mata kuliah ilmu politik
Daftar Kuliah goKampus Magang Tips Mahasiswa

Cek Peluang dan Prospek Kerja Manajemen di Indonesia

Peluang atau prospek kerja manajemen sangat terbuka lebar sehingga jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang paling diincar banget nih! Gak heran kalau banyak orang yang bilang jurusan Manajemen adalah jurusan kuliah paling aman. Kenapa? Karena kamu bisa menentukan sendiri rencana karir masa depan mulai sekarang.

Buat kamu yang belum tahu, manajemen merupakan program studi di jenjang perguruan tinggi yang mempelajari segala hal terkait pengelolaan perusahaan atau organisasi. Jurusan ini termasuk dalam rumpun sosial humaniora (Soshum) dan menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau Fakultas Bisnis dan Manajemen.

Bagaimana dengan prospek kerja lulusan dari jurusan ini? Katanya, jurusan manajemen menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang sangat luas. Benar gak ya? goKampus akan kasih kamu 10 peluang atau prospek kerja manajemen yang bisa kamu jadikan pertimbangan setelah lulus nanti. Cek yuk!

1. Dosen atau Tenaga Pengajar

Prospek kerja manajemen yang pertama adalah lulusan jurusan manajemen bisa bekerja di sektor pendidikan sebagai tenaga pendidik atau dosen jika memiliki kualifikasi yang pas.

Untuk menjadi dosen, minimal ijazah pendidikan yang kamu miliki adalah S2. Sedangkan untuk guru, lulusan S1 bisa menjadi guru dengan cara mengikuti Pendidikan Profesi Guru atau PPG.

Gaji yang diperoleh sebagai tenaga pengajar/pendidik atau dosen memang bisa dikatakan gak terlalu besar/ Gaji ini tergantung tingkatan antara Rp1.500.000 sampai dengan Rp5.600.000 juta rupiah tergantung tingkatannya. Tetapi, ada banyak tunjangan yang membuat prospek pekerjaan dosen begitu menggiurkan.

2. Konsultan Bisnis

Prospek kerja manajemen yang kedua adalah kamu bisa berkarir sebagai seorang konsultan bisnis. Perusahaan nasional atau internasional banyak menggunakan konsultan bisnis yang akan membantu perkembangan sebuah perusahaan. Gak heran kalau bayaran yang ditawarkan pada konsultan bisnis yang telah ahli sangat besar atau mencapai angka puluhan juta rupiah.

Saran dan informasi yang kamu berikan akan sangat berguna bagi kemajuan sebuah perusahaan. Jadi, gak heran banget nih kalau seorang konsultan bisnis bisa menerima gaji hingga lebih dari Rp15.000.000 per bulan.

3. Konsultasi Perbankan

Prospek kerja manajemen yang selanjutnya adalah kamu bisa berkarir sebagai konsultan perbankan. Peluang bekerja sebagai konsultasi perbankan sangat terbuka lebar untuk para lulusan Manajemen. Gak heran deh kalau prospek kerja ini menawarkan gaji besar mulai belasan juta hingga puluhan juta rupiah untuk jenjang waktu karir tertentu.

Gaji yang didapatkan oleh seorang konsultan perbankan rata-rata berada di nominal Rp6.000.000 per bulan.

4. Manajer Pemasaran

Kamu juga bisa memilih karir sebagai seorang manajer pemasaran loh. Peluang atau prospek kerja manajemen bisa saja berhasil menjadi seorang manajer pemasaran. Semakin ahli dan mampu mempengaruhi publik untuk membeli layanan produk atau jasa, maka perusahaan akan memberikan imbalan semakin besar.

Perusahaan lokal biasa membayar gaji manajer antara Rp10.000.000 hingga Rp15.000.000 per bulan, sedangkan gaji puluhan juta rupiah bisa saja didapatkan untuk perusahaan multinasional.

5. Manajer SDM (Sumber Daya Manusia)

Prospek kerja manajemen selanjutnya adalah kamu juga bisa menjadi seorang manajer SDM di perusahaan besar yang berani memberikan gaji puluhan juta rupiah per bulan. Tentu kemampuan Kamu di bidang ini tidak perlu diragukan lagi. Tugas utama dari manajer SDM adalah mengurusi segala hal yang berkaitan dengan karyawan dan organisasi.

Jika Kamu memilih karir sebagai manajer SDM, Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp6.000.000 sampai dengan Rp12.000.000.

Baca Juga: Jadi Akuntan? Simak Prospek Kerja Akuntansi Yuk

6. Manajer Keuangan

Kamu bisa berkarir sebagai manajer keuangan. Kamu juga bisa memiliki karir menengah ke atas sebagai seorang manajer keuangan. Kamu bertanggung jawab atas segala keputusan yang berkaitan dengan keuangan.

Gaji yang ditawarkan perusahaan besar untuk posisi elit ini bisa mencapai kisaran Rp25.000.000 hingga Rp35.000.000 per bulan tergantung kapasitas perusahaan tempat Kamu bekerja.

7. Agribisnis, Perdagangan, Perbankan Dan Lain-Lain

Prospek kerja manajemen selanjutnya adalah kamu bisa bekerja mengelola sektor agribisnis, perdagangan, perbankan, dan sejenisnya. Sektor-sektor ini juga bisa membantumu memiliki prospek masa depan cerah. Ilmu manajemen yang Kamu miliki tentu akan sangat berguna untuk mengembangkan usaha dan memajukan perusahaan.

Gaji untuk pekerjaan Kamu sebagai manajer yang membawahi banyak karyawan tentu belasan sampai puluhan juta rupiah.

8. Manajemen Trainee

Kamu juga bisa melamar kerja melalui jalur manajemen trainee. Siapa yang tidak mau menjadi jajaran staf manajemen trainee di perusahaan besar? Kamu bisa menjadi salah satu tim elit milik perusahaan yang bertugas melakukan pelatihan pada peserta yang akan menjadi manajer di perusahaan tersebut. Jangan heran jika perusahaan berani membayar kamu dengan gaji puluhan juta rupiah per bulan.

9. Akuntan

Ya, tentu seorang yang kuliah di fakultas Ekonomi dan mengambil jurusan Akuntansi bakal lebih diprioritaskan. Namun, bukan berarti lulusan manajemen tidak bisa menjadi seorang akuntan. Pasalnya, jika kamu memiliki kemampuan yang bagus, pekerjaan ini bisa saja menjadi jenjang karir pilihan.

Sebagai akuntan, Kamu bakal menerima gaji sekitar Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan pada tahun-tahun pertama.

10. Pengusaha

Menjadi seorang pengusaha, membutuhkan insting dan kemampuan mengelola usaha dengan baik. Lulusan manajemen tidak hanya terpatok menjadi seorang pekerja namun bisa pula menjadi pengusaha. Tentu tidak ada gaji yang ditawarkan sebab Kamu yang menentukan sendiri berapa nilai omzet yang diinginkan.

Gimana menurutmu tentang prospek kerja manajemen? Udah siap belum untuk mengambil bagian menjadi salah satu mahasiswa jurusan manajemen? Salah satu kampus yang manajemennya berkualitas baik adalah Universitas Pelita Harapan (UPH) loh! Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya!

Jangan lupa juga untuk konsultasikan persoalan kampusmu bersama goKampus. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya!

Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *