pendidikan karakter
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Ajak Murid Belajar Pendidikan Karakter Sejak Dini

Pendidikan karakter khususnya di pendidikan Indonesia bisa dibilang sangat penting. Pendidikan karakter bisa dilakukan mulai dari hal yang paling kecil misalnya membiasakan anak untuk mencium tangan guru dan orang tua ketika tiba di sekolah, mengucapkan salam ketika guru masuk ke kelas, dan lainnya.

Apa itu pendidikan karakter? Pendidikan karakter adalah sebuah sistem pendidikan yang sistematis dan direncanakan untuk mendidik dan juga memberdayakan dan mengembangkan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga mereka bisa tumbuh menjadi individu yang bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri, keluarga, dan juga lingkungan sekitarnya.

Secara umum bisa disimpulkan bahwa pendidikan karakter adalah pendidikan yang diberikan kepada para murid agar mereka bisa memiliki karakter dan kepribadian dengan rasa moral yang tinggi, tidak melakukan hal-hal yang dilarang secara norma, dan tenaga pendidik atau pengajar memiliki fungsi peran yang sangat penting untuk menjadi contoh teladan yang baik bagi peserta didik agar memiliki karakter yang baik pula. Dan ada beberapa fungsi dan tujuan dari pendidikan karakter di sekolah loh. Apa aja ya?

Secara umum fungsi dari pendidikan karakter di sekolah adalah untuk membentuk karakter dan kepribadian seseorang sehingga menjadi orang yang memiliki nilai moral tinggi, berakhlak mulia, memiliki toleransi, tangguh, dan juga berperilaku baik. Mengembangkan potensi dasar yang dimiliki oleh setiap diri manusia untuk menjadi pribadi yang bisa berpikiran baik, berhati baik, dan juga memiliki perilaku yang baik pula membangun dan memperkuat perilaku peserta didik yang hidup di tengah masyarakat multikultur.

Karakter adalah ciri khas yang dimiliki oleh setiap individu yang ditunjukkan melalui cara bersikapnya, cara berperilaku, dan juga cara bertindak untuk hidup dan juga bekerjasama dalam lingkungan sosialnya baik itu dalam lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, maupun di lingkungan masyarakat yang lebih luas.

Anak-anak yang tidak di didik karakternya pada usia dini maka ketika ia tumbuh dewasa ia bisa memiliki karakter yang dipandang negatif oleh masyarakat dan bisa membuatnya sulit untuk diterima dengan baik di lingkungan masyarakat.

Nilai agama adalah sumber dari pendidikan karakter dan juga moral yang berlaku di sekolah kami. Hal ini karena karakter religius adalah karakter paling dasar yang ada pada diri seseorang dan bisa menjadi langkah awal dalam mengembangkan sifat, sikap, dan juga perilaku yang mencerminkan penghargaan terhadap perbedaan  terutama pada masa perkembangan peserta didik selanjutnya. Nilai-nilai religius adalah nilai yang paling tepat ditanamkan pada anak sejak usia dini dan harus disesuaikan dengan tingkat perkembangannya.

Baca Juga: 3 Kesalahan Dalam Merencanakan Dana Pendidikan

Maka dari itu kondisi lingkungan sekolah yang kondusif akan mendukung proses penanaman karakter religius yang lebih baik apalagi jika dilakukan dengan cara yang lebih kreatif. Dalam hal ini peran guru sebagai sosok orang dewasa dan yang memiliki otoritas di lingkungan sekolah adalah sosok yang memiliki peran penting dalam menjadi teladan dan juga pengingat.

Pendidikan karakter di sekolah dasar selanjutnya yang wajib diberikan kepada anak sejak usia dini adalah mengenai kecintaan terhadap kebersihan diri maupun kebersihan lingkungannya.

Kebersihan pada diri sendiri tidak hanya mengenai sanitasi tapi juga berkaitan dengan mendidik anak agar memiliki pribadi yang sehat dan jiwa yang kuat. Jika anak-anak memiliki pribadi yang sehat dan juga jiwa yang kuat maka materi yang diberikan di sekolah pun bisa diserap dengan lebih baik.

Pendidikan karakter yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan bisa diwujudkan dengan melaksanakan jadwal piket secara teratur, mengadakan agenda Jumat bersih, bisa juga dengan mengadakan lomba kebersihan dan keindahan ruang kelas di dalam lingkungan internal sekolah. Pendidikan karakter yang berhubungan dengan kebersihan bisa dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan dengan cara dilombakan.

Memiliki empati yang tinggi adalah salah satu karakter baik yang bisa membuat seseorang memiliki posisi yang baik di tengah masyarakat. Kami sebagai pengajar di Sekolah Prestasi Global terus mendorong peserta didik untuk memiliki rasa kepedulian yang tinggi  mulai dari skala yang paling kecil yaitu peduli dengan teman di sekitarnya.

Pendidikan karakter di sekolah mengajarkan sikap peduli yaitu sikap dan juga tindakan yang selalu ingin memberikan  bantuan pada orang lain yang membutuhkannya. Wujud kepedulian di lingkungan sekolah bisa didorong dengan berbagai cara misalnya membuat surat tulisan tangan untuk diberikan kepada teman yang sedang sakit, saling membantu saat mengerjakan tugas kelompok, mengumpulkan uang belasungkawa jika ada musibah yang menimpa keluarga teman, dan lainnya.

Kejujuran merupakan investasi  yang bisa menjadi modal dasar bagi seseorang untuk memiliki hubungan komunikasi yang sehat dan efektif dengan orang lain. Peserta didik yang sudah diajarkan untuk bersikap dan berkata jujur sejak dini akan lebih mudah untuk diterima di tengah masyarakat yang mendambakan kejujuran pada karakter setiap orang.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

1. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

2. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

3. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

4. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa klik halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *