Bagikan
scoll top
 
goKampus

Cek Berbagai Latihan UTBK Yang Bisa Kamu Kerjakan

.
Bagikan

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah salah satu syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. Buat kamu yang sudah bertekad bulat masuk PTN, untuk ikut dalam UTBK memang sudah harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Tau gak sih, UTBK ternyata gak hanya digunakan untuk penilaian SBMPTN saja, loh. Beberapa seleksi jalur mandiri PTN juga ikut menggunakan hasil nilai UTBK sebagai penilaian utama. Dengan sistem seperti ini, tentunya persiapan yang dilakukan harus lebih matang lagi seperti melakukan Latihan UTBK untuk mendapat nilai semaksimal mungkin supaya bisa lolos baik di SBMPTN maupun jalur mandiri. 

UTBK sendiri terdiri dari Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang mengukur kemampuan akademik  yang disesuaikan dengan kelompok ujian yaitu Saintek, Soshum, atau Campuran dan juga Tes Potensi Skolastik (TPS) yang menguji kemampuan kognitif, logika, dan pemahaman umum peserta. Berikut rincian materi yang diujikan baik dari TKA maupun TPS:

  1. Tes Kemampuan Akademik
    1. Kelompok Ujian Saintek: Biologi, Fisika, Kimia, Matematika
    2. Kelompok Ujian Soshum: Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi
    3. Kelompok Ujian Campuran: campuran dari Saintek dan Soshum. Kamu akan menjalani TKA dua kali. TKA pertama adalah ujian Saintek, TKA kedua adalah ujian Soshum.
  2. Tes Potensi Skolastik
    1. Penalaran umum
    2. Pengetahuan kuantitatif
    3. Pemahaman bacaan dan menulis
    4. Pengetahuan dan pemahaman umum
    5. Bahasa Inggris

Baca Juga: Apa itu Tes Potensi Skolastik Buat UTBK?

Gimana? Kelihatan rumit? Jangan panik dulu! Pasti kamu bisa kalau rajin melakukan latihan UTBK yang diperlukan untuk persiapan mu. Sekarang goKampus bakal kasih cara-cara yang cocok untuk dilakukan jika kamu mau latihan UTBK.

1. Rangkum materi

Rangkuman materi ini bisa kamu lakukan untuk menghadapi soal-soal TKA. Seperti yang sudah diketahui, soal TKA akan berisi seputar mata pelajaran yang sering dijumpai saat belajar di sekolah. Kamu bisa membuat catatan rangkuman dengan bentuk teks, visual, atau mind map.

Singkatnya, mind map adalah cara untuk melakukan pemetaan pikiran yang terorganisir secara visual dari ide dan konsep. Dengan menggunakan mind map, catatan kamu jadi bisa lebih terstruktur dan mudah dipahami. Kamu juga bisa mengasah kreativitasmu dengan menambah warna dan ilustrasi. 

Ada studi yang menyatakan kalau mencatat dan merangkum dapat melatih daya ingat, karena adanya proses mengolah materi yang diterima menjadi catatan dalam bahasa kita sendiri. Nah, jadi dengan membuat catatan rangkuman, sebenarnya kamu juga sudah melakukan latihan UTBK loh

2. Latihan soal

Supaya terbiasa dengan jenis soal yang akan keluar, kamu bisa berlatih soal UTBK tahun-tahun sebelumnya atau prediksi soal UTBK. Dengan melakukan latihan soal, kamu juga dapat melihat tingkat kesulitan soal yang akan dihadapi dan memperkirakan sejauh mana persiapan yang harus kamu lakukan.

Kumpulan latihan soal UTBK ini tersedia banyak sekali di internet baik yang gratis atau berbayar. Latihan soal ini penting dilakukan terutama untuk soal-soal TPS yang jenisnya sangat bervariasi. 

Setelah melahap berbagai soal, jangan cepat puas dulu! Sebaiknya kamu melakukan review materi kembali untuk mematangkan pemahaman kamu kemudian berlatih lagi dengan soal-soal yang lebih kompleks. Pasti kamu sering kan mengerjakan soal yang keluar di ujian berbeda dengan yang diajarkan sebelumnya? Nah dengan latihan soal berulang-ulang dengan tipe soal yang berbeda, kamu bisa mengetahui dan membiasakan diri dengan banyak variasi soal UTBK.

3. Ikut Try Out

Berbeda dari mengerjakan latihan soal biasa, melalui Try Out kamu bisa merasakan simulasi mengerjakan UTBK dan mengetahui hasil yang sudah dihitung oleh penyelenggara sesuai dengan ketentuan penilaian UTBK. Ada banyak kegiatan Try Out yang bisa kamu ikuti baik online maupun offline, gratis maupun berbayar. 

Usahakan untuk membuat kondisi Try Out semirip mungkin dengan situasi saat mengikuti UTBK, seperti menjauh dari gangguan suara, tidak membuka catatan materi, dan berkonsentrasi penuh. Disarankan juga untuk mengikuti Try Out beberapa kali supaya kamu bisa melakukan perbandingan dan melihat perkembangan nilai kamu dan mengevaluasi bagian mana yang membutuhkan pemahaman dan latihan lebih lanjut dan bagian mana yang bisa kamu perkuat untuk memaksimalkan skor UTBK kamu. 

Karena UTBK bisa jadi salah satu momentum penting untuk masuk kuliah, maka kamu harus siapin mental untuk berjuang dan juga usaha dengan perbanyak latihan, ya! Semoga dengan usaha yang konsisten, kamu bisa lolos di kampus impian lewat UTBK-SBMPTN ini. 

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-