jurusan manajemen bisnis
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Cari Tau Soal Jurusan Manajemen Informatika Yuk!

Sebagai mahasiswa baru, kamu pasti bingung kan kalau mendengarkan penjelasan mengenai jurusan manajemen informatika? Nah, sebenarnya jurusan manajemen informatika itu mirip-mirip loh guys dengan jurusan sistem informasi. Gak ada perbedaan yang mendasar nih mengenai kedua jurusan ini. Namun, kamu bisa membedakannya dari berbagai penjelasan, mata kuliah yang dipelajari, serta prospek kerja dari kedua jurusan ini di masa depan. Penasaran? Simak perbedaannya yuk.

Jurusan manajemen informatika adalah jurusan yang mempelajari tentang teori informasi, perancangan bisnis, analisis, dan penggunaan teknologi informasi untuk mempermudah berbagai kegiatan bisnis suatu perusahaan atau organisasi. Jadi, mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan lebih diarahkan untuk mempelajari ilmu manajemen bisnis melalui penggunaan teknologi informasi. Mata kuliah yang akan kamu dapatkan di jurusan ini adalah:

1. Teori Informasi

Mata kuliah jurusan manajemen informatika yang pertama adalah teori informasi di mana kamu akan mempelajari mengenai konsep matematis yang berhubungan dengan informasi, misalnya seperti pengumpulan data, klasifikasi, manipulasi data penyimpanan, dan penyebaran informasi melalui teknologi.

2. Ilmu Komputer

Mata kuliah jurusan manajemen informatika hampir sama dengan jurusan sistem informasi, bedanya adalah jurusan ini akan lebih memfokuskan mahasiswanya untuk menggunakan teknologi informasi sebagai media manajemen. 

3. Pemrograman

Mata kuliah ini akan mempelajari banyak hal mengenai algoritma, matematika, dan bahasa pemrograman untuk membuat program atau aplikasi perhitungan. Gak cuman itu, mahasiswa juga akan mempelajari bagaimana caranya manajemen kegiatan perusahaan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. 

Sedangkan kalau jurusan sistem informasi adalah gabungan dari ilmu komputer, ekonomi manajemen, dan bisnis. 

Fokusnya jurusan ini adalah di bidang software atau yang disebut dengan programming, namun lebih ke arah bagaimana penerapannya ke bisnis perusahaan, karena itu gak heran nih banyak mata kuliah di jurusan ini yang berbau ekonomi dan bisnis perusahaan. 

Mata kuliah jurusan sistem informasi yang dipelajari apa aja? Yang akan kamu pelajari di jurusan sistem informasi adalah untuk mata kuliah semester satu, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah jurusan sistem informasi berbasis pengetahuan umum seperti Pendidikan Agama, Manajemen & Organisasi, Wawasan Kebangsaan, Sistem dan Teknologi Informasi, Matematika Diskrit, dan Bahasa Pemrograman. Di semester satu, kamu akan diberitahu dan diinformasikan segala hal tentang pengetahuan umum dan pengetahuan dasar.

Di semester dua, kamu akan mendapatkan mata kuliah jurusan sistem informasi yaitu Wawasan Teknologi & Komunikasi Ilmiah, Algoritma & Struktur Data, Bahasa Inggris, Pengantar Sistem Operasi, Arsitektur SI/TI Perusahaan Kepemimpinan & Keterampilan Interpersonal.

Nah, untuk semester tiga, kamu akan mendapatkan mata kuliah jurusan sistem informasi Statistika, Desain & Manajemen Proses Bisnis, Desain & Manajemen Jaringan Komputer, Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak, Pengantar Basis Data, dan Pemrograman Berorientasi Objek

Sedangkan untuk semester empat, kamu akan mendapatkan mata kuliah jurusan sistem informasi Analisis & Desain Perangkat Lunak, Interaksi Manusia & Komputer, Keamanan Aset Informasi, Desain Basis Data, serta Pemrograman Berbasis Web.

Untuk semester lima kamu akan mendapatkan mata kuliah jurusan sistem informasi Konstruksi & Pengujian Perangkat Lunak, Manajemen Proyek TI, Riset Operasi, Simulasi Sistem, Perencanaan Sumber Daya Perusahaan, dan Manajemen Layanan TI. 

Dan untuk semester 6, kamu akan mendapatkan mata kuliah jurusan sistem informasi yaitu tata kelola IT, manajemen risiko TI, manajemen pengadaan dan investasi TI, serta seluruh manajemen administrasi basis data.

Lanjut nih ya untuk semester 7, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang mungkin berhubungan langsung sama IT, misalnya seperti Pengukuran Kinerja & Evaluasi TI, Kecerdasan Bisnis, Etika Profesi SI, Technopreneurship, Perencanaan Strategis SI/TI, Kerja Praktek dan Mata Kuliah Pilihan. 

Baca Juga: Peluang Besar! Cek Prospek Kerja Teknik Elektro

Nah, untuk prospek kerja jurusan manajemen informatika juga memiliki peluang yang besar loh guys. Kira-kira bisa kerja jadi apa aja ya?

1. Programmer

Prospek kerja jurusan manajemen informatika yang pertama adalah menjadi seorang programmer. Programmer memiliki tugas dan tanggung jawab untuk merancang, membuat, dan mengimplementasikan suatu program software untuk keperluan bisnis, pemerintahan, dan pendidikan.

2. Teknisi Komputer

Prospek kerja jurusan manajemen informatika yang kedua adalah menjadi seorang teknisi komputer. Kamu bertanggung jawab untuk merakit, menginstal program, dan memasukkan antivirus ke dalam komputer tersebut.

3. Analisis data dan perancang sistem informasi

Prospek kerja jurusan manajemen informatika yang satu ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah komputasi dengan memberikan berbagai solusi dengan cara mendesain, memodifikasi, meningkatkan, mengelola, dan mengintegrasikan fitur perangkat lunak sehingga kinerja suatu organisasi dan perusahaan bisa meningkat.

4. Manajemen data

Sesuai dengan tujuan ini, sebagai mahasiswa manajemen informatika kamu akan bertanggung jawab untuk bisa memanajemen dan mengatur keseluruhan data perusahaan mulai dari merancang, membangun, memodelkan, mengelola, serta menganalisis data perusahaan dan organisasi.

Sedangkan untuk prospek kerja jurusan sistem informasi bisa memberikan banyak peluang juga nih guys. Apa aja ya?

1. IT manager

Prospek kerja sistem informasi yang pertama adalah menjadi IT manager. Menjadi seorang IT manager adalah peluang kerja yang cocok untuk para lulusan sistem informasi dengan bakat manajemen yang bagus. Nah, kamu akan mendapatkan tugas untuk bertanggung jawab terhadap keseluruhan proses yang ada di department IT. Sebagai seorang IT manager, kamu bisa menerima gaji mulai dari Rp 8,000,000 hingga ini bisa mencapai Rp 12,000,000 per bulan.

2. Database Administrator

Prospek kerja sistem informasi adalah kamu bisa bekerja menjadi database administrator. Kamu bisa memiliki tugas mengelola data perusahaan dan merapikan data-data tersebut untuk kepentingan perusahaan. 

Kamu juga bakal banyak banget berhubungan dengan data yang sangat besar atau yang biasa disebut dengan big data. Kamu juga perlu loh untuk menyiapkan sistem yang mampu menampung dan mengolah berbagai data-data tersebut. Gaji yang bisa kamu peroleh sebagai pekerja database administrator adalah sekitar Rp 4,000,000 per bulan.

3. Sistem Analis

Prospek kerja sistem informasi berikutnya adalah menjadi seorang sistem analis. Tugasmu sebagai seorang sistem analis adalah bertugas untuk melakukan analisis terhadap sebuah sistem operasi atau informasi dari perusahaan yang menggunakan sebuah sistem. Kamu bisa menerima kisaran gaji mulai dari Rp 6,000,000 hingga Rp 12,000,000 per bulannya.

4. Konsultan IT

Prospek kerja sistem informasi yang keempat adalah menjadi seorang konsultan IT. sebagai mahasiswa lulusan sistem informasi, kamu bisa berkarir sebagai seorang konsultan IT yang bertanggung jawab di bagian jasa pelayanan konsultasi di bidang IT seperti software, sistem informasi, elektronik, dan lain sebagainya. 

Dengan ilmu dan pengalaman yang kamu miliki, kamu bisa memberikan saran terbaik untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkannya. Dari profesi ini, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 6,000,000 per bulan hingga mencapai Rp 11,000,000 perbulan.

5. Web Developer

Prospek kerja sistem informasi yang kelima adalah sebagai web developer. Web developer adalah seseorang yang bekerja merancang web, kamu akan banyak berhubungan dengan dunia pemrograman dan proses membangun website. Secara garis besar, profesi web developer dibagi dua yaitu front end developer dan bagian back-end developer. Dengan bekerja di bagian ini, kamu bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 6,000,000 hingga Rp 15,000,000 per bulan.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

1. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

2. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

3, Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

4. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *