Informasi Beasiswa S1 goKampus
Tips Mahasiswa

Simak Informasi Beasiswa S1 Tahun 2021/2022

Yang namanya beasiswa emang selalu menarik untuk seluruh pelajar di Indonesia nih, mulai dari informasi beasiswa S1 hingga beasiswa S3 apa saja penawaran yang ada di setiap tahunnya. Yang perlu kamu tau, sebenarnya banyak banget loh informasi beasiswa S1 yang perlu kamu tau khususnya kalau kamu adalah angkatan kelas 11/12 SMA nih. Ada apa aja ya penawaran programnya beasiswa yang ada? Cek artikel ini yuk!

1. Beasiswa KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah sebenarnya cukup berbeda dengan beasiswa pada umumnya loh karena tujuan dari KIP kuliah ini adalah untuk memberikan apresiasi untuk mahasiswa berprestasi. Nah, program KIP kuliah ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk para pelajar SMA/SMK. Jadi, hampir mirip dengan beasiswa yang juga memberikan potongan biaya.

Pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri kamu bisa ikuti secara online melalui situs resmi. Penerima KIP Kuliah juga menggratiskan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi serta seleksi lain. Penerima KIP Kuliah juga bebas biaya kuliah dan mendapat bantuan biaya hidup yang sesuai dengan indeks harga lokal di wilayah universitas.

2. Beasiswa Bidikmisi

Salah satu informasi beasiswa S1 yang selalu menjadi incaran para pelajar di Indonesia adalah beasiswa bidikmisi. Program bidikmisi ini adalah bentuk beasiswa dengan memberikan bantuan biaya pendidikan kepada para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tertentu. Program bidikmisi ini berlangsung setiap tahunnya, namun kamu harus melalui tahap seleksi yang cukup ketat agar bisa berhasil mendapatkan beasiswa ini.

Kalau kamu berhasil mendapatkan beasiswa bidikmisi, maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan loh guys seperti seluruh biaya pendidikan gratis, jadi kamu gak perlu bayar uang kuliah per-semester. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan uang saku secara gratis juga guys. Pastinya akan sangat sayang kan kalau kamu gak bisa mengikuti program ini karena ketinggalan informasi tentang persyaratan dan pendaftarannya. Cek proses pendaftaran Bidikmisi yuk:

  • Siswa bisa melakukan pendaftaran secara mandiri di web sistem Bidikmisi kuliah di website resmi atau melalui KIP kuliah mobile apps.
  • Peserta harus melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP kuliah.
  • Jika proses validasi berhasil, sistem KIP kuliah selanjutkan akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email terdaftar.
  • Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP kuliah dan memilih proses seleksi (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  • Bagi calon penerima KIP-Kuliah yang punya pernyataan telah diterima di Perguruan Tinggi bisa melakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum menjadi calon mahasiswa penerima KIP-kuliah.

3. Beasiswa Unggulan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) kembali membuka pendaftaran beasiswa S1 yaitu beasiswa unggulan 2021 nih guys. Beasiswa Unggulan dari pemerintah ini merupakan salah satu beasiswa yang selalu menarik minat para pelajar di Indonesia.

Beasiswa Unggulan Kemendikbud mencakup pembiayaan pendidikan sesuai dengan jenjang yang kamu tempuh. Untuk kuliah S1, kamu menerima beasiswa kementerian ini selama delapan semester. Sedangkan untuk kuliah S2 dan S3, pencairan beasiswa selama masing-masing empat semester dan enam semester. Salah satu persyaratan pendaftaran beasiswa unggulan dari Kemendikbud untuk S1 adalah:

  • Usia maksimal 22 tahun.
  • Sudah diterima sebagai mahasiswa.
  • Mahasiswa on-going maksimal semester 3 saat mendaftar.
  • Mahasiswa on-going IPK minimal 3.25.

Jadi, kamu harus tetap melanjutkan kuliah dulu ya untuk bisa mendapatkan berbagai beasiswa ini guys. Buat kamu yang masih ragu-ragu untuk memilih jurusan dan kuliah yang cocok buat kamu, daftar aja pake aplikasi goKampus! Tinggal upload rapor, 1 jam diterima!

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *