Bagikan
scoll top
 
goKampus

Intip 8 Prospek Kerja Jurusan Oseanografi

.
Bagikan

Memilih dan mempertimbangkan jurusan kuliah adalah hal yang wajib dilakukan kalau kamu udah kelas 12 semester akhir nih guys. Ini adalah saat-saatnya kamu sibuk melakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai program studi yang ada di Indonesia, mulai dari jurusan yang sudah familiar seperti manajemen, ilmu komunikasi, hukum, hingga jurusan-jurusan yang jarang terdengar seperti jurusan oseanografi nih.

Jurusan oseanografi di Indonesia bisa dibilang sangat langka loh, hanya ada di dua kampus aja tapi kalau di luar negeri, mahasiswa lulusan jurusan ini sangat dicari oleh banyak perusahaan. Penasaran belajar apa aja? Kulik lebih lanjut soal jurusan oseanografi yuk!

Jurusan oseanografi adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena laut yang kemudian bisa diaplikasikan ke banyak bidang misalnya seperti lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Kalau kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan belajar untuk memprediksi fenomena-fenomena tentang laut misalnya seperti gelombang tinggi, tenggelamnya pulau kecil, tsunami, dan lain sebagainya. 

Jurusan oseanografi juga berbeda dengan jurusan kelautan ya, kalau jurusan oseanografi lebih eksploratif dan mendalami berbagai fenomena laut yang kemudian bisa diaplikasikan ke berbagai macam bidang seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana.

Sedangkan, kalau jurusan kelautan lebih banyak mempelajari ilmu dasar dan teori yang dikaitkan dengan kelautan, seperti biota dan sumber dayanya, sehingga jurusan kelautan sering dikaitkan dengan topik perikanan dan dikenal dengan jurusan ilmu kelautan dan perikanan. 

Meskipun jurusan ini masih sedikit di Indonesia, tapi ada kemungkinan di masa depan lulusan jurusan ini akan menjadi salah satu jurusan bergengsi di Indonesia loh.

Sekitar 70% permukaan bumi adalah laut, sehingga jurusan ini akan memiliki peran yang penting. Kalau kamu memilih untuk masuk ke jurusan oseanografi, kamu akan mendapatkan beberapa mata pelajaran IPA, seperti kalkulus, fisika, matematika, kimia, meteorologi umum, mekanika, komputer, dan lain sebagainya.

Sebagai mahasiswa lulusan jurusan oseanografi, ada beberapa peluang pekerjaan di dunia yang bisa kamu ambil loh. Mulai dari yang bergerak di bidang lingkungan hingga menjadi tenaga pengajar atau dosen. Simak 8 peluang kerja mahasiswa lulusan jurusan oseanografi yuk!

1. Metocean Engineer

Prospek kerja oseanografi yang pertama adalah menjadi metocean engineer. Profesi yang satu ini akan menjadi profesi impian untuk mereka yang suka bekerja dengan tantangan. Biasanya profesi ini sangat penting dan dibutuhkan oleh perusahaan minyak bumi dan gas. Kalau kamu bekerja menjadi metocean engineer, kamu akan diberikan tanggungjawab untuk meneliti dan mengambil data di laut. Data yang diambil contohnya adalah angin laut, gelombang, fenomena, dan lain sebagainya.

Nantinya data yang dikelola oleh seorang metocean engineer akan bermanfaat bagi engineer lainnya. Analisis data ini juga bisa berguna untuk memudahkan pengambilan keputusan sesuai dengan cuaca serta kondisi laut. Kalau kamu bekerja di bidang ini, gaji yang bisa kamu dapatkan mencapai Rp 6,500,000 hingga Rp 9,000,000.

2. Ahli Ekologi

Kalau kamu bekerja sebagai ahli ekologi, kamu akan bekerja penuh di bidang makhluk hidup beserta dengan ekosistemnya. Kamu bisa menjadi ilmuwan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Ahli ekologi juga berperan untuk mengidentifikasi jika terjadi masalah pada suatu ekosistem. Kalau kamu bekerja menjadi ahli ekologi, kamu akan mendapatkan gaji sekitar Rp 5,000,000 hingga Rp 8,000,000 dan akan berkembang seiring dengan kualitas pekerjaanmu.

3. Konsultan Lingkungan

Profesi selanjutnya adalah kamu bisa bekerja menjadi seorang konsultan lingkungan. Kamu akan bertanggung jawab untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi kerusakan di lingkungan bumi ini. Kamu harus terus mencari solusi untuk meminimalisir kerusakan lingkungan. Kisaran gaji yang akan didapatkan adalah sekitar Rp 6,000,000 hingga Rp 10,000,000.

4. Dosen atau tenaga pengajar

Kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang kamu dapatkan dengan menjadi seorang akademisi. Namun, bekerja menjadi seorang dosen atau tenaga pengajar gak bisa sembarangan. Kamu harus menempuh pendidikan lanjutan S2 dulu untuk bisa mendapatkan gelar master, setelah itu baru kamu bisa berbagai ilmu kepada banyak orang ya.

5. Teknik Kelautan

Peluang atau prospek kerja oseanografi adalah kamu bisa bekerja menjadi teknik kelautan. Di mana profesi ini memiliki tugas penting untuk membuat desain, mengembangkan, sekaligus bertanggung jawab dalam dunia perkapalan. Kamu akan sering berkutat di mesin penggerak hingga sumber daya listrik yang digunakan di kapal.

Kisaran gaji yang akan kamu dapatkan di profesi ini kira-kira sekitar Rp 4,000,000 hingga Rp 7,000,000.

Baca Juga: Keren Nih! Intip 7 Prospek Kerja Hubungan Internasional

6. Spesialis Konservasi Alam

Ilmu yang akan kamu dapatkan di jurusan oseanografi ini bisa dijadikan bekal untuk bekerja sebagai spesialis konservasi alam. Profesi ini penting untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup kita di dunia. Kamu juga akan memegang peran besar dalam pengambilan keputusan-keputusan tanpa harus merusak lingkungan alami di sekitar kita.

7. Manajer Akuakultur

Prospek kerja selanjutnya yang bisa kamu ambil adalah menjadi seorang manajer Akuakultur. Seorang manajer akuakultur akan memiliki tugas penting dalam mengatur produksi dan penggunaan sumber daya ikan biar bisa berjalan dengan baik tanpa merusak keseimbangan lingkungan.

8. Coastal Modeler

Lulus dari jurusan oseanografi bisa membuat kamu kerja sebagai coastal modeler. Seorang coastal modeler bertugas untuk membuat simulasi dinamika situasi yang ada di laut menggunakan perangkat komputer. Simulasi ini selalu menjadi prediksi dan bahan pertimbangan bagi mereka yang bekerja di laut lepas untuk mengambil sebuah keputusan. Hasil-hasil simulasi yang didapatkan oleh coastal modeler bisa menjadi acuan dari beberapa pihak tertentu.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-