Bagikan
scoll top
 
goKampus

Belajar Jurusan Bioteknologi Yang AntiMainstream

.
Bagikan

Ilmu biologi atau yang biasa dikenal dengan bioteknologi memang bukan hal yang asing lagi di kehidupan masyarakat nih. Apalagi kamu pasti sudah belajar tentang biologi semenjak masih SMP sampai SMA kan? Nah.. ternyata ilmu biologi itu ada pembelajarannya sendiri saat kuliah loh. Banyak sekali kampus-kampus di Indonesia yang fokus untuk mengembangkan jurusan bioteknologi. Kira-kira jurusan bioteknologi itu belajar apa aja ya? Dan prospek kerjanya bisa lanjut kemana aja ya?

Jurusan bioteknologi adalah ilmu terapan yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup khususnya mikroorganisme (bakteri, virus, fungsi, dan sebagainya), dan produk dari makhluk hidup (alkohol, enzim, DNA) melalui proses produksi yang menghasilkan barang dan jasa. Seiring dengan perkembangan teknologi, bioteknologi akhirnya gak hanya berdasarkan biologi aja, tapi juga pada ilmu murni dan terapan lain, seperti matematika, kimia, komputer, biologi, mikrobiologi, dan lain-lain.

Jurusan bioteknologi juga dibagi menjadi cabang ilmu, yang masing-masingnya bisa diasosiasikan dengan warna. Keempat cabang ilmu bioteknologi tersebut adalah:

  • Bioteknologi putih atau abu-abu, ini merupakan cabang bioteknologi yang berfokus pada bidang industri seperti pengembangan, dan produksi senyawa baru.
  • Bioteknologi merah, ini merupakan cabang bioteknologi yang berfokus pada bidang medis seperti pembuatan obat dan vaksin.
  • Bioteknologi biru, cabang bioteknologi ini berfokus pada perairan dan kelautan seperti rekayasa genetika hewan laut.
  • Bioteknologi hijau, ini merupakan cabang bioteknologi yang berfokus pada bidang pertanian dan peternakan seperti menghasilkan tumbuhan transgenik yang tahan cuaca dan hama.

Secara sederhana sih, bioteknologi itu merupakan sebuah multidisiplin ilmu atau gabungan dari beberapa ilmu seperti biologi, kimia, dan yang kita buat dalam bentuk irisan, maka bioteknologi itu merupakan irisan dari teknik kimia, teknik biologi, dan biokimia.

Nah, seru banget kan kalo kita belajar tentang jurusan bioteknologi. Dimana ya kampus di Indonesia yang jurusan bioteknologinya terkenal bagus? Nah, kamu gak perlu bingung, karena jurusan bioteknologi dari Universitas Pelita Harapan (UPH) cukup terkenal oke banget nih guys.. bioteknologi UPH berdiri sejak 2007 dan tergabung ke dalam fakultas sains dan matematika sampai akhirnya berubah menjadi fakultas sains dan teknologi pada tahun 2013 nih. Kira-kira jurusan bioteknologi di UPH belajar apa aja ya?

Yang pertama adalah kamu akan belajar tentang berbagai proses dalam sel, kultur sel, dan jaringan. Mungkin kamu sudah gak asing dengan dasar-dasar dan bagian dalam sel, namun ternyata pelajaran soal ini penting loh untuk kamu memahami dasar-dasar ilmu di jurusan bioteknologi. 

Pelajaran kedua yang akan kamu pelajari adalah tentang bisnis bioteknologi dan ilmu teknologi yang terkait untuk meningkatkan produktivitas serta membuat produk-produk bioteknologi. Wah.. kok ada menyangkut bisnis ya? Karena di jurusan bioteknologi, kamu akan belajar tentang bisnis yang memang bisa berkaitan dengan industri-industri di masa depan. Yang ketiga adalah kamu akan belajar tentang perkembangan informasi bioteknologi dari bidang kedokteran, farmasi, pangan, industri dan lingkungan juga akan dibahas.

Layaknya sama seperti universitas lain, ada mata kuliah pokok yang disediakan oleh jurusan dan mata kuliah umum yang wajib banget diambil oleh seluruh mahasiswa UPH. Nah, untuk jurusan bioteknologi, mata kuliah yang akan dipelajari di awal pasti dimulai dari hal yang dasar dulu,mulai dari biologi umum, pengantar bioteknologi, kimia dasar, kalkulus hingga yang rumit seperti genetika molekuler, teknologi DNA, serta teknologi bioproses dan fermentasi. Sudah pusing belum?

Semuanya mudah kok karena dosen mampu menyampaikan materinya dengan baik kepada setiap mahasiswa. Untuk mata kuliah umum, kurang lebih mirip-mirip dengan universitas lain, seperti agama (terbuka untuk seluruh agama), Pendidikan Kewarganegaraan, kepemimpinan, sejarah, hingga literatur maupun bahasa asing. Kelebihan UPH, ada mata kuliah komunikasi profesional dan kewirausahaan/entrepreneurship yang wajib diambil oleh mahasiswa bioteknologi. 

Bahkan untuk mata kuliah kewirausahaan, mahasiswa wajib membuat suatu produk untuk dipresentasikan pada ujian akhir. Jadi selama di jurusan bioteknologi UPH kamu akan mencoba belajar banyak hal yang guys yang sesuai sama kondisi di industri saat ini.

Bioteknologi UPH sudah mendapatkan pengakuan Akreditasi A, dan hal ini menunjukkan keunggulannya yang membanggakan. Nah mahasiswa jurusan bioteknologi UPH dibekali dengan teori ilmiah yang kuat dan penerapan teknologi praktis, sehingga lulusannya dapat menghasilkan berbagai ide dan produk inovatif dalam berbagai sektor, termasuk kesehatan, dan industri.

Para lulusan mahasiswa bioteknologi UPH juga sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk terlibat dalam kerja praktek dan penelitian di bidang bioteknologi, meskipun di universitas, lembaga penelitian, maupun industri.

Baca Juga : Informasi Tentang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Peran lulusan bioteknologi sangat diperlukan di masa sekarang dan mendatang, apalagi jumlahnya yang masih sangat sedikit, karena itulah jurusan ini sangat penting diperkenalkan kepada para pelajar di sekolah menengah yang menyukai ilmu biologi maupun bidang riset terkait.

Nah, intinya sih belajar di jurusan bioteknologi UPH sangat menyenangkan banget loh guys.. Kamu gak hanya dituntut untuk belajar saja, tapi kamu harus bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat (bisa dalam kewirausahaan, kerja praktek, dan penelitian). Biasanya kalau dihitung-hitung pastinya ada ratusan praktikum yang mungkin bisa dilakukan oleh seorang lulusan jurusan bioteknologi UPH yang dimana seluruhnya gak dibantu oleh asisten laboratorium loh. Jadi, kamu pasti akan diajarkan mandiri dan bisa dipastikan setiap orang bisa mengoperasikan laboratorium sendiri.

Kamu penasaran gak sih setelah kamu menjadi mahasiswa jurusan bioteknologi, kamu akan lanjut bekerja ke bagian mana ya? Nah, untuk prospek kerja jurusan bioteknologi itu termasuk luas banget, jadi setelah kamu lulus sebagai mahasiswa jurusan bioteknologi, kamu bisa bekerja di beberapa bidang pekerjaan misalnya saja seperti instansi pemerintahan, bidang penelitian, dan dunia pendidikan, industri, dan wirausaha. Biasanya di instansi pemerintahan itu kamu bisa bekerja di Kementerian Pertanian, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu ada beberapa pilihan karir dan prospek kerja sebagai peneliti, wirausahawan atau manajer bisnis, akademisi bioteknologi, teknisi laboratorium biologi, petugas penelitian, petugas pengembangan produk, dan lainnya.

Gimana sudah tau kan berbagai penjelasan mengenai jurusan bioteknologi di UPH? Sudah cukup membantu belum untuk kamu bergabung di jurusan bioteknologi UPH?

Untuk mencari tahu informasi lebih lanjut tentang jurusan bioteknologi di UPH, kamu langsung klik halaman ini ya. Kamu bisa cek informasi kampus lebih lanjut di website dan juga aplikasi goKampus, karena semua persoalan tentang perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan bersama goKampus aja!

Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-