kuliah jurusan akuntansi
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Cari Tau Prospek Kerja Psikologi Di Dunia Kerja

Kamu pernah dengar ada jurusan yang bisa menebak-nebak sifat dan kepribadian manusia gak? Ilmu Psikologi adalah jawabannya! Banyak banget orang-orang awam yang merasa bahwa psikolog itu seperti cenayang. Tapi, kamu harus menghindari persepsi ini mahasiswa ilmu psikologi tidak diajarkan untuk membaca pikiran, namun ilmu psikologi merupakan salah satu ilmu yang aktif mempelajari kehidupan dan perilaku manusia.

Setiap orang memiliki latar belakang yang selalu berbeda-beda dalam kesehariannya. Nah, perbedaan itu antara lain merupakan suku, ras, kepercayaan, hingga daerah asal yang beraneka ragam. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu dasar di balik seseorang bisa menunjukkan suatu perilaku.

Kamu tertarik belajar ilmu psikologi? Bagaimana sih prospek kerja psikologi kedepannya? Nah, sebelum kita membahas hal tersebut, kamu harus memahami dulu apa sih ilmu psikologi itu!

Ilmu psikologi bisa diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk bisa memahami bagaimana seseorang bisa merasakan, berpikir, dan bertindak tentang suatu hal. 

Selain itu, ilmu psikologi memiliki banyak kegunaan yang bisa diaplikasikan dalam berbagai sektor kehidupan. Nah, dari hal ini ilmu psikologi bertujuan untuk memberikan alternatif bagi seseorang dalam menjalani kehidupannya. 

Baca Juga : Jadi Akuntan? Simak Prospek Kerja Akuntansi Yuk

Salah satunya adalah melalui pemikiran yang berbagai aliran psikologi yang ada di dalamnya. Itulah mengapa kebenaran dalam ilmu psikologi itu gak mutlak.

Belajar ilmu psikologi merupakan hal yang mudah loh, makanya gak heran kalo jurusan ilmu psikologi merupakan salah satu jurusan yang paling diminati oleh para pelajar di Indonesia, bahkan setiap tahunnya peminatnya selalu nambah loh guys. 

Alasannya pun beragam, mulai dari yang sudah terbiasa mengamati perilaku orang lain sampai materinya paham untuk hafalan. Padahal, belajar ilmu psikologi membutuhkan seluruh pemahaman yang tinggi, dan materinya juga ada hitungannya loh!

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Ilmu psikologi juga bukan sebatas akal sehat aja nih, Ilmu psikologi merupakan sesuatu yang ilmiah yang bisa diteliti secara adil dan objektif. Dan yang orang-orang sering salah persepsi adalah kamu bisa menjadi psikolog saat kamu sudah lulus S1. 

Padahal gak loh, kamu gak bisa langsung jadi psikolog walaupun kamu udah lulus sarjana S1 jurusan psikologi. Kamu butuh gelar magister atau S2 untuk menjadi seorang psikolog. Jadi gelar psikologimu bukan kaleng-kaleng!

Nah, kira-kira prospek kerja Psikologi bisa jadi apa aja sih? Prospek kerja psikologi bisa berkarir di bidang konsultan atau gak prospek kerja psikologi lainnya misalnya saja seperti bagian personalia (HRD), konsultan karir, dosen, perawat kesehatan mental, psikolog, dan psikolog klinis. Untuk kamu yang ingin bergabung menjadi mahasiswa psikologi, apa yang aja sih kemampuan yang harus kamu miliki?

1. Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi

Komunikasi yang baik merupakan sebuah komponen penting buat kamu dalam menjalin hubungan dengan orang lain loh. Dari komunikasi, tentu kamu butuh pemahaman yang baik untuk bisa menjaga hubunganmu dengan orang lain. Melalui ilmu psikologi, kamu bisa banget untuk belajar memahami dan mengerti perasaan orang lain. Jadinya kamu bisa mempelajari ilmu psikologi, sekaligus meningkatkan kemampuan berkomunikasi!

2. Belajar mengelola stress yang baik

Biasanya namanya juga manusia gak mungkin lepas dari emosi atau gak stress. Tentunya, hal ini bisa membawa dampak negatif loh kalo dibiarkan begitu aja. Tapi, perasaan stress kadang-kadang bisa dimaknai buat jadi sesuatu yang positif juga, salah satunya adalah untuk meningkatkan motivasi mu untuk mencapai sesuatu.

instan approval 1jam diterima
instan approval 1jam diterima

3. Mengenal diri sendiri menjadi lebih baik

Seringkali biasanya kamu mempertanyakan siapa dirimu sebenarnya atau mungkin bahkan banyak juga yang merasa bahwa kita gak perlu kenal siapa diri kita sebenarnya, padahal mempelajari tentang diri sendiri itu bisa membantu kita untuk mengerti bagaimana kemampuan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik loh.

4. Ilmu yang bermanfaat bagi orang lain

Mempelajari ilmu psikologi bisa memberikanmu ilmu yang bermanfaat bagi orang lain loh. Misalnya aja nih kalo kamu lagi dicurhatin sama temenmu yang mungkin lagi ada masalah dengan mempelajari ilmu psikologi, kamu bisa memberikan dukungan sama temen dan bisa membuatmu jadi orang yang lebih bermanfaat guys.

5. Meningkatkan kemampuan ingatan

Nah, ada kalanya nih kesibukanmu sehari-hari menurunkan kemampuan ingatanmu karena banyak banget yang harus kamu pikirin. Mulai dari deadline pekerjaan, rapat atasan, dan janji-janji lainnya nih. Mempelajari ilmu psikologi bisa membantumu untuk meningkatkan daya pikirmu loh.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Kira-kira kalo kita para pelajar ingin ambil kuliah di ilmu psikologi, bagusnya di universitas mana ya di Indonesia?Jawabannya cuman satu nih yaitu di Universitas Tarumanagara aja! Universitas Tarumanagara sudah terjamin banget loh karena program studi ilmu psikologinya sudah mendapatkan akreditasi A.

Nah, ilmu psikologi UNTAR merupakan fakultas kelima yang dimiliki oleh UNTAR. Nah program ilmu psikologi ini sudah mulai digunakan pada fakultas ekonomi, fakultas hukum, fakultas teknik jurusan arsitektur, dan fakultas kedokteran yang sudah memiliki mata kuliah pengantar psikologi. 

Untuk fakultas ilmu psikologi UNTAR sendiri pun juga memiliki berbagai fokus yang terbagi ke dalam beberapa bagian nih, yang pertama ada entrepreneurship, yang dimana mahasiswa ilmu psikologi UNTAR diharapkan bisa memiliki kemampuan dan kesediaan untuk menghasilkan sebuah karya atau beberapa temuan yang dilandasi oleh pola pikir kreatif dan inovatif yang bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu psikologi yang bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

Yang kedua adalah professional, nah mahasiswa fakultas ilmu psikologi diharapkan memiliki profesionalisme untuk senantiasa melakukan tugas-tugasnya secara kompeten dengan memperlihatkan sikap kerja yang positif, seperti bertanggung jawab, berinisiatif, menjalin kerja sama, dan bisa memberikan pelayanan prima bagi semua pihak yang membutuhkan. 

Mahasiswa ilmu psikologi UNTAR diharapkan wajib menguasai kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjalani suatu tugas,melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh, tidak menunda tugas dan bersedia melakukan tugas melebihi tuntutan tugas yang diberikan, memiliki komitmen terhadap pekerjaan dan terhadap organisasi/fakultas, secara aktif membentuk jejaring kerja dan memanfaatkan jejaring tersebut untuk menjalankan tugas secara lebih baik

Yang ketiga adalah integrity, integritas bagi mahasiswa fakultas psikologi UNTAR adalah mahasiswa senantiasa untuk bertindak konsisten sesuai dengan peraturan atau kebijakan kode etik. Dan integritas ini juga mencerminkan adanya pemahaman dan kesediaan untuk bertindak secara konsisten sesuai dengan ucapan atau nilai moral. 

Perilaku utama yang harus dimiliki adalah bersikap dan bertindak jujur, tidak mau menerima atau memberi suap, Walk the talk, Menaati peraturan walaupun tidak ada yang mengawasi, gak melakukan plagiarism, tidak menyontek, tidak mengakui hak/properti/karya orang lain sebagai karya diri sendiri, Bersedia menegur rekan/saudara/sahabat yang melakukan tindakan pelanggaran, Dapat menjadikan dirinya sebagai contoh/ teladan untuk bertindak secara konsisten menerapkan integrity.

Yang terakhir adalah caring community yang harus diperhatikan oleh mahasiswa ilmu psikologi dimana, ini adalah sebuah bentuk memberikan perhatian yang besar terhadap kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang bersifat terapan psikologis dan membantu memberdayakan masyarakat melalui berbagai aktivitas yang dapat memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan psikologis mereka.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Bagaimana dengan informasi tentang ilmu psikologi UNTAR? Semoga kamu cocok ya untuk bisa bergabung ke mahasiswa psikologi UNTAR!

Kamu bisa klik  halaman ini untuk informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu. Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak informasi tentang dunia perkuliahan! #pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *