Biaya Fakultas Kedokteran UPH
Daftar Kuliah

Intip Biaya Fakultas Kedokteran UPH Yuk!

Biaya Fakultas Kedokteran UPH – Hai guys, buat kamu anak-anak jurusan saintek yang sedang aktif nyari jurusan yang cocok buat kamu kuliah nanti, gimana nih kabarnya? Masih bingung gak mau ambil jurusan apa aja? Buat kamu yang dulu bercita-cita untuk jadi dokter. goKampus mau kasih kamu rekomendasi program studi Fakultas Kedokteran di Universitas Pelita Harapan (UPH) nih.

UPH bisa dikatakan sebagai salah satu kampus swasta favorit yang terletak di kota Tangerang, dan salah satu fakultas yang selalu jadi incaran para mahasiswanya adalah Fakultas Kedokteran UPH. nah, sebelum kita membahas tentang biaya Fakultas Kedokteran UPH, kita bahas cara pendaftaran dan syarat masuknya dulu yuk!

Untuk mengetahui jadwal pendaftaran program studi di UPH gak ada yang sama. Yang perlu kamu ketahui adalah klaster program studi yang ada di UPH agar kamu bisa mempersiapkan diri. Berikut ini adalah klaster di UPH yaitu:

  1. Klaster Integrasi Bisnis: Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi, Program Studi Hukum, Program Studi Matematika Aktuaria & Terapan, Program Studi Hubungan Internasional.
  2. Klaster Industri Pariwisata: Program Studi Pengelolaan Hotel, Program Studi Usaha Perjalanan Wisata.
  3. Kluster pendidikan dan sosial: Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Studi Psikologi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Program Studi Pendidikan Guru SD, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
  4. Kluster Bangunan & Lingkungan Fisik: Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Arsitektur, Program Studi Desain Interior
  5. Kluster Teknologi Solusi: Program Studi Bioteknologi, Program Studi Teknologi Pangan, Program Studi Teknik Industri, Program Studi Teknik Elektro, Program Studi Teknik Informatika, Program Studi Sistem Informasi
  6. Kluster Ilmu Kesehatan: Program Studi Kedokteran, Program Studi Keperawatan, Program Studi Farmasi
  7. Kluster Industri Kreatif: Program Studi Desain Produk, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Program Studi Musik

Untuk bisa masuk ke Fakultas Kedokteran UPH ada beberapa syarat yang harus kamu ikuti nih seperti menyerahkan dokumen-dokumen yang tertera di bawah ini:

  1. 1 (satu) fotokopi rapor Kelas 10 (Semester 1 & 2) & kelas 11 (Semester 1 & 2) yang sudah dilegalisir.
  2. 1 (satu) fotokopi SKHUN SMP yang dilegalisir.
  3. 1 (satu) lembar fotokopi KK (Kartu Keluarga)/paspor untuk Warga Negara Asing (WNA).
  4. 1 lembar pas foto ukuran 3×4 berlatar belakang merah.
  5. Mengisi formulir pernyataan admisi dan keterangan bebas narkoba.
  6. Melampirkan fotokopi hasil TOEFL (71 IBT/500 PBT) atau IELTS dengan skor 5.5 untuk Warga Negara Asing (WNA).

Biaya Fakultas Kedokteran UPH

Fakultas Kedokteran (FK) UPH berdiri pertama kali tahun 2001. Meski terbilang muda, FK UPH telah membangun banyak jaringan baik secara nasional maupun internasional. Gak hanya itu, FK UPH juga mengembangkan sendiri apa yang mereka sebut sebagai “rumah sakit pendidikan” sendiri yakni Rumah Sakit Umum Siloam di Lippo Village, Tangerang. Untuk biaya fakultas kedokteran UPH perkiraan rinciannya adalah:

Biaya fakultas kedokteran UPH
RincianHarga
Biaya PendaftaranRp 135,000,000
Biaya Per SKSRp 900,000/ SKS
Biaya SemesterRp 22,000,000/Semester
Biaya Fasilitas Pembelajaran, seragam, dan orientasiRp 65,000,000
Uang Pendaftaran UlangRp 500,000/Semester
Estimasi biaya per-semesterRp 35,000,000 – Rp 40,000,000

Dengan tabel estimasi perkiraan biaya kuliah di UPH, maka biaya yang harus dikeluarkan saat awal masuk sebesar Rp 241,800,000 yang terdiri dari uang pendaftaran, uang semester 1 dan SKS, biaya fasilitas pembelajaran, seragam, dan orientasi. Jumlah biaya tersebut bisa dibayarkan dalam 2 tahap masing-masing sebesar Rp 174,300,000 dan Rp 67,500,000.

Nah, buat beberapa pelajar yang masih belum bisa menentukan kuliah, gak usah sedih! goKampus juga mau kasih kamu tips and trick yang bisa kamu ikuti dalam menentukan jurusan atau program studi. Ini dia!

1. Riset mengenai kemampuan dan skill diri sendiri

Cara menentukan jurusan kuliah yang pertama adalah kamu harus ketahui dulu sebenarnya kamu senang dan paling oke di bidang apa. Kemampuan dan skill mu harus kamu ketahui dulu nih, misalnya aja kalo kamu senang banget dengan hal-hal yang berbau komunikasi misalnya seperti pelajaran bahasa, sosiologi, bahasa asing, dan lain-lainnya, kamu mesti meyakinkan diri dulu nih apakah kamu benar-benar ingin melanjutkan kuliah di bidang yang sama seperti yang kamu suka sekarang.

Kamu bisa mengetahui itu dengan melakukan riset juga kepada senior ataupun di internet tentang jurusan yang ingin kamu ambil khususnya yang memang berhubungan dengan pelajaran yang kamu suka. Kamu bisa cari tau dari mata kuliah yang akan kamu pelajari, perkiraan tugas-tugas apa yang akan kamu kerjakan nanti, dan juga apa peluang karir yang bisa kamu ambil di masa depan jika kamu mengambil kuliah di bidang tersebut.

2. Ketahui nilaimu di sekolah!

Cara menentukan jurusan kuliah yang kedua adalah kamu harus membuka kembali rapormu untuk melihat di mata pelajaran apa kamu mendapatkan nilai yang baik dan konsisten. 

Cara ini merupakan cara yang objektif untuk bisa membuat kamu menemukan jurusan yang sebenarnya kamu senangi. Misalnya aja nih selama kelas 10-12 SMA, pelajaran yang nilaimu selalu bagus adalah mata pelajaran matematika, nah kamu bisa memilih jurusan matematika atau pun yang masih berhubungan dengan matematika di bidang perkuliahan nanti.

3. Cari tau keuntungan dan konsekuensinya!

Contohnya aja nih kalau kamu mengambil jurusan yang berhubungan dengan jurnalistik, maka kamu harus menerima konsekuensinya jika nanti akan ada tugas-tugas yang memaksa kamu untuk turun melakukan liputan peristiwa yang ada di lapangan nanti. Misalnya seperti ada festival, atau demo yang memang sedang terjadi di hari itu.

Memahami dan mengetahui konsekuensi itu merupakan poin yang paling penting sebagai cara menentukan jurusan kuliah karena kalau kamu sudah tau apa saja yang akan menjadi konsekuensi kamu, kamu pasti akan jauh lebih siap untuk menerima seluruh pembelajaran apapun yang akan diberikan nanti. 

Kamu pastinya juga akan lebih termotivasi karena kamu akan merasa memiliki tantangan selama perjalanan kuliah kamu nantinya. 

4. Skeptis memilih kampus!

Kamu harus pilih kampus yang menawarkan jurusanmu dengan kualitas dan akreditasi yang terbaik. Nah, kalau kualitasnya baik pastinya kamu akan dilengkapi dengan fasilitas serta program yang bisa meningkatkan kemampuanmu.

Memilih kampus ini penting banget menjadi salah satu cara menentukan jurusan kuliah, karena kalau reputasi atau fasilitas di kampus yang kamu pilih gak bisa menunjang pembelajaranmu, maka itu akan berdampak untuk prospek kerja maupun langkah selanjutnya yang kamu pilih loh

5. Durasi program studi

Setiap program studi pastinya punya durasi yang berbeda-beda, misalnya nih kalau kamu ambil kuliah di luar negeri khususnya di Inggris, biasanya kamu akan menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun aja, atau gak kalau kamu mengambil pendidikan di Australia, ada juga beberapa program studi yang menawarkan durasi program hanya satu sampai dua tahun saja. Jadi, kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan pertimbangan yang kamu inginkan.

6. Konsultasi dengan orang terdekat atau yang berpengalaman!

Kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua atau orang-orang sekitarmu yang lebih berpengalaman misalnya saja guru-guru di sekolah atau senior yang kamu kenal dan memiliki bidang yang sama.

Berkonsultasi dengan orang tua bisa membuat kamu lebih spesifik untuk menentukan dan mengetahui minat yang tepat untuk kamu, sekaligus pandangan dari orang juga bisa menjadi support dan motivasi kamu untuk siap memilih jurusan kuliah tersebut. 

Pastikan jika kamu meminta sebuah saran, kamu harus meminta saran dari orang yang lebih profesional. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan konsultan pendidikan seperti goKampus!

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *