Bagikan
scoll top
 
goKampus

Begini Cara Investasi yang Menguntungkan dan Aman!

.
Bagikan

Ketika melihat orang lain yang untung berkali-kali lipat setelah berinvestasi, pasti bikin kamu tergoda untuk mencoba juga. Namun, kalau gak berhati-hati dalam memilih dan mengelola investasi (investment), bukannya untung malah buntung. Kamu tentu perlu mengetahui terlebih dahulu cara investasi yang menguntungkan dan aman, apalagi buat pemula. Dengan begitu, kamu dapat menyusun strategi finansial agar targetmu bisa tercapai.

Gimana Cara Investasi yang Menguntungkan dan Aman?

Agar kamu gak merugi saat baru memulai, kamu tentu harus melakukan cara investasi ini. Yuk, simak satu per satu!

1. Menentukan tujuan atau target finansial

Ketika kamu sudah memiliki target, maka investasi yang kamu lakukan bisa lebih tersusun dan terarah. Cara investasi yang pertama ini juga dapat menentukan profil risiko dari investasimu. Misalnya, kamu memiliki tujuan untuk menikah 3 tahun lagi dan ingin memiliki dana Rp100 juta, maka kamu bisa mengandalkan reksa dana untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Reksadana? Kenali Investasi Cuan Minim Risiko

2. Menentukan jenis dan instrumen investasi

Untuk menentukan jenis dan instrumen yang cocok untukmu, kamu wajib memperbanyak riset, seperti cara kerjanya, keuntungannya, dalam bentuk fisik atau non fisik, risikonya, syarat dan ketentuan, serta berbagai hal lainnya. Dengan begitu, kamu dapat memperkirakan mana yang bisa kamu jalankan dengan rutin. Kamu juga bisa mengikuti kelas atau course membahas investment.

3. Menyiapkan dana untuk modal investasi

Untuk invest, kamu gak selalu membutuhkan modal yang besar. Saat ini, kamu sudah bisa invest mulai dari Rp100 ribu saja, loh. Hal yang paling penting adalah kamu bisa komitmen dan disiplin untuk terus berinvestasi. Jika kamu berlebihan dalam menanam modal tapi masih belum sepenuhnya paham untuk mengelola investment, maka kamu akan mengalami risiko, seperti kerugian yang besar.

4. Menentukan pihak perantara

Ketika sudah menentukan jenis dan instrumennya, langkah selanjutnya adalah menentukan pihak atau perusahaan sekuritas mana yang kamu percayakan untuk mengelola investasi. Contohnya, dalam reksa dana terdapat Manajer Investasi (MI). Sebaiknya pihak perantara atau MI yang sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar investasimu lebih aman dan terjamin. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari segala macam modus penipuan dan kerugian.

5. Disiplin berinvestasi

Selain membutuhkan strategi dan perencanaan yang matang, sikap disiplin juga sangat memengaruhi investasimu. Cobalah disiplin untuk rutin berinvestasi agar target finansialmu bisa cepat terpenuhi. Misalnya, kamu sudah merencanakan sebanyak 15% dari pendapatan setiap bulan yang kamu jadikan modal untuk investment. Namun, jangan lupa kalau kamu juga tetap harus memiliki dana darurat serta dana untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai jumlah yang kamu investasikan lebih banyak dari dana yang kamu butuhkan untuk hidup sehari-hari.

6. Usahakan jangan terlalu sering memantau

Wajar jika kamu memiliki rasa penasaran yang tinggi ketika lagi mencoba invest karena ini menyangkut untung dan rugi. Namun, usahakan jangan terlalu sering memantau setiap hari karena hal ini bisa menjadikanmu ragu atau bahkan takut mengambil keputusan. Ingat, investasi yang untung gak bisa dalam waktu singkat. Semua tentunya membutuhkan proses. Jika setiap hari memantau, kamu malah menjadi gak tenang dan was-was karena takut rugi, sedangkan dalam setiap investasi pasti ada risiko.

7. Kelola keuntungan investasi

Agar bisa mencapai keuntungan yang maksimal, maka kamu harus pintar dalam mengelola keuntungan yang sudah kamu dapatkan dari investment. Kamu bisa memakai sebagian keuntunganmu itu untuk invest lagi. Sebagian lainnya bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhanmu. Jangan sampai keuntungan investasi malah habis tak tersisa.

Itulah cara investasi yang menguntungkan dan aman. Bisa segera kamu coba, ya! Oh iya, buat kamu yang pemula maupun ingin mendalami seputar saham, bisa banget ikutan kelas bersertifikat Memilih Investasi Saham di sini.

Selain itu, kalau kamu tertarik dengan bisnis, bisa juga ikutan kelas Managing Business Strategy dari Nanyang Technological University Singapore. Kamu bisa mengikuti kelasnya dari mana saja secara online, dapat beragam insight PLUS sertifikat dari kampus ternama dengan biaya terjangkau cukup Rp700 ribu/bulan. Sign up sekarang, yuk!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-