Bagikan
scoll top
 
goKampus

Jurusan Sistem Informasi Belajar Apa Aja Sih?

Saat ini dunia teknologi dan informasi sangat mendominasi kebutuhan manusia. Nah, salah satu bidang ilmu yang mempelajari informasi adalah jurusan sistem informasi. Sistem informasi mempelajari cara membuat dan mengoperasikan perangkat keras dan lunak tertentu untuk bisa berinteraksi dengan data.

Nah, pastinya nih jika kamu akan memasuki bangku kuliah atau ingin melanjutkan kuliah di bidang jurusan sistem informasi, maka saat ini sudah banyak banget program studi yang mungkin akan kamu temui di perguruan tinggi atau kampus-kampus di Indonesia.

Sebelum kamu mengetahui di mana saja kampus yang tepat untukmu bisa melanjutkan kuliah jurusan sistem informasi, kamu wajib tau dulu nih apa aja sih yang akan dipelajari di jurusan sistem informasi? Yuk, kita mengenal jurusan sistem informasi!

Jurusan Sistem Informasi Itu Apa Sih?

Pengertian sederhananya, jurusan sistem informasi merupakan sebuah gabungan dari ilmu komputer, ekonomi manajemen, dan bisnis. Fokusnya jurusan ini adalah di bidang software atau yang disebut dengan programming, namun lebih ke arah bagaimana penerapannya ke bisnis perusahaan, karena itu gak heran nih banyak mata kuliah di jurusan ini yang berbau ekonomi dan bisnis perusahaan. 

Apa aja sih yang akan kamu pelajari jika ambil jurusan sistem informasi? Untuk mata kuliah semester satu, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah pengetahuan umum seperti Pendidikan Agama, Manajemen & Organisasi, Wawasan Kebangsaan, Sistem dan Teknologi Informasi, Matematika Diskrit, dan Bahasa Pemrograman. Di semester satu, kamu akan mengambil mata kuliah tentang pengetahuan umum dan pengetahuan dasar.

Di semester dua, kamu akan mendapatkan mata kuliah Wawasan Teknologi & Komunikasi Ilmiah, Algoritma & Struktur Data, Bahasa Inggris, Pengantar Sistem Operasi, Arsitektur SI/TI Perusahaan Kepemimpinan & Keterampilan Interpersonal. Nah, untuk semester tiga, kamu akan mendapatkan mata kuliah Statistika, Desain & Manajemen Proses Bisnis, Desain & Manajemen Jaringan Komputer, Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak, Pengantar Basis Data, dan Pemrograman Berorientasi Objek

Sementara itu, untuk semester empat, kamu akan mendapatkan mata kuliah Analisis & Desain Perangkat Lunak, Interaksi Manusia & Komputer, Keamanan Aset Informasi, Desain Basis Data, serta Pemrograman Berbasis Web. Untuk semester lima kamu akan mendapatkan mata kuliah Konstruksi & Pengujian Perangkat Lunak, Manajemen Proyek TI, Riset Operasi, Simulasi Sistem, Perencanaan Sumber Daya Perusahaan, dan Manajemen Layanan TI.

Kamu akan mendapatkan mata kuliah tata kelola IT, manajemen risiko TI, manajemen pengadaan dan investasi TI, serta seluruh manajemen administrasi basis data di semester enam.

Selain itu, untuk semester 7, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang mungkin berhubungan langsung sama IT, misalnya seperti Pengukuran Kinerja & Evaluasi TI, Kecerdasan Bisnis, Etika Profesi SI, Technopreneurship, Perencanaan Strategis SI/TI, Kerja Praktek dan Mata Kuliah Pilihan. Nah untuk semester akhir nanti, kamu tinggal fokus aja mengerjakan tugas akhirmu. Gimana? Seru kan mata kuliahnya?

Peluang Kerja Jurusan Sistem Informasi

Setelah kamu paham nih kira-kira jurusan sistem informasi akan belajar apa aja, gak perlu ragu juga nih buat kamu yang ingin mencari peluang karier dari lulusan sistem informasi. Bisa kerja apa aja sih nanti di jurusan sistem informasi?

1. Business Analyst

Pekerjaan business analyst ini merupakan salah satu pekerjaan yang paling sering perusahaan di Indonesia cari bahkan di dunia, loh. Hal ini karena meningkatnya pengembangan aplikasi di bisnis.

2. Web Developer

Sebagai web developer, tugasmu adalah membuat program aplikasi untuk suatu website. Nah, ini adalah tugasmu untuk merancang dan membuat tampilan website hingga menarik dan setiap fungsinya harus bisa digunakan. Profesi ini memang terkenal lebih dekat dengan sisi IT di dalam sistem informasi.

3. Project Manager

Seorang project manager adalah penggerak seluruh anggota tim pada sebuah proyek, dan biasanya peran dari project manager ini sangat menentukan keberlangsungan hidup suatu perusahaan.

4. IT Consultant

Kalau kamu bekerja sebagai IT Consultant nanti biasanya kamu akan membantu klien yang ingin menggunakan jasa IT di pekerjaannya. IT consultant juga membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem di ITnya.

5. Programmer

Berbekal pengetahuannya di bidang IT, lulusan Sistem Informasi juga dapat bekerja sebagai Programmer. Bila coding jadi pilihanmu nanti, kamu boleh juga mempertimbangkan Sistem Informasi sebagai salah satu pilihan jurusan kuliah.

Baca Juga : Belajar Memahami Orang Lewat Ilmu Psikologi

Gimana menurutmu tentang jurusan sistem informasi? Kamu sudah siap bekerja sebagai seorang IT di dunia bisnis? Untuk menunjang karier kamu di bidang IT, kamu bisa upgrade skill dengan ikutan beragam kelas yang tersedia di goKampus.

Ingin upgrade skill gratis? Kamu bisa explore beragam kelas dari Amazon Web Services (AWS) di sini yang bisa kamu pilih sesuai minatmu. Kalau tertarik bekerja di perusahaan startup, kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier di Dunia Startup Digital di sini.

Gak hanya dapat beragam insight dan ilmu dari profesional berpengalaman, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama dunia, seperti AWS dan TRENT Global Singapura. Cukup ikutan kelasnya dari mana saja secara online, kemampuanmu akan diakui global! Yuk, buruan signup!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-