Dua Perpustakaan Terbesar di Dunia, Koleksinya Tak Ternilai

26 Oktober 2022

Kalau membicarakan belajar gratis, perpustakaan adalah salah satu yang ada di pikiran. Ngomong-ngomong, kamu tau gak, Indonesia punya perpustakaan tertinggi di dunia? Dengan tinggi bangunan mencapai 126,3 meter, gedung Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) di Jakarta disebut sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia. 

Jangkung sih, tapi dengan koleksi sekitar 5 juta buku, perpustakaan kebanggaan Indonesia ini masih kalah jauh dibanding perpustakaan terbesar di dunia. Ada dua perpustakaan yang bisa kita bilang merupakan yang terbesar di dunia, jika kita coba menilainya dari jumlah koleksi item yang mereka miliki.

Susah membandingkan keduanya karena enggak ada angka pasti soal jumlah koleksi mereka, tapi angkanya memang tak beda jauh. Koleksi kedua perpustakaan ini juga jauh melebihi perpustakaan terbesar ketiga yaitu Shanghai Library di Cina. Yuk langsung saja kita bahas dua perpustakaan terbesar di dunia.

Belajar gratis di GOKAMPUS. Ada ratusan kelas dari perusahaan terbaik dunia loh! Cek di sini

Library of Congress

Dalam situs resminya, Library of Congress menyatakan bahwa mereka adalah perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan yang terletak di kota Washington DC ini didirikan pada tahun 1800 dan merupakan institusi budaya federal terbesar di negeri Paman Sam. Mereka mengklaim punya 170 juta item koleksi. 

Kok bisa sih, perpustakaan yang sempat dibakar pada 1814 ini memiliki koleksi sebanyak itu? Pada 1987, koleksi Library of Congress “hanya” 85,5 juta item. Semua itu berubah ketika Presiden Ronald Reagan mengangkat sejarawan James H. Billington sebagai pustakawan di sana. 

Pada kepemimpinan Billington, koleksi perpustakaan naik dua kali lipat hanya dalam waktu nyaris tiga dekade. Bagaimana enggak naiknya cepat, setiap hari kerja, Library of Congress menerima lebih dari 15 ribu item baru dan menambah sekitar 10 ribu item pada koleksinya.

Benda-benda ini didapat melalui deposit hak cipta, pembelian, hadiah, dari instansi pemerintah lainnya, serta pertukaran dengan perpustakaan lain di seluruh dunia.

Dalam 170 juta item koleksi Library of Congress, ada 32 juta buku dan 61 juta manuskrip yang ditulis dalam 470 bahasa. Selain buku, ada 500 ribu mikrofilm, 140 ribu komik, 1,9 juta gambar bergerak, 5,3 juta peta, 6 juta lembaran musik, 3 juta rekaman suara, serta 14,7 juta foto.

Salah satu item terpenting pada Library of Congress adalah draf kasar dari Declaration of Independence (Naskah Proklamasi-nya AS).

British Library

British Library adalah perpustakaan nasional Kerajaan Inggris, berada di bawah naungan Department for Digital, Culture, Media and Sport. Seperti Library of Congress, British Library juga punya koleksi yang jauh melebihi koleksi perpustakaan raksasa dunia lainnya. Koleksi British Library mencapai 170-200 juta item.

Bagaimana enggak banyak, British Library menyimpan kopi dari seluruh buku yang diproduksi di Kerajaan Inggris dan Irlandia, juga sebagian besar buku dari luar negeri yang dijual di Inggris.

Pencapaian British Library dengan 170 juta lebih item terbilang lebih keren dari Library of Congress. Sebab, British Library baru dibangun pada 1 Juli 1973, hampir dua abad setelah saingannya dari AS itu.

Item-item penting pada perpustakaan yang berlokasi di London ini adalah berbagai donasi dan akuisisi berbagai barang dari abad ke-19, termasuk buku-buku dan manuskrip dari tokoh-tokoh penting dalam sejarah Kerajaan Inggris seperti Sir Robert Cotton, Sir Hans Sloane, Robert Harley, Raja George III, dan Raja George II.

Belajar ratusan kelas GRATIS dari perusahaan terbaik dunia. Daftar sekarang!

Berbagai manuskrip dari tokoh-tokoh sastra populer Inggris juga ada di British Library, termasuk Lewis Carroll, Charles Dicken, Sir Arthur Conan Doyle, Hans Christian Andersen, Ian Fleming, Tolkien, dan Thomas Malory. Perpustakaan ini juga menyimpan manuskrip asli dari musik karya Johann Sebastian Bach, Claude Debussy, Johannes Brahm, dan Wolfgang Amadeus Mozart.

Selain itu, British Library juga menyimpan berbagai surat, buku harian, catatan, dan manuskrip lainnya dari tokoh-tokoh terkenal seperti Marie Antoinette, Winston Churchill, Benjamin Franklin, Sigmund Freud, Galileo, Mahatma Gandhi, Abraham Lincoln, George Washington, Martin Luther, Sir Isaac Newton, Friedrich Nietzsche, bahkan mereka yang notabene musuh Inggris pada Perang Dunia II seperti Benito Mussolini dan Adolf Hitler.

Luar biasa banget ya, koleksi kedua perpustakaan ini. Inilah bagian dari fungsi utama perpustakaan sebagai tempat menyimpan warisan dunia. Tentunya, perpustakaan menjadi tempat belajar gratis dari banyak para pemikir, ilmuwan, dan semua orang yang berbagi pengetahuan. Sama seperti perpustakaan, GOKAMPUS juga menyediakan ratusan kelas GRATIS dari perusahaan terbaik dunia. Daftar kelas-kelasnya di sini.

Dua Perpustakaan Terbesar di Dunia, Koleksinya Tak Ternilai