Presentasi di sini, dan kelas Cepat Cakap Inggris Khusus Menulis Email di sini. Ketiga kelas tersebut akan menunjang kariermu ke depannya.

Jangan lupa pakai kode voucher GOCAKAP untuk dapat diskon hingga Rp30 ribu untuk pembelian kelas minimal Rp250 ribu. Psst, kode voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan bahasamu sekarang atau explore kelas Cakap lainnya di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-