Bagikan
scoll top
 
goKampus

Cara Investasi Emas agar Untung Maksimal, Wajib Perhatikan!

.
Bagikan

Salah satu tujuan utama berinvestasi adalah mencari keuntungan. Keuntungan tersebut bisa kamu gunakan, mulai dari dana pensiun, biaya membeli rumah, biaya pendidikan, menikah, dana darurat, dan masih banyak lagi. Nah, instrumen investasi yang bisa kamu pilih, contohnya emas. Namun, yang jadi pertanyaan, bagaimana cara investasi emas agar untung maksimal? Yuk, kepoin di artikel ini!

Cara Investasi Emas agar Untung Maksimal

Sebelum berinvestasi, kamu harus memahami cara kerja masing-masing instrumen. Sayang banget kalau kamu berinvestasi tanpa strategi yang tepat karena bisa jadi investasimu bukannya untung, malah buntung! Kamu pasti gak mau dong investasi berakhir sia-sia dan gak mencapai hasil yang maksimal?

Ketika investasi emas, kamu harus lebih teliti waktu yang tepat untuk menjual emas agar bisa mendapatkan untung yang tinggi. Nah, goKampus mau membocorkan cara investasi emas agar untung maksimal. Daripada makin penasaran, cek satu per satu caranya berikut ini!

1. Selalu pantau perkembangan harga emas

Harga emas umumnya memang stabil dan cenderung mengalami kenaikan setiap harinya. Namun, bukannya gak mungkin jika harga emas dapat turun sewaktu-waktu. Makanya nih, kamu perlu memantau perkembangan harga emas setiap harinya secara berkala. Jika harga emas lagi mengalami kenaikan yang signifikan, maka kamu dapat langsung menjualnya.

2. Beri jeda waktu antara pembelian dan penjualan emas

Sebaiknya jangan lakukan penjualan emas yang jarak waktunya terlalu dekat dengan waktu pembelia. Emas sendiri merupakan salah satu investasi jangka panjang sehingga kalau kamu menjualnya terlalu cepat maka keuntungan yang kamu dapat tak seberapa.

Umumnya kamu bisa merasakan keuntungan yang besar setelah 5 sampai 10 tahun investasi emas. Semakin lama kamu menyimpan emas, maka semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

3. Jual emas ke tempat kamu membeli emas

Jika kamu ingin menjual emas, maka lebih baik kamu menjualnya ke toko yang sama saat kamu melakukan pembelian emas. Harga emas di setiap toko bisa jadi berbeda. Jika menjualnya ke toko yang sama, kamu bisa mendapatkan harga yang sesuai dan meminimalisir terjadinya penurunan harga emas.

4. Bawa sertifikat emas saat melakukan penjualan

Saat kamu melakukan pembelian emas, maka kamu juga akan mendapatkan sertifikat dan surat-surat yang berisi detail dari emas itu sendiri. Nah, jika kamu akan melakukan penjualan emas, jangan lupa untuk membawa semua sertifikat, surat-surat, hingga nota pembelian emas. Dengan begitu, kamu bisa menaikkan harga jualnya. Ini berlaku untuk emas dalam bentuk perhiasan ataupun logam mulia, ya!

5. Perhatikan kadar emas dan harganya

Kamu wajib banget untuk tahu harga kadar emas terkini. Harga emas memang dapat berbeda-beda sesuai tinggi kadar emas tersebut. Contohnya, kadar emas 24 karat merupakan kadar tertinggi dalam emas. Artinya, emas tersebut adalah emas murni tanpa campuran bahan lainnya. Dengan kamu mengetahui harga masing-masing kadar emas, kamu bisa menghindari risiko ditipu oleh orang lain.

6. Bandingkan harga di setiap toko

Harga emas di setiap toko bisa berbeda-beda, loh. Ada yang bisa menjual dengan harga tinggi, ada juga yang harga penjualannya jadi turun. Kamu perlu membandingkan harga emas di setiap toko agar bisa mendapatkan keuntungan penjualan yang maksimal.

7. Jual pada kolektor juga salah satu cara investasi emas agar untung

Jika kamu memiliki model emas atau perhiasan emas yang unik dan jarang ditemukan di mana pun, bisa jadi itu akan menjadi buruan para kolektor karena emas yang kamu punya limited edition. Ketika kamu menjualnya pada kolektor emas, maka kamu bisa mendapatkan harga jual yang tinggi, bahkan melebihi harga penjualan di toko emas.

Baca Juga: 5 Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Anak Muda Tahu!

Itulah ketujuh cara investasi emas agar untung maksimal yang perlu kamu perhatikan. Selain emas, ada instrumen investasi lainnya, seperti saham maupun reksa dana. Kamu bisa belajar Saham bareng TernakUang di sini atau ikutan kelas reksa dana dari TernakUang di sini.

Psst, kamu bisa gunakan kode voucher GKTOP10 di kedua kelas tersebut buat dapat diskon Rp50 ribu! Yuk, pakai juga kode vouchernya buat ikutan kelas lainnya. Cek kelas rekomendasi goKampus bulan ini di sini.

Dengan ikutan kelas di goKampus, kamu bisa terus upgrade skill dan ilmu biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain, dapat insight dari profesional berpengalaman, dapat sertifikat juga, plus kelasnya bisa kamu ikuti secara online. Cus, buruan ikutan!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-