gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Cyber Security, Pelindung Data Penting Kamu di Internet

.
Bagikan

Dengan kehadiran internet, kamu dapat dengan mudah memperoleh berbagai informasi yang kamu butuhkan. Sumber informasi yang tersedia pun beragam. Namun, di tengah mudahnya menggali informasi, kamu juga harus tetap waspada. Agar tetap aman dalam mengakses informasi di internet, kamu harus mengetahui pentingnya cyber security. Cyber security berfungsi sebagai pelindungmu saat berselancar di dunia maya agar gak berisiko terkena serangan siber. Yuk, kenalan dengan konsep yang satu ini!

Apa Itu Cyber Security?

Mengutip dari web CISCO, cyber security adalah proses atau kegiatan melindungi sistem, jaringan dan program dari kejahatan siber (cyber crime). Cyber crime adalah kejahatan yang bertujuan mengakses, mengubah atau menghancurkan informasi dan data penting yang dapat merugikan orang lain. Untuk menghindari hal tersebut, penting untuk memperhatikan cyber security. Cyber security ini perlu karena berbagai lembaga pemerintahan, militer, perusahaan hingga lembaga kesehatan memiliki dan menyimpan berbagai informasi sensitif, seperti data pribadi, kekayaan intelektual, keuangan, keamanan nasional dan sebagainya. Tentunya, seluruh data dalam jumlah besar ini harus terlindungi agar gak bocor dan menjadi bahan kejahatan lainnya.

Konsep Keamanan Siber

Terdapat 3 konsep cyber security yang dikenal dengan istilah CIA Triad, yaitu confidentiality (kerahasiaan), integrity (integritas), dan availability (ketersediaan) informasi. Ketiga konsep cyber security ini menjadi dasar keamanan berbagai informasi penting. Mengutip dari Pusat Data dan Info Kementerian Kesehatan, keamanan informasi merupakan perlindungan informasi dari berbagai bentuk ancaman yang mungkin terjadi.

1. Confidentiality (Kerahasiaan)

Aspek ini menjamin kerahasiaan data dan informasi dengan cara mengontrol akses data agar gak terjadi pencurian atau kebocoran data sehingga informasi yang terkirim, diterima dan tersimpan hanya dapat orang berwenang atau bersangkutan yang mengakses.

2. Integrity (Integritas)

Integritas adalah aspek yang menjamin data dan informasi penting gak akan dapat diubah oleh orang lain tanpa izin dari pihak berwenang (authorized). Melalui integritas pula, keakuratan dan keutuhan informasi dapat terjaga. Terdapat beberapa cara untuk menjaga integritas data, seperti enkripsi, tanda tangan digital dan certificate authority digital atau CA, contohnya SSL dan TLS yang berguna untuk verifikasi identitas pengguna website.

3. Availability (Ketersediaan)

Aspek ini menjamin jika seluruh data tetap tersedia dan dapat diakses ketika perlu, terutama bagi pihak-pihak terkait karena hal ini adalah hak dari setiap pengguna layanan siber.

Jenis-jenis Cyber Security

Penerapan cyber security terbagi menjadi 3 jenis agar datamu dapat tersimpan dengan aman, di antaranya cloud security, network security dan application security.

1. Cloud security

Cloud security adalah upaya pengguna internet untuk melindungi datanya yang tersimpan dalam cloud. Untuk menyimpan data dan informasi penting pelanggan di cloud, pihak layanan cloud harus memenuhi persyaratan dan prosedur keamanan yang berlaku sehingga kemungkinan terjadinya risiko kebocoran atau pencurian data menjadi lebih minimal. Penerapan cloud security dapat menggunakan firewall, two factor authentication, VPN dan enkripsi data.

2. Network security

Jaringan internet dapat menjadi jalur yang berbahaya dan rawan terjadinya serangan cyber crime. Makanya nih, perlu network security untuk memberi perlidungan dan keamanan jaringan internal. Network security juga berperan untuk menjaga keamanan aset-aset penting yang perusahaan miliki. Contoh dari network security adalah penggunaan antivirus dan firewall.

3. Application security

Aplikasi memang dirancang agar pengguna dapat mengakses melalui berbagai jaringan. Namun, pengguna juga bisa berisiko terhadap cyber crime. Makanya nih, kamu memerlukan application security untuk menjaga keamanan data dan informasi. Terdapat beberapa cara untuk menerapkan application security ini, mulai dari autentikasi, otorisasi, enkripsi, logging dan uji keamanan aplikasi. Penerapan cyber security memang sangat penting agar keamanan data dan informasi sensitif dapat terjaga dengan baik. Tentunya, kamu harus selalu waspada dan bijak dalam berinternet karena kejahatan dan serangan siber dapat mengancam kapan saja.

Baca Juga: Serba-serbi Cyber, Ancaman Kejahatan dan Cara Mengatasinya

Nah, di era yang selalu mengandalkan teknologi, kita perlu membekali diri dengan pengetahuan dan skill baru, apalagi semakin banyak orang yang tertarik dengan teknologi blockchain akhir-akhir ini. Kalau kamu tertarik dengan teknologi tersebut, kamu bisa loh ikutan kelasnya secara online di goKampus. Selain dapat sertifikat dari Nanyang Technological University Singapore, kamu juga bisa belajar langsung dari profesor di NTU. Yuk, ikutan kelasnya di sini!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-