IDS Digital College
Daftar Kuliah FAQ goKampus Tips Mahasiswa

Daftar 10 Jurusan Untuk Anak IPA Yang Cocok Untukmu!

Wah sebentar lagi waktunya kamu berpisah dengan seragam putih abu-abu nih… Memasuki masa dunia perkuliahan emang masa paling ditunggu untuk kamu anak kelas 12 SMA, apalagi untuk menentukan kamu ingin mengambil kuliah apa di tahun depan, khususnya kalau kamu mengambil jurusan IPA. Untuk mempersiapkan semuanya, kamu harus cari tau dulu jurusan apa aja yang cocok buat anak IPA!

goKampus akan menjadi jalan ninjamu buat kamu yang masih galau nentuin jurusan! Simak yuk daftar 10 jurusan untuk anak IPA beserta prospek kerjanya!

1. Teknik Sipil

Jurusan untuk anak IPA yang pertama adalah jurusan Teknik Sipil. Pastinya kamu anak IPA sudah gak asing lagi kan dengan jurusan ini? Biasanya sih jurusan Teknik Sipil terkenal dengan jurusan yang fokus ke “bangun-membangun” sebuah gedung? Benar gak sih?

Gak salah juga loh.. Karena di jurusan Teknik Sipil nanti kamu gak hanya fokus untuk pembuatan bangunan aja, tapi juga akan diajarkan tentang bagaimana caranya kamu memilih dari segi material yang cocok, bahan-bahannya, mengatur sumber daya air, hingga merancang desain konstruksi.

Nah, sebagai mahasiswa sarjana Teknik Sipil, biasanya kamu juga akan diberikan tanggung jawab di bagian bangunan loh misalnya menjadi manajer konstruksi yang bertugas untuk mengawasi aktivitas dan kinerja dari seluruh orang yang terlibat. Jadi, jurusan Teknik Sipil ini akan cocok banget sama kamu yang suka dengan hal-hal yang fokus di bidang pembangunan.

2. Fakultas Kedokteran

Jurusan untuk anak IPA yang kedua ini pastinya selalu tinggi peminatnya loh. Jurusan ini udah jadi kebiasaan bagi para pelajar untuk mengincar fakultas kedokteran sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikannya. 

Fakultas Kedokteran cocok banget sebagai jurusan untuk anak IPA karena di fakultas ini kamu akan mempelajari tentang berbagai penyakit serta bagaimana cara-cara penyembuhan serta karakteristiknya. Pada dasarnya kamu akan belajar banyak dan mendalami ilmu-ilmu bagian tubuh manusia, jenis-jenis penyakit, serta pengobatannya. 

Meskipun banyak banget yang bilang kalau jurusan untuk anak IPA ini gak selalu cocok buat kamu yang ambil jurusan IPA, tapi setiap tahunnya terbukti yang memilih menempuh pendidikan Kedokteran selalu tinggi. 

Kalau kamu memilih melanjutkan pendidikan di Kedokteran, kamu bisa menjadi dokter umum, dokter anak, dokter kandungan, dokter gigi, dan masih banyak lagi. Tapi, kamu gak bisa resmi langsung jadi dokter ya! Kamu harus mengambil sertifikasi dulu!

3. Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan untuk anak IPA yang ketiga ini adalah jurusan Ilmu Gizi, Ilmu Gizi juga sangat terkenal di para pelajar IPA nih. Buat kamu yang mungkin emang suka banget dengan pelajaran kimia atau biologi, Ilmu Gizi bisa dibilang cocok banget buat kamu.

Ilmu Gizi mempelajari tentang keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan, serta kualitas tubuh manusia. Gak hanya itu, Ilmu Gizi juga mempelajari soal ekonomi, sosial, hingga soal budaya. Kalau kamu adalah lulusan dari mahasiswa Ilmu Gizi, pastinya kamu akan fokus bekerja di bidang ahli diet dan nutrisi atau hal-hal yang memang berhubungan dengan produksi makanan. Seru banget kan guys?

4. Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan untuk anak IPA yang keempat juga merupakan jurusan yang cukup terkenal banget nih guys yaitu jurusan Teknologi Pangan. Teknologi Pangan merupakan jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan harus memastikan bahwa makanan yang diproduksi itu aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi yang sesuai.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang bagaimana efek sosial dan makanan yang kita konsumsi termasuk bagaimana makanan tersebut bisa mempengaruhi budaya kita loh! Kebanyakan mahasiswa lulusan dari jurusan Teknologi Pangan akan berkarir di bidang Quality Control/Pengendalian Mutu, konsultan pangan dan gizi, pengembangan produk, dan lain-lainnya.

5. Jurusan Farmasi

Jurusan kuliah untuk anak IPA yang kelima adalah jurusan Farmasi, dimana Farmasi merupakan jurusan yang berhubungan banget dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa yang belajar di jurusan Farmasi pasti akan mendalami dan mengenali struktur senyawa obat dan bagaimana cara mengolahnya untuk bisa menjadi bahan yang aman untuk dikonsumsi.

Nah, mahasiswa lulusan Farmasi diharapkan bisa menjadi ahli dalam membuat, meracik, mengidentifikasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang bisa memenuhi standar kualitas. Biasanya prospek kerja lulusan Farmasi ini akan menjadi seorang apoteker, spesialis kimia, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Daftar Universitas Swasta Terbaik Di Jakarta

6. Jurusan Teknik Industri

Jurusan untuk anak IPA yang keenam ini pastinya kamu gak asing lagi dengan namanya! Banyak yang bilang sih jurusan Teknik Industri terkenal banget dengan jurusan teknik yang katanya sih “gak teknik-teknik banget” deh!

Tapi, jurusan Teknik Industri ini bisa menjadi pilihan utama kamu untuk memulai karir di dunia perkuliahan loh! Jurusan teknik Industri ini sangat pas banget untuk kamu yang suka dengan pelajaran fisika, karena di Teknik Industri kamu akan belajar mengenai hal-hal tentang perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem.

7. Teknik Mesin

Jurusan untuk anak IPA yang cocok buat kamu selanjutnya adalah jurusan Teknik Mesin nih, pastinya kalau kamu mendengar soal jurusan teknik mesin, pasti akan terpikir sama kamu yang isinya hanya mempelajari tentang mesin mobil atau motor kan? Ya gak salah sih!

Tapi, jurusan Teknik Mesin mempunyai cakupan ilmu yang luas. Sebagai mahasiswa, kamu akan mendalami dan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan buatan manusia yang memiliki kemampuan untuk bergerak dan digerakkan.

Jadi intinya kamu akan mempelajari segala hal yang terkait dengan pesawat terbang, mobil, motor, sepeda, robot, bahkan kapal laut. Dan selain itu, kamu juga akan belajar mengenai konversi energi misalnya seperti motor bakar, sistem termal dan kamu akan diminta untuk menggambar teknik bahkan pembuatan prototype mesin tersebut.

8. Jurusan Ilmu Kehutanan

Jurusan yang satu ini mungkin terdengar asing tapi sebenarnya banyak peminatnya loh. Sebagai mahasiswa Ilmu Kehutanan, kamu akan mempelajari segala sesuatu yang berkaitan tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, ilmu tanah, sampai manajemen hasil hutan itu sendiri.

Bahkan, Ilmu Kehutanan juga berkaitan erat dengan pelestarian hutan, rehabilitasi hutan, serta perlindungan hutan. Tuh, apalagi di Indonesia nih yang pelestarian hutannya sangat diperhatikan.

Selain itu, sebagai mahasiswa lulusan Ilmu Kehutanan, kamu bisa bekerja sebagai spesialis konservasi alam, konsultan lingkungan, ahli konservasi hutan, ataupun pengawas hutan. Dijamin gak bakal bosan deh!

9. Jurusan Ilmu Astronomi

Jurusan untuk anak IPA yang selanjutnya adalah jurusan Ilmu Astronomi, yang dimana kamu akan mempelajari tentang berbagai benda atau objek di langit serta sifat fisik mengenai alam semesta dan isinya.

Meskipun prospek karirnya jarang terdengar, tapi kamu bisa bekerja sebagai Astronom, peneliti atmosfer dan luar angkasa, Ilmu Bumi, Ilmu kelautan, dan masih banyak lagi.

10. Jurusan Biokimia

Jurusan kuliah untuk anak IPA yang terakhir adalah jurusan Biokimia! Dimana jurusan Biokimia merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan bagaimana proses tersebut sedang berlangsung di makhluk hidup.

Jadi, kamu sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Biokimia akan mempelajari tentang berbagai proses yang ada di reaksi kimia. Jurusan ini cocok banget deh buat kamu yang suka pelajaran biologi dan kimia. Prospek karirnya pun terjamin juga loh, kamu bisa menjadi peneliti bioinformatika, ahli biologi molekul, ahli biokimia, dan ahli biofisika.

Nah, ini dia daftar 10 jurusan untuk anak IPA yang bisa jadi referensi kamu yang mungkin masih bingung untuk memilih jurusan yang kamu inginkan! Kunjungi halaman ini untuk cari tau lebih lanjut mengenai jurusan itu ya!

Semoga artikel dari goKampus menjawab kegalauan kamu ya! jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *