Apa Sih Makna Ucapan Semprotulation Setelah Sempro?

22 Februari 2022

Tonton Sekarang

Apakah kamu pernah mendengar ucapan ini ketika temanmu baru saja menyelesaikan sempro? Atau mungkin pernah membacanya di status media sosial milik temanmu? Kamu pun menjadi bertanya-tanya, sebenarnya apa itu ucapan semprotulation.

Karena sempro dianggap menjadi sebuah fase yang menakutkan, dan membuat banyak mahasiswa harus bekerja keras dalam proses pembuatannya, maka keberhasilan sempro menjadi sebuah kebanggaan yang harus dirayakan. Khususnya bagi mahasiswa tingkat akhir, yang saling menyemangati satu sama lain, agar mimpinya untuk lulus dan bertoga bersama menjadi kenyataan.

Sempro atau seminar proposal sendiri adalah tahapan yang harus dilewati sebelum akhirnya mahasiswa melakukan penelitian skripsi. Sederhananya, sempro merupakan tahap perencanaan penelitian yang nantinya kalau mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing, dapat melanjutkan ke tahap skripsi. Tahap ini terbilang harus effort karena sempro terdiri dari 3 bab awal penelitian, yaitu bab 1, bab 2 dan bab 3. Artinya, kamu harus memahami dan menguasai benar mulai dari ide dan topik penelitian, latar belakang, tinjauan pustaka, kerangka teori, hingga metodologi penelitian.

Setelah proses pembuatan proposal selesai, nantinya kamu wajib untuk mempresentasikan rencana penelitian di depan dosen pembimbing dan penguji. Maka itu, jika ada satu saja yang kurang kamu pahami, maka kemungkinan untuk disetujui oleh dosen pembimbing dan penguji menjadi kecil. Kemungkinan terburuk lainnya adalah kamu harus mengganti topik dan mengulangnya dari awal lagi. Gak heran jika setelah seminar atau sidang sempro selesai dan menyatakan bahwa mahasiswa boleh melanjutkan penelitiannya, itu menjadi kebahagiaan yang tak terkira. Saat keluar dari ruang sidang, teman-temanmu sudah menunggu di depan ruangan dan berkata ā€œHappy Semprotulation!ā€.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hadiah Sempro yang Berkesan

Gimana Cara Menyampaikan Ucapan Sempro?

Rekomendasi Kelas Gratis

Melansir situs Bahasa Daring, semprotulation sendiri dari kata sempro atau seminar proposal, dan congratulation yang berarti ucapan selamat. Penggunaan kata ini adalah ucapan selamat kepada temanmu yang baru saja menyelesaikan seminar atau sidang proposal. Terdapat beberapa kalimat yang bisa kamu ucapkan untuk teman, pacar hingga saudara yang baru menyelesaikan sempro.

1. Happy semprotulation!

3. Semprotulation! Akhirnya selesai juga. Selamat revisian!

4. Satu langkah lebih dekat dengan kelulusan. Congratulations!

2. Happy sempro day!

5. Selamat sudah lulus sempro! Besok langsung sidang skripsi aja kali ya?

6. Congratulations! Yuk semangat yuk revisi sempronya!

7. Semprotulation kawan! Lancar-lancar sampai skripsi ya!

8. So proud of you! Semprotulation!

9. Officially, satu langkah lagi menuju (gelar sarjanamu)!

10.  Cie, selamat ya udah sempro. Ingat, beban skripsi masih ada hehehe

Gimana? Semakin siap menghadapi jenjang kuliah? Buat kamu yang mau alternatif untuk belajar, ikuti kelas dari perusahaan-perusahaan terbaik dunia. Kamu bisa belajar gratis semua kelasnya! Tinggal klik di sini

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert seperti teman-temanmu yang lain. Kepoin selengkapnya kelas-kelas yang ada goKampus.

Apa Sih Makna Ucapan Semprotulation Setelah Sempro?