Jurusan HI Jadi Pejabat? Apa Sih Yang Dipelajari?

30 Oktober 2020

Kamu mau jadi pejabat? Atau mungkin pengen belajar tentang berbagai kebijakan luar negeri? Jurusan Hubungan internasional adalah jurusan yang paling tepat buat kamu nih. Yuk kita kepoin bareng apa aja sih yang akan kamu dapat saat menempuh jurusan Hubungan internasional (HI) ? goKampus akan mengupas tuntas ilmu yang akan kamu dapat di jurusan HI serta prospek karir kedepannya, ini dia!

1. Kenapa milih jurusan Hubungan internasional?

Kamu penasaran gimana caranya bisa bekerja di badan PBB atau mungkin menjadi perwakilan negara? Mesti masuk jurusan apa sih? Nah, Hubungan Internasional jawabannya! Jurusan Hubungan Internasional (HI) belajar dan berkaitan banget dengan pembahasan bagaimana suatu negara menghadapi tantangan internasional seperti perdagangan dunia, isu keamanan, masalah lingkungan, dan kemiskinan.

Kuliah di jurusan ini memungkinkan kamu untuk merasakan suasana sidang internasional melalui berbagai simulasi berbagai pertemuan penting di dunia. Kamu bisa merasakan simulasi sidang PBB loh. Keren banget ya?

2. Selama kuliah nanti belajarnya apa aja?

Selama 4 tahun nanti saat kamu kuliah di jurusan Hubungan Internasional (HI), kamu akan mempelajari tentang hubungan antarnegara, politik, konflik, ekonomi internasional, Hak Asasi Manusia, dan lain sebagainya.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan HI antara lain adalah sejarah hubungan internasional, politik internasional, organisasi internasional, sejarah diplomasi, politik luar negeri,hubungan internasional dari berbagai negara, dan lain sebagainya. Kamu akan mengenal banyak kebijakan dari negara-negara luar nih, keren ya!

Baca Juga : Kepoin Kuliah Jurusan Manajemen & Prospek Kerjanya!

3. Kerjanya bisa jadi apa aja?

Pilihan karirmu terbilang bisa sangat luas nih guys kalo mengambil program studi Hubungan Internasional. Rata-rata jurusan HI biasanya memilih diplomat menjadi pilihan pertamanya nih. Selain menjadi diplomat, kamu bisa menjadi politisi, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Atase luar negeri, staf di Kementerian Luar Negeri, wartawan di media, dan masih banyak yang lain. Kamu gak perlu khawatir, peluang kerja sangat terbuka luas!

Gimana? Udah kebayang kan bagaimana jurusan Hubungan Internasional dan prospek kerjanya? Yang paling penting adalah pilihlah jurusan yang kamu suka ya! Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah


Jurusan HI Jadi Pejabat? Apa Sih Yang Dipelajari?