Etika Lingkungan Hidup, Solusi Hidup Selaras dengan Alam

22 November 2022

Ternyata, etika nggak hanya ada dalam kehidupan sosial, tapi lingkungan hidup. Hal itu penting diikuti agar kita dan generasi selanjutnya bisa lebih tenang menjalani hidup di planet ini. Yuk, kita bahas lebih lanjut soal etika lingkungan hidup.

Etika lingkungan hidup adalah refleksi kritis tentang norma dan nilai, atau prinsip moral yang dikenal umum selama ini dalam kaitannya dengan lingkungan hidup. Ini juga mencakup refleksi kritis tentang cara pandang manusia tentang manusia, alam, dan hubungan antara manusia dan alam serta perilaku yang bersumber dari cara pandang ini. 

Pelajari juga: Etika Berkomunikasi di Era Digital

Dari refleksi kritis ini, kita bisa menawarkan cara pandang dan perilaku baru yang dianggap lebih tepat dalam rangka menyelamatkan krisis lingkungan hidup. 

Misalnya, kamu mulai berpikir bahwa dengan naik kendaraan bermotor setiap hari ke kampus, kamu turut serta “menyumbang” polusi yang merusak lingkungan. Dengan kesadaran diri, mulai besok kamu ke kampus dengan menggowes sepeda. Kesadaran diri kamu bisa tercapai berkat adanya etika lingkungan hidup.

Kesimpulannya, etika lingkungan hidup merupakan petunjuk manusia dalam mengusahakan terwujudnya moral lingkungan. Dengan etika lingkungan, kita tidak saja mengimbangi hak dan kewajiban terhadap lingkungan, tetapi juga membatasi perilaku, tingkah laku dan upaya untuk mengendalikan berbagai kegiatan agar tetap berada dalam batas kewajaran lingkungan hidup. 

Jadi, etika lingkungan diperlukan agar setiap kegiatan yang menyangkut lingkungan dipertimbangkan secara cermat sehingga keseimbangan lingkungan tetap terjaga. Dengan adanya etika, orang dapat mengenal dan memahami nilai dan norma-norma yang membimbing perilaku proses individual dan sosial terhadap alam dan lingkungan hidupnya. 

Pelajari juga: Pentingnya Work-Life Balance dan Tips Mencapainya

Di samping itu, etika lingkungan tidak hanya berbicara mengenai perilaku manusia terhadap alam, namun juga mengenai relasi antara manusia dengan manusia yang mempunyai dampak pada alam.

Prinsip etika lingkungan hidup yang bisa kamu ikuti

  • Prinsip sikap hormat terhadap alam
    Prinsip ini merupakan suatu prinsip dasar bagi manusia sebagai bagian dari alam semesta seluruhnya.
  • Prinsip tanggung jawab
    Tanggung jawab yang bersifat individu maupun kolektif yang menuntut manusia untuk mengambil prakarsa, usaha, kebijakan dan tindakan bersama secara nyata untuk menjaga alam semesta dengan isinya.
  • Prinsip solidaritas kosmis
    Prinsip ini membangkitkan rasa solider, perasaan sepenanggungan dengan alam dan dengan makhluk hidup lainnya sehingga mendorong manusia untuk menyelamatkan lingkungan.
  • Prinsip kasih sayang dan kepedulian terhadap alam
    Contohnya: Menanam bibit pohon dan memeliharanya dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan.
  • Prinsip “No Harm”
    Prinsip ini merupakan prinsip tidak merugikan alam secara tidak perlu. Contohnya, saat menangkap ikan tidak menggunakan bom/pukat harimau.
  • Prinsip hidup sederhana dan selaras dengan alam
    Contohnya, tidak berlebihan dalam menggunakan sumber daya alam dan mengurangi menggunakan alat-alat yang dapat merusak lingkungan.
  • Prinsip keadilan
    Manusia harus berperilaku adil terhadap yang lain dalam keterkaitan dengan alam semesta juga tentang sistem sosial yang harus diatur agar berdampak positif bagi kelestarian lingkungan hidup.
  • Prinsip demokrasi
    Contoh : memperhatikan lingkungan sekitar, baik berupa multikulturalisme, diversifikasi pola tanam, dan diversifikasi pola makan.
  • Prinsip integritas moral
    Prinsip ini menuntut pejabat publik agar mempunyai sikap dan perilaku moral yang terhormat serta memegang teguh untuk mengamankan kepentingan publik yang terkait dengan sumber daya alam.

Itulah etika lingkungan hidup dan prinsip, serta contohnya yang bisa kamu ikuti. Yuk, peduli lingkungan mulai dari diri kita sendiri, sebab perbuatan kecil akan menjadi berarti jika dilakukan banyak orang. Untuk artikel lainnya mengenai Lingkungan Hidup, kamu bisa jelajahi goKampus!

Kamu bisa belajar gratis kelas-kelas pengembangan diri bersama perusahan-perusahaan seperti Glints, Hacktiv8, Merry Riana Group, Mindtera, dan SIP Institute.

Etika Lingkungan Hidup, Solusi Hidup Selaras dengan Alam