gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Bagaimana Cara Membuat Facebook Ads? Ini Panduan Lengkapnya

.
Bagikan

Cara membuat Facebook ads sebenarnya tidak sulit. Facebook telah membuatnya jadi lebih mudah dengan menyediakan berbagai tools pendukung yang mudah kamu pelajari. Agar bisa maksimal, simak yuk panduan lengkap cara membuat Facebook ads di artikel ini.  

Facebook ads adalah media promosi digital yang banyak digunakan pemilik usaha, dari yang kecil hingga yang besar. Alasannya, banyak keuntungan dan kemudahan dari Facebook kepada penggunanya yang mau beriklan. Misalnya, jumlah pengguna Facebook yang sangat besar, bisa menyesuaikan budget iklan, hingga bisa melihat hasil promosi dalam waktu relatif cepat.

Memasang iklan di Facebook sebenarnya tidak sulit. Namun, prosesnya bisa saja membingungkan untuk pemula.

Baca Juga: 6 Keuntungan Facebook Ads Untuk Bantu Memajukan Bisnismu

Cara Membuat Facebook Ads Ternyata Cukup Mudah!

1. Buka Facebook Ads Manager

Facebook Ads memiliki sebuah dashboard yang tertuju untuk menjalankan, mengontrol, dan memonitor performa iklan milik pengguna. Dashboard yang berperan sebagai pusat kendali ini bernama Facebook Ads Manager.

Untuk dapat mengakses dashboard ini, pengiklan harus memiliki Facebook Business page. Pasalnya, kamu tidak dapat menjalankan iklan dengan akun Facebook personal.

Jika sudah memilikinya, kamu dapat langsung membuka Facebook Ads Manager untuk memasang iklan. Namun, jika belum, kamu harus membuat halaman Facebook Business terlebih dahulu.

Setelah membuat halaman Facebook Business, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman https://www.facebook.com/business/tools/ads-manager, lalu klik tombol “Go to Ads Manager.”
  2. Konfirmasi informasimu dan tentukan metode pembayaran untuk menjalankan iklan di Facebook.
  3. Terakhir, simpan informasi tersebut dan kamu pun bisa mengakses Facebook Ads Manager.

2. Tentukan Objective atau Tujuan Iklan

Ketika sudah masuk ke Facebook Ads Manager, pilihlah tab “Campaign” dan klik tombol “Create” untuk memulai campaign atau kampanye iklan yang baru.

Setelah itu, Ads Manager akan memintamu memilih objective atau alasan membuat iklan tersebut. Dengan mengetahui tujuan periklananmu, Facebook Ads akan bekerja lebih baik.

Ketika baru pertama kali membuat iklan di Facebook, kamu mungkin bingung menentukan tujuan periklanan. Nah, untuk menentukannya, cobalah pikirkan hasil apa yang ingin kamu dapatkan dari iklan ini.

Facebook sendiri menawarkan beberapa objective pemasaran untuk membantu mewujudkan tujuanmu, antara lain:

  1. Brand awareness. Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengguna akan brand atau bisnismu. Facebook akan memperlihatkan iklanmu ke audiens baru. 
  2. Reach. Berfungsi untuk menjangkau pengguna sebanyak-banyaknya sesuai dengan budget iklan yang kamu sediakan.
  3. App install. Iklanmu akan terhubung dengan App Store atau Google Play Store untuk mendorong pengguna memasang aplikasimu di gawai mereka.
  4. Traffic. Pilihan ini tersedia untuk kamu yang ingin menambah jumlah pengunjung di situs, aplikasi, atau Facebook Messenger.
  5. Engagement. Tujuannya adalah untuk menjangkau lebih banyak pengguna agar mereka mengikuti halaman Facebook Business-mu atau memberikan komentar dan like di postinganmu.
  6. Conversion. Iklanmu bertujuan untuk mendorong pengguna melakukan aksi tertentu, seperti membeli produk yang kamu jual.

3. Tentukan Audiens

Cara membuat Facebook Ads berikutnya adalah menentukan audiens atau sasaran iklanmu. Jika kamu baru pertama membuat iklan di Facebook, mungkin kamu harus mencoba beberapa target audiens yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk menemukan target iklan yang pas dengan bisnismu.

Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai dengan menentukan usia, lokasi, gender, dan bahasa yang digunakan sasaran iklanmu. Ketika kamu memilih kriteria audiens, perhatikan juga perkiraan jumlah audiens yang akan dijangkau di sebelah kanan layar.

Setelah itu, kamu harus membuat targetmu lebih spesifik dengan memilih audiens berdasarkan hobi atau ketertarikannya, demografi, dan perilakunya. Kamu juga bisa memilih atau mengecualikan pengguna yang pernah berinteraksi di halaman Facebook Business-mu.

4. Pilih Penempatan Iklan Facebook

Selanjutnya, kamu harus memilih tempat untuk menampilkan iklan yang dijalankan. Khusus untuk pemula, cara termudah adalah dengan memilih Automatic Placements. Jadi, Facebook secara otomatis akan langsung menampilkan iklanmu di Facebook, Instagram, atau Messenger.

Seiring waktu, kamu bisa coba mengeksplor penempatan iklan yang dibuat sesuai tujuanmu. Beberapa penempatan iklan yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Tipe perangkat: desktop, mobile, atau keduanya
  2. Platform: Facebook, Instagram, atau Messenger
  3. Lokasi penempatan: story, halaman pencarian, atau lini masa
  4. Sistem operasi: iOS atau android

5. Tentukan Budget Iklan

Salah satu keunggulan beriklan di Facebook Ads adalah kamu bisa memasang iklan sesuai budget yang dimiliki. Jadi, kamu tidak perlu membutuhkan modal besar atau khawatir jika biaya iklan melebihi dana yang kamu miliki.

Ada dua pilihan budget yang bisa kamu pilih saat memasang iklan di Facebook, yaitu:

a. Daily budget

Kamu bisa memilih daily budget jika ingin menjalankan iklan terus-menerus dalam satu hari. Nantinya, Facebook akan menayangkan iklanmu sesuai budget yang kamu tentukan per harinya.

b. Lifetime budget

Jika kamu ingin menjalankan iklan dalam periode waktu tertentu, pilihlah lifetime budget. Dengan memilih opsi ini, Facebook akan mengatur penggunaan budget-mu selama periode waktu yang kamu tentukan.

Kamu bisa menayangkan iklanmu saat itu juga atau menjadwalkan penayangan iklanmu di masa depan. Kamu juga bisa mengatur agar iklanmu hanya tayang di jam-jam tertentu, misalnya saja saat target audiensmu kemungkinan besar sedang aktif di Facebook.

Menjadwalkan penayangan iklan bisa menjadi cara yang efisien dalam menggunakan budget iklan.

6. Buat Iklan

Cara membuat Facebook Ads berikutnya adalah menyiapkan materi iklan. Facebook memberikan beragam format iklan, mulai dari foto tunggal, video, slideshow, story, atau carousel yang berisi hingga 10 gambar.

Format yang tersedia akan ditentukan dari objective yang kamu pilih sebelumnya. Setelah memilih format iklan, kamu dapat memasukkan teks dan media untuk iklanmu.

Saat menyiapkan materi iklan, kamu bisa menggunakan preview tool yang berada di sebelah kanan. Alat ini berguna untuk memastikan iklanmu terlihat bagus di berbagai penempatan. Jika semua sudah sesuai, tekan tombol “Publish” untuk menayangkan iklanmu.

Itulah cara membuat Facebook Ads yang bisa kamu jadikan panduan saat ingin beriklan di Facebook. Kamu sudah pernah mencobanya? Jangan ragu untuk terus menambah skill dan pengetahuan terkait pemasaran di Facebook ya. Kamu bisa ikutan kelas-kelas digital terkait facebook marketing yang bisa kamu ikuti kapan pun seperti di goKampus. 

Di goKampus, kamu bisa menemukan berbagai macam kelas digital dengan pengajar-pengajar profesional. Selain bisa menambah pengetahuan, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat yang tentu saja berguna untuk karier kamu. Penasaran? Klik di sini dan dapatkan promonya.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-