jurusan manajemen bisnis
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Bedah Jurusan Sosiologi Di Indonesia Yuk!

Sebagai calon mahasiswa baru pastinya kamu udah gak asing lagi dong sama jurusan sosiologi? Apalagi kalau waktu SMA/SMK kamu ambil penjurusan IPS, pasti ilmu sosiologi dekat banget sama kamu kan. Nah, sebagai calon mahasiswa baru jurusan sosiologi, kamu pasti bingung kan apa sih yang akan dipelajari di dunia perkuliahan? Apakah sama dengan pelajaran waktu SMA dulu? Tenang aja! goKampus akan kasih kamu informasi mengenai penjelasan jurusan sosiologi, mata kuliah yang akan dipelajari, hingga prospek kerja jurusan sosiologi. Kepoin artikel ini yuk!

Mahasiswa jurusan sosiologi akan mempelajari banyak hal mengenai interaksi yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lainnya serta adanya pengaruh terhadap terbentuknya struktur sosial masyarakat. Mereka juga mencari penyebab perubahan situasi masyarakat dan mengkaji serta mencari solusinya.

Meskipun cakupannya sangat luas, jurusan ini bisa dikerucutkan menjadi beberapa program studi seperti sosiologi industri, sosiologi lingkungan, sosiologi gender, dan lain sebagainya.

Kenapa sih kamu harus memilih jurusan ini? Nah, kalau misalnya kamu suka dengan penelitian sosial, kamu bisa turun langsung ke masyarakat di suatu kota atau daerah nih.

Kamu juga bisa belajar dan memahami mengenai fenomena-fenomena sosial yang akan terjadi di masyarakat dengan hal yang lebih ilmiah.

Untuk mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan sosiologi antara lain adalah pengantar sosiologi, sosiologi pendidikan, statistik, sosiologi agama, berpikir kritis dan penulisan ilmiah, analisis sosial, teori sosiologi, analisis demografi, tipologi sosial, dan lain sebagainya.

Setelah kamu mengetahui tentang mata kuliah yang dipelajari serta penjelasan mengenai penjurusan, goKampus juga akan kasih tau kamu mengenai 10 prospek kerja jurusan sosiologi khususnya di Indonesia. Hmm.. kira-kira di masa depan bisa kerja jadi apa aja ya? Cek artikel di bawah ini yuk.

1. Advice Worker

Peluang kerja yang pertama adalah kamu bisa bekerja menjadi advice worker. Tanggung jawab kamu adalah kamu harus menyediakan saran dan informasi rahasia kepada klien mereka mengenai berbagai permasalahan. Beberapa advice worker akan bertindak sebagai seorang penasihat umum yang mencakup topik-topik hukum dan keuangan misalnya seperti utang, perumahan, pekerjaan, dan pendidikan.

Biasanya advice worker bisa bekerja di berbagai lembaga seperti rumah sakit, pengadilan, penjara, serta pusat-pusat informasi khusus.

2. Peneliti Sosial

Pekerjaan yang kedua adalah kamu akan bekerja menjadi seorang peneliti sosial, di mana peneliti sosial akan bertugas untuk merencanakan, merancang, dan mengelola berbagai proyek penelitian sosial. Mereka juga menggunakan berbagai paket perangkat lunak komputer untuk menganalisis sebuah data.

Berbagai metode seperti wawancara maupun kuesioner juga digunakan untuk menyelidiki sampel populasi mengenai berbagai isu-isu sosial tertentu. 

3. Pekerja Sosial

Prospek kerja yang ketiga adalah kamu juga bisa berkarir menjadi pekerja sosial dimana kamu akan bekerja dan membantu kelompok-kelompok sosial tertentu.

Tugasmu adalah memberikan dukungan dan menjalin hubungan profesional dengan para klien sebagai pendukung. Para pekerja sosial bisa bekerja di sekolah, rumah sakit, atau sektor publik serta organisasi sukarela.

4. Dosen atau tenaga pengajar

Prospek kerja lulusan sosiologi yang selanjutnya adalah kamu bisa berkarir menjadi seorang dosen atau tenaga pengajar. Kamu bisa bekerja di perguruan tinggi, sekolah, organisasi sukarela dan amal serta berbagai pusat-pusat pendidikan lainnya.

5. Community Development Worker

Prospek kerja mahasiswa lulusan sosiologi yang selanjutnya adalah menjadi community development worker, di mana tugasmu adalah membantu masyarakat untuk membawa perubahan sosial dan meningkatkan kualitas hidup di daerah tersebut. Nah, kamu akan bekerja bersama dengan anggota masyarakat di suatu daerah tersebut dan mengembangkan berbagai kegiatan.

Baca Juga: Yang Dipelajari Di Jurusan Ilmu Komunikasi!

6. Konselor

Prospek kerja jurusan sosiologi yang selanjutnya adalah menjadi seorang konselor. Tugasmu menjadi seorang konselor adalah membantu orang untuk bisa mengeksplorasi perasaan dan emosi yang sering berhubungan dengan pengalaman mereka. Mereka membantu klien juga untuk merefleksikan pengalaman hidup dan mempertimbangkan berbagai cara untuk melakukan sesuatu.

7. Human Resources Officer

Pekerjaan selanjutnya adalah kamu bisa berkarir menjadi human resources. Tugasmu adalah kamu bisa bekerja dengan mengembangkan dan melaksanakan kebijakan yang berkaitan dengan penggunaan yang efektif antara sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan. 

Tujuan Human Resources adalah untuk memastikan kalau perusahaan telah mempekerjakan karyawannya dengan keseimbangan yang tepat dari keterampilan maupun pengalamannya.

8. Housing Manager

Prospek kerja yang selanjutnya adalah sebagai mahasiswa lulusan jurusan sosiologi, kamu juga bisa berkarir menjadi housing manager, di mana kamu bertugas untuk mengelola perumahan dan jasa seperti asosiasi perumahan, pemerintah daerah, serta penyedia akomodasi lainnya.

Nah, pekerjaannya adalah menjaga kontak teratur dengan penyewa, menjaga pendapatan sewa, serta bertanggung jawab dengan perbaikan.

Selain jurusan sosiologi, ada 4 jurusan lain yang selalu menjadi incaran para pelajar SMA loh! 

1. Jurusan Psikologi

Jurusan kuliah yang pertama adalah jurusan Psikologi. Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. Gak jarang kalau kamu dianggap sebagai cenayang karena kamu bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. Nah, untuk prospek kerja jurusan psikologi pun bisa beragam, kamu bisa bekerja sebagai HRD, peneliti, maupun jadi psikolog loh!

2. Jurusan Sastra

Jurusan kuliah yang selanjutnya adalah jurusan sastra nih guys. Kalau kamu senang belajar bahasa baru, jurusan sastra cocok banget jadi jurusan kuliah untuk anak IPS. Gak cuma belajar bahasa Inggris aja, tapi kamu akan belajar Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Jawa, dan lain sebagainya.

Kamu tinggal pilih aja sastra mana yang paling sesuai dengan minatmu. Selain itu, jurusan sastra juga memiliki prospek kerja yang luas yang bisa kamu kembangkan di berbagai bidang seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan sampai kerja di Kedutaan Besar. Wah.. keren banget kan?

3. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan kuliah yang berikutnya adalah jurusan Hubungan Internasional. Dimana jurusan ini bisa dibilang termasuk salah satu jurusan IPS yang paling bergengsi karena selalu jadi incaran banyak pelajar Indonesia. Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya.

Nantinya mahasiswa lulusan Hubungan Internasional biasanya akan banyak bekerja sebagai pejabat, dosen, PNS, jurnalis, dan bahkan mendominasi Kementerian Luar Negeri. Buat kamu yang suka dengan politik luar negeri, bisa nih jurusan HI jadi pilihan utama!

4. Jurusan Bisnis dan Manajemen

Buat kamu yang banget jadi entrepreneur atau pebisnis, jurusan kuliah yang satu ini cocok banget buatmu! Jurusan bisnis dan manajemen ini selalu saja ramai para peminatnya karena prospek karir yang terjamin di masa depan.

Buat kamu yang suka banget belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya, kamu bisa menekuni jurusan bisnis dan manajemen. Selain itu, kamu bisa merintis karir di banyak bidang nih seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa cek di kampus-kampus ini untuk jurusan yang kamu inginkan ya:

  1. Universitas Pelita Harapan
  2. London School of Public Relations
  3. Universitas Surabaya
  4. Universitas Tarumanagara

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

1. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

2. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

3. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

4. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa klik halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *