gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Ini Jenis Soal Tes Potensi Skolastik agar Sukses UTBK

.
Bagikan

Beberapa minggu lagi, tepatnya 17 Mei nanti, pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 untuk gelombang pertama akan dimulai, loh. Salah satu materi yang termasuk dalam UTBK ialah Tes Potensi Skolastik (TPS). Ayo, kamu sudah siap belum dengan tes yang satu ini? Yuk, mengenal lebih dalam fungsi dan jenis-jenis soal Tes Potensi Skolastik ini agar kamu berhasil melalui UTBK nanti!

Fungsi Soal Tes Potensi Skolastik 

Tes Potensi Skolastik, mengutip dari Tribunnews merupakan tes untuk mengevaluasi kemampuan kognitif kamu. Kemampuan yang akan diuji di antaranya penalaran umum, pengetahuan umum, kemampuan memahami teks/bacaan dan menulis, serta kemampuan kuantitatif yang meliputi pengetahuan mengenai matematika dasar nih, guys. Jadi, fungsi dari soal Tes Potensi Skolastik ini ialah untuk menilai apakah kamu sudah cukup mampu untuk menjadi mahasiswa yang dapat menganalisis dan berpikir logis. 

Apa Bedanya TPS dan TPA?

Mengutip dari Kompas.com, Tes Potensi Akademik (TPA) adalah tes untuk menilai pengetahuan mengenai ilmu yang kita pelajari saat di sekolah. TPA menilai kemampuan kita yang berhubungan dengan pelajaran atau intelektual, sedangkan TPS merupakan tes untuk mengevaluasi kemampuan kognitif yang kita perlukan sebagai mahasiswa nanti. 

Jenis Soal TPS yang Perlu Kamu Persiapkan

Ada 4 pembagian untuk soal Tes Potensi Skolastik. Berikut pembagian subtes yang perlu kamu ketahui dan persiapkan!

1. Penalaran umum

Salah satu soal Tes Potensi Skolastik adalah tes penalaran umum. Untuk tes penalaran umum meliputi 3 subtopik. Pertama, kesesuaian pernyataan yang mana kamu harus memahami isi tabel, teks, grafik maupun diagram sesuai dengan konteks pada teks. Kedua, simpulan logis yang mana kamu harus membuat kesimpulan logis yang mungkin terjadi berdasarkan teks. Ketiga, penalaran analitik. Pada bagian ini, kamu harus menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang tersedia.

2. Pengetahuan dan pemahaman umum

Untuk jenis tes ini, ada 4 jenis soal dengan 2 jenis soal dalam Bahasa Inggris dan ada 2 jenis soal lainnya dalam Bahasa Indonesia. Pada soal Bahasa Inggris, kamu wajib untuk memahami inti bacaan dan membuat kesimpulan berdasarkan pada informasi di sebuah teks. Sementara itu, untuk soal Bahasa Indonesia, kamu akan menghadapi berbagai soal tentang ide pokok, kelebihan, kelemahan paragraf, simpulan, penulisan kata, hubungannya antar paragraf, makna kata, tanda baca, kata ganti, konjungsi, dan kalimat efektif.

3. Memahami bacaan dan menulis

Soal TPS UTBK untuk bagian ini terdiri dari 2 topik, yaitu pemahaman isi bacaan atau kemampuanmu untuk membaca dan memahami teks secara utuh dan penalaran kebahasaan yang mana kamu perlu memahami kaidah penulisan dalam Bahasa Indonesia secara baik dan benar.

4. Kemampuan kuantitatif

Ada 4 jenis soal TPA, yaitu pilihan ganda (berlaku untuk soal logika dasar atau matematika level dasar), pertanyaan dengan 4 informasi pilihan dan pertanyaan dengan 2 informasi yang mana kamu wajib menganalisis informasi (analisis kecukupan data) untuk menjawab pertanyaan. Selain itu, ada analisis perbandingan 2 nilai. Pada bagian ini, kamu harus menentukan hubungan antara kedua variabel tersebut dan mencari nilai salah satu variabel berdasarkan variabel yang lainnya.

Baca Juga: Tes Bakat Itu Apa Saja? Yuk, Cek Jenis-jenisnya!

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja fungsi dan seperti apa kira-kira jenis soal Tes Potensi Skolastik? UTBK 2022 sebentar lagi, jadi jangan lupa persiapkan dirimu, ya! By the way, buat kamu yang masih belum yakin dengan jurusan kuliah dan ingin mencari tahu passion atau karier yang sesuai, cobain tes minat dan bakat dari goKampus saja! Kamu bisa cobain tesnya secara gratis di sini!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-