Bagikan
scoll top
 
goKampus

Inilah Beragam Manfaat Media Sosial, Gak Selalu Buruk

.
Bagikan

Saat ini, semua informasi dapat kamu temukan dengan mudah dan cepat melalui social media. Misalnya, melalui Twitter, kamu bisa mendapatkan informasi terkini dalam hitungan detik. Bahkan, kamu dapat melihat hal-hal yang lagi trending di dunia saat itu juga. Itulah salah satu manfaat media sosial untuk kehidupan kita.

Sejak awal muncul, media sosial memiliki pro dan kontra. Social media bisa merugikan dan berdampak negatif jika kamu menyalahgunakannya. Sebaliknya, media sosial akan memiliki banyak manfaat kalau kamu bijak menggunakannya. Nah, bertepatan dengan World Social Media Day atau Hari Media Sosial Sedunia yang jatuh setiap 30 Juni, goKampus akan bahas beragam manfaat media sosial.

Apa Saja Manfaat Media Sosial?

Mengutip dari website New York Times, setidaknya ada empat hal penting yang dapat kita lakukan melalui media sosial, seperti mencari dan menemukan berbagai ide dan tren terkini, terhubung lebih dekat dengan para pengguna, mendapatkan perhatian dan traffic, hingga membangun dan meningkatkan brand milikmu sendiri.

Jika kamu bisa memaksimalkan penggunaan media sosial di kehidupan sehari-hari, mengutip dari Gramedia, maka kamu akan mendapatkan manfaat berikut ini!

1. Mengasah dan meningkatkan kemampuan

Salah satu manfaat media sosial adalah dapat menjadi sarana belajar yang mudah, praktis, dan dapat diakses setiap waktu. Melalui media sosial, kamu dapat berbagi serta mendapat berbagai konten dan informasi yang edukatif. Belajar melalui media sosial bisa dengan berbagai cara, seperti membaca artikel, berdiskusi dengan pengguna media sosial yang ahli pada bidang-bidang tertentu, menonton video tutorial, hingga mengikuti akun-akun yang edukatif.

2. Menyimpan data dan dokumentasi

Media sosial dapat menjadi sarana komunikasi dan menyimpan atau mendokumentasikan berbagai konten, baik berbentuk foto, video, Selain untuk menyebaluaskan informasi, seluruh dokumentasi di media sosial bisa berguna sebagai pengingat atau kenang-kenangan.

3. Menyusun strategi dan evaluasi

Melalui media sosial, kamu juga dapat menentukan dan menyusun strategi pemasaran. Tujuannya adalah sebagai sarana promosi konten atau brand tertentu agar menarik perhatian lebih banyak pengguna. Dengan begitu, konten yang kamu unggah dapat publik atau audiens kenali. Selanjutnya, melalui media sosial, kamu juga bisa mendapatkan respons atau tanggapan dari followers atau audiens. Respons tersebut berguna untuk bahan evaluasi.

Meski melalui media sosial kita dapat membagikan informasi seluas-luasnya tanpa batas, namun gak semua informasi tersebut bisa kamu bagikan. Kamu juga harus bijak dan bertanggung jawab mengolah informasi. Tentu kamu gak mau kan terjerumus ke hal negatif dan merugikan diri sendiri serta orang lain karena gak bijak menggunakan media sosial?

Baca Juga: Strategi Social Media Marketing yang Jitu dan Efektif

So, itulah beragam manfaat media sosial yang perlu kamu ketahui. Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Pekerjaan yang berhubungan dengan social media memang terus berkembang. Sambil mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja atau upgrade skill yang sesuai kebutuhan industri, kamu bisa ambil kelas Social Media Marketing di sini.

Mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-