kuliah teknik sipil
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Berguna Banget! 10 Cara Menjadi Psikolog

Cara menjadi psikolog – Setiap tahunnya jurusan psikologi selalu memiliki peminat yang tinggi di berbagai kampus di Indonesia. Biasanya sebelum mereka menentukan ingin mengambil jurusan psikologi pasti mereka melakukan riset tentang mata kuliah psikologi dulu! Nah, sebelum kita membahas tentang mata kuliah psikologi, kamu harus memahami dulu apa sih ilmu psikologi itu.

Ilmu psikologi bisa diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk bisa memahami bagaimana seseorang bisa merasakan, berpikir, dan bertindak tentang suatu hal.

Selain itu, ilmu psikologi memiliki banyak kegunaan yang bisa diaplikasikan dalam berbagai sektor kehidupan. Nah, dari hal ini ilmu psikologi bertujuan untuk memberikan alternatif bagi seseorang dalam menjalani kehidupannya. 

Salah satunya adalah melalui pemikiran yang berbagai aliran psikologi yang ada di dalamnya. Itulah mengapa kebenaran dalam ilmu psikologi itu gak mutlak.

Belajar ilmu psikologi merupakan hal yang mudah loh, makanya gak heran kalo jurusan ilmu psikologi merupakan salah satu jurusan yang paling diminati oleh para pelajar di Indonesia, bahkan setiap tahunnya peminatnya selalu nambah loh guys. 

Ilmu psikologi juga bukan sebatas akal sehat aja nih, Ilmu psikologi merupakan sesuatu yang ilmiah yang bisa diteliti secara adil dan objektif. Dan yang orang-orang sering salah persepsi adalah kamu bisa menjadi psikolog saat kamu sudah lulus S1. 

Padahal gak loh, kamu gak bisa langsung jadi psikolog walaupun kamu udah lulus sarjana S1 jurusan psikologi. Kamu butuh gelar magister atau S2 untuk menjadi seorang psikolog. Jadi gelar psikologimu bukan abal-abal. 

Nah, kira-kira prospek kerja Psikologi bisa jadi apa aja sih? Prospek kerja psikologi bisa berkarir di bidang konsultan, misalnya saja seperti bagian personalia (HRD), konsultan karir, dosen, perawat kesehatan mental, psikolog, dan psikolog klinis. Untuk kamu yang ingin bergabung menjadi mahasiswa psikologi, apa yang aja sih kemampuan yang harus kamu miliki?

1. Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi

Komunikasi yang baik merupakan sebuah komponen penting buat kamu dalam menjalin hubungan dengan orang lain loh. Dari komunikasi, tentu kamu butuh pemahaman yang baik untuk bisa menjaga hubunganmu dengan orang lain.

Melalui ilmu psikologi, kamu bisa banget untuk belajar memahami dan mengerti perasaan orang lain. Jadinya kamu bisa mempelajari ilmu psikologi, sekaligus meningkatkan kemampuan berkomunikasi!

2. Belajar mengelola stress yang baik

Biasanya namanya juga manusia gak mungkin lepas dari emosi atau gak stress. Tentunya, hal ini bisa membawa dampak negatif loh kalo dibiarkan begitu aja. Tapi, perasaan stress kadang-kadang bisa dimaknai buat jadi sesuatu yang positif juga, salah satunya adalah untuk meningkatkan motivasi mu untuk mencapai sesuatu.

3. Mengenal diri sendiri menjadi lebih baik

Seringkali biasanya kamu mempertanyakan siapa dirimu sebenarnya atau mungkin bahkan banyak juga yang merasa bahwa kita gak perlu kenal siapa diri kita sebenarnya, padahal mempelajari tentang diri sendiri itu bisa membantu kita untuk mengerti bagaimana kemampuan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik loh.

4. Ilmu yang bermanfaat bagi orang lain

Mempelajari ilmu psikologi bisa memberikanmu ilmu yang bermanfaat bagi orang lain loh. Misalnya aja nih kalo kamu lagi dicurhatin sama temenmu yang mungkin lagi ada masalah dengan mempelajari ilmu psikologi, kamu bisa memberikan dukungan sama temen dan bisa membuatmu jadi orang yang lebih bermanfaat guys.

5. Meningkatkan kemampuan ingatan

Nah, ada kalanya nih kesibukanmu sehari-hari menurunkan kemampuan ingatanmu karena banyak banget yang harus kamu pikirin. Mulai dari deadline pekerjaan, rapat atasan, dan janji-janji lainnya nih. Mempelajari ilmu psikologi bisa membantumu untuk meningkatkan daya pikirmu loh.

Ada beberapa cara menjadi psikolog nih khusus buat kamu. Simak artikel ini yuk! Jangan-jangan kamu salah satunya!

1. Wajib ambil S1 Psikologi

Cara menjadi psikolog yang pertama adalah kamu wajib ambil S1 jurusan psikologi dulu nih guys di kampus. Ini adalah syarat mutlak kalau kamu ingin melanjutkan karir di masa depan dengan menjadi psikolog.

2. Menyelesaikan pendidikan S1 Psikologi

Cara menjadi psikolog yang selanjutnya adalah kamu wajib menyelesaikan pendidikan S1 psikologi. Jangan berhenti di tengah jalan meskipun tantangannya selama di perkuliahan berat ya. 

3. Lanjut S2 Psikologi Profesi

Cara menjadi psikolog yang ketiga adalah dengan melanjutkan pendidikan psikologimu ke jenjang S2 psikologi profesi. Menempuh pendidikan S2 merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh.

4. Pilih peminatan untuk S2

Cara menjadi psikolog selanjutnya adalah kamu harus memilih peminatan untuk S2. Kamu akan belajar materi-materi untuk memperdalam pengetahuan Kamu terkait psikologi. Selain itu, Kamu juga akan diminta untuk memilih peminatan bidang yang Kamu sukai dan kuasai. Ada banyak sekali peminatan yang bisa Kamu pilih, diantaranya psikologi sosial, pendidikan, dan industri.

5. Mengikuti praktek kerja profesi psikologi

Cara menjadi psikolog yang selanjutnya adalah kamu harus mengikuti praktek kerja profesi psikologi. Setelah 2 semester pertama, kamu diberi teori dan praktikum di dalam lab, selanjutnya kamu perlu mengikuti praktek kerja profesi psikologi sesuai dengan peminatan yang Kamu ambil. Lamanya waktu praktek kerja ini kira-kira 1-2 semester.

6. Mengikuti Sidang Profesi

Cara menjadi psikolog selanjutnya adalah dengan mengikuti sidang profesi yang dilaksanakan oleh HIMPSI. Ada beberapa tes yang harus Kamu lalui. Jika Kamu lulus serangkaian tes ini, Kamu sudah layak menjadi psikolog.

7. Mendaftar keanggotaan HIMPSI

Cara menjadi psikolog berikutnya adalah menjadi anggota HIMPSI. Jika Kamu dinyatakan lulus dari sidang profesi HIMPSI, Kamu diwajibkan mendaftar keanggotaan HIMPSI. HIMPSI merupakan singkatan dari Himpunan Psikologi, yaitu organisasi beranggotakan ahli psikologi seluruh Indonesia.

8. Mengurus Surat Ijin Praktek Psikologi (SIPP)

Cara menjadi psikolog berikutnya adalah kamu perlu mengurus SIPP. Dengan SIPP ini, Kamu bisa membuka tempat praktik kamu sendiri.

9. Resmi jadi psikolog!

Setelah mengurus semua hal tersebut, selamat, Kamu sudah sah menjadi seorang psikolog. Kamu juga bisa buka tempat praktek sendiri dan kamu bisa melanjutkan pendidikanmu ke luar negeri jika kamu mau ke luar negeri untuk mengambil S3.

Kamu bisa klik  halaman ini untuk informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu. Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak informasi tentang dunia perkuliahan! #pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *