himpunan mahasiswa
Daftar Kuliah

Cari Tau Informasi Seputar Himpunan Mahasiswa

Bagi kamu para mahasiswa baru pasti lagi masa-masanya eksplor kegiatan yang bisa dilakukan di kampus sembari kuliah. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu ikuti seperti kepanitiaan, volunteer, mengikuti komunitas, maupun berorganisasi. Kalau belajar di kuliah bisa mengasah hard skill kamu, aktif di organisasi bisa mengasah soft skill yang pastinya berguna di dunia kerja nanti. Salah satu organisasi yang bisa kamu ikuti di dalam lingkungan kampus adalah Himpunan Mahasiswa. Apa sih himpunan mahasiswa itu? Kenapa himpunan mahasiswa bisa jadi salah satu pertimbangan buat ikut organisasi di kampus? Yuk cek artikel ini, goKampus bakal kupas tuntas buat kamu!

Himpunan Mahasiswa dan Fungsinya

Himpunan Mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan yang berada di lingkup program studi atau jurusan dalam kampus, jadi pastinya seluruh anggota himpunan berasal dari jurusan yang sama. Program kerja dan kegiatannya tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan mahasiswa jurusan masing-masing.

Ada beberapa fungsi dan kegiatan di himpunan mahasiswa, antara lain:

1. Pengembangan kemampuan mahasiswa 

Merasa punya bakat dan pengen bakat kamu tersalurkan lewat kegiatan kampus? Jangan sampai kelewatan kegiatan yang diselenggarakan sama himpunan mahasiswa, ya! Himpunan hadir untuk memberi wadah pengembangan kemampuan mahasiswa dari berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, seni, maupun olahraga. Pengembangan kemampuan mahasiswa ini bisa dalam bentuk penyelenggaraan berbagai acara seperti workshop, lomba, seminar, pembentukan klub atau komunitas. Sebagai anggota, kamu akan berperan sebagai panitia penyelenggara kegiatan-kegiatan ini atau bisa juga ikut ke klub atau komunitas yang dikelola himpunan. Seru, kan?

2. Penyambung mahasiswa dengan pihak universitas 

Salah satu fungsi himpunan mahasiswa adalah sebagai jembatan antara mahasiswa dengan pihak universitas khususnya ke pihak administrasi program studi. Sebagai mahasiswa, pasti ada momen-momen di mana kamu harus berurusan dengan pihak universitas untuk mengurus urusan akademik maupun finansial seperti pendaftaran ulang, biaya kuliah, cuti kuliah, dan lain-lain. Kamu juga bisa menyampaikan aspirasi yang ditujukan ke pihak program studi melalui himpunan mahasiswa loh. Selain itu, kalau ada informasi beasiswa, pertukaran pelajar, atau kegiatan yang diselenggarakan pihak kampus, himpunan mahasiswa bertugas untuk menyebarkan kembali ke mahasiswa. Jadi, kehadiran himpunan mahasiswa bisa bantu komunikasi antara mahasiswa dengan pihak kampus.

3. Memberi solusi bagi mahasiswa yang memiliki masalah

Selain memberi solusi untuk masalah akademik dan finansial, himpunan mahasiswa juga bisa membantu kamu untuk memberi solusi masalah personal kamu loh. Sebagai mahasiswa, gak jarang kalau kamu merasa stres di masa kuliah yang bisa juga ditambah dengan masalah-masalah pribadi. Jangan merasa sendiri ya, karena salah satu fungsi himpunan mahasiswa juga untuk membantu mencari solusi permasalahan-permasalahan yang mempengaruhi kuliahmu. Dalam himpunan mahasiswa biasanya terdapat divisi Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma) yang secara khusus menangani hal-hal ini. 

4. Membawa nama program studi ke pihak eksternal

Selain kegiatan internal kampus yang ditujukan untuk pengembangan mahasiswa, program kerja himpunan mahasiswa juga mencakup program eksternal yang biasa disebut dengan pengabdian masyarakat. Hal ini ditujukan untuk memberi kontribusi bagi lingkungan luar kampus sekaligus menjaga relasi antara kampus khususnya jurusan ke masyarakat luas. Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan adalah pelatihan atau workshop, pengabdian masyarakat, live in, lomba atau try out untuk anak-anak SMA, dan lain-lain.

5. Berlatih berorganisasi di lingkup kecil

Fungsi kali ini yang tentunya paling dicari-cari sama mahasiswa, yaitu berlatih dan belajar berorganisasi! Berorganisasi itu bukan hal yang mudah, loh. Kamu dituntut untuk disiplin, bagi waktu, berkomitmen, dan bertanggung jawab sama tugas dan tanggung jawab sambil tetep pertahanin nilai kuliah. Buat kamu yang masih takut untuk ikut organisasi skala besar seperti BEM universitas atau BEM fakultas, kamu bisa mulai dari organisasi dengan lingkup terkecil dulu di himpunan mahasiswa. 

Keuntungan Ikut Himpunan Mahasiswa

1. Memperluas koneksi antar teman sejurusan

Karena lingkupnya hanya di jurusan saja, kamu bisa semakin akrab dengan mahasiswa lain yang satu jurusan dengan kamu. Jadi lebih akrab deh sama teman seangkatan, senior, maupun junior! Kamu jadi bisa memperluas koneksi kamu dengan orang-orang yang satu bidang dengan kamu.

2. Koordinasi mudah

Karena berasal dari jurusan atau program studi yang sama, biasanya jadwal dan ruang kelas antar anggota himpunan ga berjauhan satu sama lain. Hal ini bisa mempermudah koordinasi antar anggota himpunan jadi lebih mudah kalau ingin mengadakan rapat atau program kerja. 

3. Mengasah soft skill

Berorganisasi bisa mengasah banyak soft skill antara lain kepemimpinan, kemampuan negosiasi, teamwork, problem solving, menyusun perencanaan dan strategi, sampai kreativitas. Kemampuan-kemampuan kayak gini bakal dipakai di dunia kerja nantinya dan gak akan kamu dapetin kalau cuma belajar di kelas aja. 

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *