Bagikan
scoll top
 
goKampus

Cara Menjadi Pendengar yang Baik di Pertemanan

.
Bagikan

Teman kamu suka cerita apa pun ke kamu? Mungkin kamu capek juga kalau harus terus dengerin mereka. Gimana ya kalau udah gitu? Hmm… video ini cocok banget buat kamu nih. Sania Leonardo kasih tau cara biar kamu jadi pendengar yang baik dalam pertemanan. Klik tombol play di video pendek ini, yuk!

Pernah merasa tiba-tiba gak fokus saat orang lain ngobrol sama kamu? Semua orang pasti pernah mengalaminya. Apalagi katanya rentang perhatian manusia rata-rata hanya mencapai delapan detik. Meski wajar terjadi, hal tersebut tidak dapat dibiarkan karena dapat menjadikan kamu dianggap sebagai pendengar yang kurang baik loh.

Mungkinkah Jadi Pendengar yang Baik?

Mendengarkan merupakan salah satu bagian dari proses komunikasi. Komunikasi bisa sukses apabila dua pihak bisa memiliki persepsi yang sama terhadap suatu pesan. Hal tersebut hanya bisa terjadi apabila kedua belah pihak memiliki kemampuan mendengar yang baik. Umumnya , hal yang menghambat kita untuk menjadi pendengar yang baik adalah pikiran kita sendiri. 

Nah, biasanya saat orang lain berbicara dengan kita, pasti kita sering tiba-tiba gak fokus karena mikirin hal lain kan? Jangan begitu ya, guys! Menjadi pendengar yang baik di lingkungan pertemanan itu sangat penting loh.

Baca Juga: Perbedaan Teman Yang Benar-Benar Baik Dan Palsu!

Salah satu hal paling sulit dalam mendengarkan secara efektif adalah menunggu orang lain sampai selesai bicara sebelum memberikan respon. Hal satu ini sangat penting karena ketika kamu mulai memikirkan respons sebelum orang lain selesai bicara, kamu akan kehilangan informasi lengkap dan pemahaman terhadap emosi yang tercipta saat lawan bicara menyampaikan pesannya.

Gak cuman itu, kadang menjadi pendengar yang baik di pertemanan butuh beberapa cara loh. Misalnya, kamu bisa mengajukan pertanyaan lanjutan agar temanmu merasa kamu dengarkan atau mungkin kamu bisa mengulangi kembali kata-kata apa yang temanmu bicarakan pada saat itu meskipun agak samar mendengarnya. 

Yang paling penting adalah menjadi seorang pendengar yang baik gak boleh berasumsi. Mau belajar jadi pendengar yang baik? Intip caranya dari Sania Leonardo, Content Creator yuk. Nonton videonya sekarang!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-