digital marketing
Daftar Kuliah

Jurusan Baru Di Indonesia! Simak Jurusan Digital Media

Semakin berkembangnya teknologi juga mempengaruhi perkembangan jurusan-jurusan di Indonesia nih guys. Baru-baru ini di Indonesia muncul berbagai jurusan seperti jurusan gaming, jurusan bisnis digital, jurusan entrepreneurship, dan juga jurusan digital media nih. Buat kamu yang tertarik untuk belajar banyak mengenai platform media, media sosial, tren konten, periklanan, kamu cocok banget untuk masuk ke jurusan digital media. Simak penjelasan tentang jurusan digital media di artikel ini yuk!

Jurusan digital media belum terlalu familiar di kampus-kampus di Indonesia, biasanya jurusan digital media masuk ke dalam salah satu peminatan ilmu komputer nih. Dengan mengambil program jurusan ini, kamu juga akan memperoleh pengetahuan di bidang komputer loh. Secara bersamaan, kamu juga akan mengembangkan kemampuan di bidang audio, video, serta desain grafis nih.

Belajar di jurusan ini juga akan membuat kamu belajar banyak skill dan kemampuan baru loh! Kamu akan belajar tentang pemahaman desain software dan teknik media digital modern, pemahaman tentang gagasan secara teoritis, dan nilai estetika media digital. Kamu juga akan memiliki rasa percaya diri untuk menghasilkan sesuatu dan memiliki pemahaman yang banyak mengenai media digital.

Skill lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah kemampuan berkomunikasi, mengumpulkan data, dan memiliki skill organisasi yang baik. 

Program studi ilmu komputer dan digital media ini juga sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin menguasai kemampuan di bidang seni, desain, fotografi, komunikasi, program komputer, dan hal-hal yang berhubungan dengan media.

Nah, untuk prospek kerjanya juga bisa beragam banget nih, kamu bisa menjadi seorang video editor atau berkarir di bidang jurnalistik. Sebenarnya untuk prospek kerjanya bisa dibilang gabungan dari prospek kerja jurusan ilmu komunikasi dan ilmu komputer, antara lain:

1. Camera Person

Kamu bisa bekerja menjadi seorang camera person atau yang biasa disebut dengan cameraman. Buat kamu yang mengambil konsentrasi digital media pasti sudah belajar banyak hal tentang media televisi, radio, koran, dan juga online. Gak hanya memproduksi sebuah liputan berita, namun seluk beluk media lainnya. 

2. Fotografer

Kamu bisa bekerja menjadi seorang fotografer. Tentunya sebagai mahasiswa yang memiliki ilmu di digital media, dunia fotografi pasti sudah gak asing lagi untuk dibahas. Kamu bisa menjadi fotografer di bidang apapun yang kamu inginkan. Kamu harus mampu memilih, mengambil dan menentukan gambar yang ingin dan pas untuk digunakan. Sebuah gambar dalam komunikasi merupakan media bagi tersampainya sebuah pesan. 

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

3. Jurnalis atau wartawan

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi seorang jurnalis atau wartawan di media. Kamu bisa berkarir menjadi wartawan di kanal apapun di media yang kamu pilih. Misalnya kamu bisa menjadi wartawan infotainment ataupun wartawan berita di media online tempat kamu kerja. Yang penting skill yang harus dimiliki adalah skill menulis, berbicara, dan beradaptasi dengan banyak orang.

Baca Juga: Sebelum Terjun! Pahami dulu Materi Ilmu Komunikasi

4. Penyiar radio

Prospek kerja yang selanjutnya adalah menjadi seorang penyiar radio. Menjadi seorang penyiar radio merupakan profesi yang menuntut seseorang untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan selalu up to date dengan peristiwa yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Gak sembarang orang mampu memerankan peran ini loh!

5. Software Engineer

Sebagai seorang software engineer, kamu bekerja untuk merancang, mengelola, menguji, dan mengevaluasi software atau sistem komputer secara menyeluruh.

6. Software Developer

Software developer menjalankan rancangan yang dibuat oleh software engineer. Berbeda dengan software engineer yang mengerjakan sistem secara keseluruhan, software developer berfokus pada pengembangan satu bagian dari sistem komputer.

7. Data Scientist

Menganalisa data dengan menggunakan statistika dan algoritma. Data diolah dengan menggunakan teknik pemrograman untuk “menerjemahkan” bentuk data yang rumit menjadi bahasa yang mudah dipahami.

8. Konsultan IT

Karena kamu memiliki dasar-dasar tentang ilmu komputer, jadi kamu memiliki peluang yang besar juga loh untuk jadi Konsultan IT, di mana kamu bisa jadi perantara antara pelaku usaha dan teknisi teknologi. Konsultan IT bekerja untuk memberi saran, membuat perencanaan atau rancangan dan memasang sistem IT untuk klien.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *