gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Gak Jadi Guru Aja! Simak Prospek Kerja Sastra Inggris!

prospek kerja sastra inggris – Seperti yang kamu tau bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa Internasional yang bisa dipake di puluhan negara di dunia, menarik bukan? Apalagi khususnya di era digital saat ini, kesempatan kamu buat bisa menggunakan bahasa Inggris semakin banyak nih.

Contohnya saja melalui media sosial, dimana kamu sekarang bisa mengobrol di media sosial dengan orang-orang dari berbagai negara dengan menggunakan bahasa Inggris. Bisa kebayang kan betapa beruntungnya nih kalau kamu pintar berbahasa Inggris.

Di Indonesia sendiri, peluang dan prospek kerja sastra Inggris sangat terbuka lebar nih untuk di beberapa jenis pekerjaan. Ada yang berencana untuk melanjutkan pekerjaan di pemerintahan bahkan ingin mengambil kesempatan bekerja di luar negeri. Wah, kita lihat yuk 12 prospek kerja sastra Inggris di Indonesia!

1. Translator/Penerjemah

Prospek kerja sastra Inggris yang pertama adalah bekerja menjadi translator atau yang sering dikenal sebagai penerjemah. Tentunya penerjemah ini menjadi populer di kalangan lulusan bahasa Inggris karena peluang kerjanya banyak banget loh.

Kamu bisa mengambil kerja full time atau menjadi freelance untuk menerjemahkan beberapa bidang seperti menerjemahkan novel, buku, tulisan, dan masih banyak lagi

2. Interpreter

Prospek kerja sastra Inggris yang kedua adalah bekerja menjadi seorang interpreter. Pekerjaan ini juga cocok untuk peluang kerja lulusan sastra inggris yang suka menerjemahkan bahasa. Walaupun bertugas mirip dengan seorang translator, namun pekerjaan Interpreter berbeda dalam penyampaiannya. 

Interpreter bertugas menerjemahkan bahasa inggris secara lisan dan langsung tanpa menulisnya. Sehingga, seorang interpreter harus berkonsentrasi tinggi dalam menerjemahkan orang yang berbicara. Interpreter sering digunakan saat pertemuan antar negara dunia dengan berlatar belakang bahasa yang berbeda. 

3. Blogger

Nah, buat kamu mahasiswa lulusan sastra Inggris, ada prospek kerja sastra Inggris yang menarik dan cocok banget untuk jadi uang jajan tambahan nih guys yaitu bekerja menjadi seorang blogger. Pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang memiliki hobi suka menulis dan ingin banyak uang, gak ada salahnya jika mencoba menjadi blogger.

Kamu bisa memilih topik blog dalam bahasa inggris yang tentunya akan dibaca oleh seluruh orang dari seluruh dunia. Banyak banget loh blog/website yang menghasilkan uang dari internet seperti Huffington Post ($14 juta /bulan), TechCrunch ($2,5 juta /bulan), Mashable ($2 juta /bulan), dan masih banyak lagi. Akan tetapi untuk menjadi seorang blogger tidaklah mudah, karena diperlukan kesabaran dan kerja keras untuk mendapatkan banyak pengunjung.

4. Freelance Writer

Prospek kerja sastra Inggris yang selanjutnya adalah menjadi seorang Freelance Writer tau yang biasa dikenal sebagai penulis lepas. Pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang mau bekerja gak terkait dengan waktu dan bisa bekerja dimanapun.

Terlebih lagi bahasa inggris banyak digunakan di seluruh dunia sehingga tidak heran Freelance Writer menjadi prospek dan peluang kerja lulusan sastra inggris yang menarik.Freelance writer dapat bertugas menulis suatu majalah atau suatu publikasi online melalui situs penyalur freelance seperti UpWork, Freelancer, Indeed, dan masih banyak lagi.

5. Dosen/Guru/Pengajar

Prospek kerja sastra Inggris selanjutnya adalah menjadi seorang dosen/guru/pengajar di Indonesia nih. Tentunya menjadi tenaga pengajar atau dosen akan membuat kamu senang loh khususnya kalau kamu tertarik banget di bidang pendidikan.

Walaupun di Indonesia sekarang, pengajar masih mempunyai gaji kecil dibanding negara maju, suatu saat nanti pasti pengajar akan mendapatkan gaji yang besar.

6. Ahli Bahasa

Prospek kerja sastra Inggris yang berikutnya adalah kamu bisa menjadi seorang ahli bahasa, dimana sebagai seorang mahasiswa lulusan sastra Inggris, tentu kamu memiliki peluang yang besar untuk bisa menjadi ahli bahasa. Ahli bahasa di sini berbeda dengan penerjemah, karena ahli bahasa bertugas dalam mempelajari dan meneliti tentang bahasa, terutama bahasa asing inggris.

7. Organisasi dan Lembaga Internasional

Prospek kerja sastra Inggris yang selanjutnya adalah bekerja di organisasi dan lembaga internasional.Banyak sekali lembaga maupun organisasi internasional yang membutuhkan lulusan sastra inggris dalam pekerjaannya.

Lembaga internasional tersebut tentunya menangani berbagai masalah yang ada di dunia. Contoh dari lembaga internasional tersebut antara lain ASEAN, WHO yang menangani kesehatan, UNESCO yang menangani pendidikan, dan masih banyak lagi.

8. Diplomat

Prospek kerja lulusan sastra Inggris selanjutnya adalah bekerja menjadi diplomat. Nah, bukan hal yang gak mungkin loh kalau kamu mahasiswa lulusan sastra Inggris dan memiliki kesempatan untuk bisa bekerja menjadi seorang diplomat.

Tugas seorang diplomat adalah mewakili suatu negara untuk melakukan diplomasi atau mewakili negara di suatu negara dalam suatu pertemuan. Seorang diplomat harus mampu melakukan negosiasi yang terbaik sehingga negara yang diwakilkan dapat memperoleh keuntungan. Gimana? Tertarik gak untuk melanjutkan pekerjaan jadi diplomat?

9. Editor

Prospek kerja sastra Inggris yang selanjutnya adalah menjadi seorang editor. Dimana, sebagai seorang editor atau yang biasa disebut dengan penyunting merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan loh bagi lulusan sastra Inggris.

Penyunting bahasa inggris berperan dalam membaca dan menilai naskah, kemudian mengedit, serta mengoreksi tulisan dalam bahasa inggris. Editor di sini dapat berupa editor majalah, editor buku, editor artikel website, dan masih banyak lagi.

10. Tour Guide

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi seorang tour guide. Dimana seorang tour guide atau yang sering disebut sebagai pemandu wisata terkenal semakin populer nih di kalangan mahasiswa lulusan bahasa Inggris.

Apalagi semakin banyak bermunculan tempat wisata yang tentunya mendatangkan orang asing yang membutuhkan penjelasan mengenai wisata tersebut dalam bahasa inggris yang mudah dipahami. Kamu juga dapat bekerja secara part-time untuk menjadi seorang tour guide di tempat wisata.

11. Karyawan kantoran

Prospek kerja yang selanjutnya adalah menjadi karyawan kantoran. Dimana perusahaan tentunya akan membuka peluang dan kesempatan kerja yang lebar bagi para lulusan sastra Inggris untuk bekerja di perusahaan. Perusahaan tentunya akan melibatkan pihak dan perusahaan lain dalam skala internasional yang membutuhkan komunikasi dalam bahasa inggris.

12. Public Relations

Prospek kerja yang selanjutnya adalah kamu bisa bekerja menjadi seorang public relation meskipun memang pekerjaan ini cenderung merupakan prospek kerja dari ilmu komunikasi

Public relation berperan dalam mengurus dan mengkoordinasi semua hal yang berkaitan dengan komunikasi, baik di dalam maupun luar dari suatu perusahaan. Kemampuan bahasa inggris dan kecakapan berkomunikasi tentu menjadi nilai tambah untuk bekerja sebagai seorang public relation.

Nah, gimana nih penjelasan mengenai prospek kerja sastra Inggris diatas? Yakin masih ragu-ragu untuk kuliah di jurusan sastra Inggris? Kunjungi halaman ini untuk mencari informasi lebih lanjut ya. 

Konsultasikan juga semua kebutuhan perkuliahanmu dengan goKampus, semua masalah perkuliahanmu akan diurusin sampai beres! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-