gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Karir Kekinian, Intip Pekerjaan Seorang Data Scientist Yuk!

.
Bagikan

Kamu tahu gak sih kalau ada beberapa pekerjaan yang sekarang lagi kekinian banget? Padahal, kalau kita lihat 10 tahun yang lalu, mungkin pekerjaan ini belum ada. Pekerjaan apa sih itu? Yup, it’s data scientist!

Apa Itu Data Scientist?

Data science adalah ilmu yang mempelajari tentang mengolah dan menginterpretasikan data sesuai dengan formula statistika dengan menggunakan bahasa pemrograman dan alat yang tepat untuk pengolahannya.

Data scientist adalah profesi yang mengolah data dengan menggunakan metode ilmiah untuk bisa menghasilkan informasi yang akurat dan bernilai tinggi sehingga bisa membantu untuk pengambilan keputusan.

Nah, biasanya orang-orang yang memiliki peluang untuk bekerja menjadi data scientist adalah mereka yang mengambil jurusan teknik informatika, sistem informasi, matematika, atau statistik. Kalau kamu senang bermain dengan data dan menganalisis masalah, kamu bisa jadi data scientist!

Apa Beda Data Scientist, Analyst, dan Engineer?

Ada perbedaan mendasar antara data scientistdata analyst, dan data engineerData scientist adalah orang yang bertugas mengolah data dari data engineer dan melihat apakah ada peluang bisnis baru dari data yang terkumpul, sedangkan data analyst mencari insight untuk memajukan bisnis dari berbagai aspek lalu diberikan kepada data engineer.

Berdasarkan pengertian, data analyst adalah orang yang mengolah data, mengambil kesimpulan, dan melakukan visualisasinya. Sementara itu, data engineer adalah orang yang bertugas untuk mengembangkan dan membuat desain arsitektur manajemen data, memelihara dan monitor infrastruktur data di perusahaan. Data engineer harus memastikan kalau data bisa dikumpulkan dan diambil secara efisien, dibersihkan, dan diproses.

Apa Saja Skill yang Harus Data Scientist dan Analyst Miliki?

Kalau kamu beneran ingin berkarier menjadi data scientist dan analyst, ada beberapa skill yang bisa kamu tingkatkan agar kamu gak kesulitan saat bekerja nantinya. Berikut kemampuan yang harus kamu miliki!

1. Kemampuan melakukan analisis dan data mining

Ini adalah salah satu skill yang harus data scientist miliki. Kamu harus mampu melakukan analisis data, mulai dari risiko hingga analisis statistik. Apalagi, analisis statistik sangat penting untuk perencanaan, identifikasi masalah, serta identifikasi berbagai tindakan yang perlu bisnis/perusahaan lakukan.

Selain itu, menguasai data mining juga bisa mempermudah pekerjaanmu. Apa sih data mining itu? Data mining adalah proses untuk menemukan pengetahuan atau hal berharga dari proses analisis data tadi. So, perkuat kedua skill tersebut ya kalau kamu mau berkarier di role ini!

2. Kemampuan memahami tools analisis

Untuk membantu kamu melakukan analisis data, kamu juga perlu alat bantu atau tools analisis. Beberapa tools yang bisa kamu gunakan antara lain Hadoop, SAS, Spark, dan sebagainya. Kamu bisa menggunakan berbagai tools ini untuk belajar melakukan analisis data.

3. Pahami big data dan programming

Skill selanjutnya yang harus kamu kuasai adalah memahami big data platform dan mempelajari bahasa pemrograman. Dengan mempelajari dua hal ini, akan membantu kamu bekerja sebagai data scientist. Kamu juga akan lebih mudah untuk mengatur dan membersihkan data yang tak terstruktur dengan baik.

4. Data visualization

Selain menganalisis, memproses, dan mengolah data, kamu juga harus mampu untuk membuat data visualization atau menafsirkan data serta hasil analisis agar lebih mudah orang lain, bisnis, atau perusahaan pahami.

5. Soft skills juga gak kalah penting!

Gak hanya hard skills yang penting, tapi soft skills juga perlu untuk kamu kuasai. Ada beberapa soft skills yang perlu data scientist kuasai, misalnya kemampuan komunikasi yang baik untuk bisa menyampaikan dan menafsirkan data.

Selain itu, punya rasa ingin tahu yang tinggi juga akan membantu kamu membaca pola data serta menentukan tindakan untuk bisa mengembangkan bisnis atau mencapai tujuan perusahaan/bisnis.

Mengutip dari Sindonews, ada beberapa pekerjaan yang nantinya perusahaan butuhkan di 2030, salah satunya data scientist dan analyst. Nah, mumpung masih ada waktu, yuk persiapkan diri kamu bareng goKampus dengan ikutan kelas Business Data Analytic dari Nanyang Technological University (NTU), universitas terbaik di Singapura.

kelas kursus data scientist dari NTU di goKampus

Kalau kamu tertarik untuk sign up, mudah banget juga prosesnya! Kamu cukup mengikuti kelas ini secara online, dapat ilmu dari profesor terbaik di dunia, dan sertifikat dari NTU hanya dari rumah. Seru, kan? Yuk, langsung sign up kelas Business Data Analytic di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-