gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Apa Itu Facebook Ads? Yuk Kenalan Dengan Ragam Istilah Di Dalamnya

.
Bagikan

Apa itu Facebook Ads? Pertanyaan ini kerap muncul dari mereka yang belum familiar dengan Facebook Ads. Banyak yang penasaran karena fitur ini punya peran penting dalam strategi pemasaran online. Selain untuk persona, masyarakat lebih mudah menerima brand kamu setelah menggunakan fitur ini. 

Populernya penggunaan Facebook ads juga gak lepas karena Facebook masih menjadi media sosial favorit banyak orang. Penggunanya saja lebih dari  1 miliar di seluruh dunia. Jadi gak perlu heran kenapa pebisnis masih mengandalkan Facebook sebagai media promosi mereka. Nah, hal ini pula yang membuat Facebook ads banyak peminatnya.

Baca Juga: Serba Serbi Digital Marketing, Pekerjaan Yang Lagi Hits!

Apa Itu Facebook Ads

Secara sederhana, Facebook ads adalah tampilan iklan yang tampil di platform Facebook. Mengingat banyaknya pengguna Facebook, beriklan di platform ini bisa sangat menguntungkan. Fitur ini memungkinkan kamu mengembangkan dan memperkenalkan bisnis dengan jangkauan yang lebih luas. 

Pada dasarnya, fitur ini tertuju bagi pebisnis dan pengusaha yang ingin mempromosikan produk atau jasa mereka. Namun untuk mempelajarinya kamu juga harus mengetahui istilah-istilah yang ada di dalam fitur Facebook ads. Apa saja? 

Daftar Istilah

Ada beberapa istilah yang mungkin kurang familiar untuk pebisnis pemula yang ingin mencoba layanan Facebook ads. Berikut beberapa contohnya: 

Ads

Materi iklan yang digunakan untuk membuat Facebook Ads. Ini merupakan bagian terkecil dari struktur Iklan Facebook.

Adset

Struktur Facebook Ads yang terdiri dari satu atau beberapa Ad. Pada tingkatan ini, kamu bisa menentukan penargetan, anggaran, jadwal, penawaran, dan penempatan iklan.

Ads Manager

Halaman di mana kamu dapat melihat semua campaign iklan Facebook yang kamu buat. Ads Manager membantumu membuat perubahan pada tawaran dan bujet, serta menjeda atau memulai kembali iklan. Kamu juga akan menemukan riwayat pembayaran dan informasi sumber pendanaanmu.

Campaign

Struktur Facebook ads yang terdiri dari satu atau beberapa adset. Kamu dapat memilih dan menentukan objektif setiap iklan Facebook yang dijalankan.

CPM

Singkatan dari Cost Per Million (1000) Impression, atau dalam bahasa Indonesia artinya Biaya per 1000 tayang. CPM merupakan biaya iklan yang harus kamu bayar saat iklan sudah dilihat atau telah menjangkau 1000 orang.

CPC

Singkatan dari Cost Per Click atau dalam bahasa Indonesia artinya Biaya Per Klik (BPK). CPC adalah biaya iklan yang muncul saat ada audiens atau pengguna yang mengklik iklanmu yang sedang tayang.

CTR

Singkatan dari Click Through Rate atau dalam bahasa Indonesia adalah Rasio Klik-Tayang (RKT). CTR dapat diartikan juga sebagai jumlah klik yang diterima iklanmu dibagi dengan berapa kali iklan ditampilkan di platform dalam periode waktu yang sama.

Custom Audience

Target market yang datanya merupakan milikmu sendiri. Bentuknya dapat berupa database alamat email, nomor handphone, data Facebook Pixel dari pengguna yang pernah mengunjungi bisnismu dan data Faceook Pixel dari pengguna yang pernah berinteraksi dengan Fan Page bisnismu.

Objective

Objective adalah tujuan dari campaign iklan yang kamu jalankan di Facebook Ads.

Relevance Score

Merupakan nilai antara 1 hingga 10 yang memperkirakan seberapa baik target audiens merespons iklan. Semakin tinggi nilainya maka campaign iklan sesuai dengan audiens yang telah kamu targetkan.

Facebook Pixel

Facebook Pixel merupakan kode yang ditempatkan pada situs bisnismu. Kode ini memiliki kemampuan untuk mengukur, mengoptimasi, dan membangun audiens dalam campaign iklan.

Facebook Business Manager

Fitur atau alat untuk mengelola akses ke Halaman (Facebook Page) dan akun iklan. Facebook Business Manager ditujukan untuk perusahaan yang perlu memberikan izin berbeda kepada banyak orang.

Reach

Jangkauan iklan atau jumlah orang yang melihat iklan yang kamu jalankan setidaknya satu kali.

Gimana? Kamu penasaran dengan strategi marketing online dari Facebook? Kamu bisa ikutan kursus online di goKampus di sini ya!

Atau, kalau kamu mau mencari kelas-kelas profesional yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu, carinya di goKampus saja! Ikut kelas online di goKampus, skill bertambah, dapat sertifikat siap kerja dari luar negeri! Tertarik? Klik di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-