Contoh Motivation Letter untuk Beasiswa
Tips Mahasiswa

Bikin Motivation Letter Kamu Kece Biar Bisa Dapat Beasiswa!

Kamu lagi cari contoh motivation letter untuk mengajukan beasiswa?

Apa sih yang jadi motivasi kamu buat daftar beasiswa? Sebelum nya kamu harus tau kalau untuk mendaftarkan beasiswa kamu memerlukan Motivation Letter loh! Dari namanya, tentu kamu tau kalau jenis surat ini berisi tentang motivasi dan alasan kamu melakukan suatu hal. Kegunaan Motivation Letter untuk menunjukkan ke para donator biar tau apa saja motivasimu mengajukan beasiswa kuliah. 

Ternyata untuk daftar beasiswa bukan hanya yang dilihat dari prestasi akademik/non akademik saja, melainkan dipengaruhi oleh motivation letter. Beberapa lembaga donator beasiswa meminta kandidatnya untuk menulis motivation letter sebagai salah satu syarat mendaftar. 

Oke-oke jadi singkatnya Motivation letter adalah surat atau esai singkat yang bertujuan untuk meyakinkan lembaga tertentu bahwa kamu layak menjadi penerima beasiswa (awardee). Motivation menjadi gerbang awal sebelum masuk ke penilaian rapot, sertifikat atau prestasi yang sudah kamu miliki. Dalam surat ini para donator beasiswa ingin mengenal lebih dalam mengenai latar belakang pendidikan, motivasi, cita-cita, serta kelebihan yang ada pada dirimu, biar lebih gampang anggep saja motivation letter seperti PDKT , ciee~ 

MIsalkan kamu suka sama teman kelas kamu , supaya dia tau kamu suka dia, kamu kasih effort berupa playlist lagu, perhatian, hadiah, atau rela nganterin pulang yang ktanya sejalan tapi kenyataannya gak sejalan. Akhirnya dia tertarik deh sama kamu, ciaaelaahh~ 

Tapi tenang, Motivation Letter harusnya bukan jadi sebuah penghalang kamu buat gak dapet beasiswa, tapi sebagai wadah untuk bercerita tentang diri kamu dan motivasi kamu ke para Lembaga yang menyediakan beasiswa. 

Contoh struktur Motivation Letter untuk Beasiswa 

Sama kayak menulis surat lainnya, motivation letter yang kamu bikin untuk beasiswa harus punya 3 bagian seperti di contoh ini, yaitu bagian: 

  • pembuka,
  • isi, dan
  • penutup. 

Pembuka

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Di pembuka kamu bisa menjelaskan nama, asal sekolah/universitas dan kesibukan kamu sehari-har. Beri juga alasan kamu kenapa ingin mendaftar program beasiswa. Jangan lupa juga untuk memberi ucapan salam pembuka. Beri juga sedikit quotes singkat yang berhubungan dengan beasiswa yang ingin kamu ambil agar menarik perhatian Lembaga penyelenggara beasiswa untuk baca surat kamu sampai akhir. 

Isi 

Lanjut kebagian isi surat, dalam bagian ini kamu harus menceritakan apapun keahlian kamu, seperti jago bermain gitar/piano, atau jago berbahasa asing. Show it off! 

Jangan lupa juga untuk memberi bukti pendukung terhadap keahlian kamu. Seperti sertifikat-sertifikat perlombaan yang pernah kamu ikuti. Ceritakan juga proses bagaimana kamu bisa mencapai di titik itu. Selain itu kamu harus mencantumkan visi misi kampus yang ingin kamu tuju. Pakai kata-kata yang singkat dan mudah dimengerti, tuangkan emosi dalam tulisanmu. 

Penutup

Sekarang kamu sudah sampai di bagian akhir dalam menulis surat Motivation Letter. Dibagian akhir, kamu bisa menuliskan cita-cita, dan apa saja yang kamu harapkan jika diterima. Seperti kalau kamu sudah menjadi mahasiswa disana kamu mau ngapain sih kedepannya? Ungkapkan dengan jujur dan realistis. Lalu di akhir surat jangan lupa memberikan kata terima kasih dan salam penutup, jangan lupa untuk menulis alamat email dan no telepon yang dapat dihubungi. 

Yang perlu kamu lakukan setelah ikuti contoh motivation letter untuk beasiswa

Nah sekarang kamu sudah tahu cara menulis Motivation Letter, selain berguna untuk mendaftar beasiswa, ternyata  Motivation Letter juga berguna untuk melamar di tempat magang loh. Menulis emang tidak mudah apalagi dalam memilih kata-kata yang asik, tepat, dan terlihat sopan. Perhatikan juga ejaan dan grammar jika kamu menggunakan Bahasa inggris. 

Nah karena sekarang semua serba online, bukan menjadi sebuah halangan untuk menggapai cita-cita berkuliah di universitas impian kamu. Kalian gak harus bingung bagaimana cara tetap mendaftar kuliah dengan praktis. Kamu bisa mendaftar di goKampus, loh!

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Solusi daftar kuliah yang gampang. Kamu tinggal upload rapor sekarang, 1 jam kemudian kamu sudah terdaftar di kampus pilihan. 

Yuk, klik link berikut ini: https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval/daftar

Foto oleh Prateek Katyal dari Pexels

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *