Data Scientist, Peluang Kerja Bergaji Ratusan Juta

20 Oktober 2022

Data scientist, bisa kita bilang, pekerjaan paling prospektif di era digital. Apalagi, di era internet generasi ketiga atau web3. Menurut data dari Payscale, base salary pekerjaan ini antara Rp11 juta sampai dengan Rp360 juta. Siapa yang tidak tertarik dengan income sebesar itu? Kebanyakan orang pasti mau dong! Pertanyaannya, apa semua orang bisa jadi data scientist?

Jawaban gampangnya, siapa pun bisa! Kalau mau belajar, tentunya. Salah satunya, kamu bisa belajar gratis dari pakar AWS (Amazon Web Services). Daftar kelas-kelasnya di halaman ini. Ada banyak pilihan kelas yang bisa kamu ikuti untuk mulai karier di bidang data.

Kalau kamu masih perlu tau lebih lanjut tentang pekerjaan ini, lanjut baca sampai selesai. goKampus kasih semuanya di artikel ini. Kita mulai dari pertanyaan dasarnya dulu, “Apa itu data science?”. 

Apa Itu Data Science?

Data science atau ilmu data adalah bidang studi yang menggunakan metode, proses, algoritme, dan sistem ilmiah untuk mengekstrak atau mengekstrapolasi pengetahuan dan wawasan dari data dalam jumlah besar, terstruktur (maupun tidak terstruktur), dan menerapkan pengetahuan yang dihasilkannya ke berbagai hal.

Itu penjelasan teknisnya. Penjelasan sederhananya, data science merupakan ilmu tentang pengolahan data untuk menghasilkan keputusan yang tepat. Penggunaannya pun luas, tapi yang paling umum dalam menentukan keputusan bisnis.

Misal, Gojek atau Grab yang sektor operasinya merupakan transportasi. Namun, mereka bukan perusahaan transportasi, melainkan perusahaan data. Di era digital ini, tentunya, data sangat penting, bergerak sangat cepat, dan non-stop. Kamu tau cryptocurrency

Data harga aset crypto itu mengalir secara real-time dan tanpa henti, bukan? Maksudnya begini, kamu bisa beli aset crypto tiap detik dengan harga berbeda. Kamu juga bisa membelinya terus-menerus kapan pun karena market crypto buka 24 jam sehari selama 7 hari per-minggu (24/7). Data memang seberharga itu. Sampai data dikenal juga sebagai “new oil”. 

Mulai Karier di Bidang Data

Ada banyak pilihan karier di bidang data, seperti:

  • data engineer,
  • data analyst, dan 
  • data scientist.

Ketiganya merupakan pekerjaan atau posisi kerja paling umum di bidang data. Di artikel ini, kita khusus membahas data scientist saja. Posisi ini bisa kita bilang sebagai posisi senior dibandingkan dengan 2 posisi lainnya.

Untuk bisa berkarier sebagai data scientist, kamu juga perlu punya keahlian di bidang machine learning dan analisis atau statistika. Kamu juga bisa belajar gratis untuk kedua bidang itu:

Selain itu, kamu juga perlu belajar tentang data pipeline karena penting untuk mengelola informasi di perusahaan. “Apa itu data pipeline?” Begitu bukan pertanyaannya. Secara teknis, data pipeline adalah kumpulan elemen pemrosesan data yang terhubung secara seri, di mana output dari satu elemen adalah input dari elemen berikutnya. Gampangnya, data mentah yang sudah diolah bisa menjadi data mentah untuk hal lainnya.

Biar lebih mengerti, kita bisa membayangkan air sebagai data mentah dan data pipeline ibarat mesin penyaring air. Air yang sudah diolah dan menjadi bersih itu disalurkan ke rumah-rumah. Misal, Si A langsung menggunakan air itu untuk mandi karena sudah bersih. Lalu, ada Si B yang ternyata merebus atau mengolah kembali air bersih itu untuk menyeduh kopi.

Kamu bisa mendalaminya lebih lanjut dengan belajar gratis di kelas AWS ini. Ayo mulai kariermu sebagai data scientist bersama goKampus. #LearnBetterGoFaster

Data Scientist, Peluang Kerja Bergaji Ratusan Juta