Bagikan
scoll top
 
goKampus

Kenalan Dengan Pekerjaan Software Engineer Yuk

.
Bagikan

Hai para mahasiswa baru, buat kamu yang senang banget untuk mengotak atik sistem komputer atau tertarik ingin bekerja di dunia IT, bisa jadi bekerja menjadi seorang software engineer bisa jadi pilihan terbaikmu loh. Apa ya software engineer itu dan pekerjaan yang akan dilakukan oleh software engineer terdiri dari apa aja ya? Nah, gak perlu bingung! goKampus akan kasih tau segala hal mengenai software engineer ya!

Apa itu software engineer?

Software Engineer adalah pihak yang berperan dalam proses analisis kebutuhan dan desain pengguna, konstruksi, dan uji aplikasi. Berbagai kebutuhan tersebut juga akan dipenuhi melalui penggunaan bahasa pemrograman. Jadi seorang software engineer juga bisa diartikan sebagai orang yang berperan dalam penerapan berbagai prinsip teknik pengembangan perangkat lunak.

Seorang Software Engineer akan bertugas untuk mendalami sistem dan software di dalam sebuah bisnis perusahaan. Berbagai program yang dikembangkan sama seorang Software Engineer pun juga cukup beragam, mulai dari aplikasi, games, hingga sistem operasi.

Bekerja menjadi seorang Software Engineer juga gak mudah loh, kamu akan mendapatkan tanggung jawab untuk merancang, membangun, dan mengetes sebuah sistem atau aplikasi sesuatu dengan spesifikasi yang diminta oleh usernya, kemudian kamu juga akan bekerja dengan pengguna untuk mengetahui kebutuhan mereka mengenai software.

Kamu juga akan bekerjasama dengan developer untuk menciptakan kode yang sesuai untuk sistem atau aplikasi dengan menggambarkan model atau diagram. Selain itu, kamu juga akan bertanggung jawab untuk mendokumentasikan semua sistem atau aplikasi secara detail sebagai bentuk pertanggungjawaban saat melakukan maintenance nantinya. 

Untuk menjadi seorang Software Engineer yang handal juga dibutuhkan kombinasi kemampuan teknis serta softskill yang harus dimiliki, antara lain seperti:

1. Programming

Salah satu hal yang harus dikuasai untuk menjadi seorang Software Engineer adalah menguasai programming serta bahasa pemrogramannya. Wajib hukumnya untuk mengerti dan memahami bahasa pemrograman agar kamu bisa mengerjakan hal-hal teknis dengan lebih mudah.

2. Teliti 

Menjadi seorang Software Engineer pastinya kamu akan dihadapkan pada barisan kode yang membuat kamu pusing setiap harinya. Tapi, kamu harus memiliki ketelitian yang luar biasa untuk bisa menguasai pekerjaan ini. Kamu akan dihadapkan dengan tantangan dalam mengembangkan software dengan bahasa pemrograman yang kompleks.

Gak hanya menciptakan dan mengembangkan softwarenya aja, tapi bekerja menjadi seorang software engineer juga akan siap untuk testing yang dibutuhkan ketelitian.

3. Dapat bekerja sama dalam tim

Kalau kamu bekerja menjadi seorang Software Engineer, kamu akan bekerja sama dalam tim khususnya bareng dengan developer dan engineer. Sehingga, kemampuan untuk beradaptasi, komunikasi, dan bekerja sama dengan baik di dalam tim bisa menjadi nilai plus buat kamu loh!

Nah, kalau kamu pengen cari kampus yang bisa cocok banget buat kamu yang pengen jadi software engineer. Jangan khawatir guys karena ada IDS Digital College yang siap membantu kalian menyajikan berbagai jurusan di bidang IT yang keren banget. Penasaran dengan IDS Digital College? Cek artikel ini yuk!

Baca Juga: Tips and Trick Cara Menjadi Programmer Handal

Kenapa sih kita harus memilih IDS Digital College?

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Data Suvana (IDS Digital College) adalah institusi pendidikan ilmu komputer dengan gelar Strata 1 (S1) dengan pendekatan Real World Project yang akan membuat kamu siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi. 

Alamat kampus: Kalibata City, Viola Tower – Upper Lobby, Jl. Raya Kalibata No.1, RT.9/RW.4, Rawajati, Pancoran, South Jakarta City, Jakarta 12750.

IDS Digital College memiliki peminatan pada Software Engineering (SE), Cyber Security (CS) dan Mobile Apps & Games Development (MAG). berikut ini adalah berbagai alasan kenapa kamu harus kuliah di IDS Digital College nih!

1. International Partnership and Curriculum

Alasan pertama kenapa kamu harus kuliah di IDS Digital College adalah karena IDS Digital College berkolaborasi dengan PSG School Of Technology, India nih yang merupakan salah satu Universitas IT terbaik di Asia!

IDS Digital College bersama dengan PSG sudah mempersiapkan kurikulum pembelajaran terbaik yang bertaraf internasional yang siap untuk membimbing mahasiswanya biar bisa menjadi seorang IT yang profesional dan siap menghadapi industri 4.0. Jadi, kalau kamu berniat untuk kuliah di bidang IT, kampus ini cocok banget buat kamu!

2. Real World Assignment

Untuk dosen-dosen yang mengajar di IDS College juga merupakan seorang praktisi dan profesional di bidangnya loh. Jadi, kamu juga akan mendapatkan banyak praktek yang langsung didampingi oleh para praktisi profesional ini guys. Jadi, kamu gak perlu khawatir deh dengan proses pembelajaranmu nanti!

3. International E-Learning Classes

Alasan kedua kenapa kamu harus memilih IDS Digital College adalah kamu juga akan mendapatkan pembelajaran langsung dari para profesor di PSG College of Technology, India loh! Sebagai mahasiswa, kamu juga akan berpartisipasi dan berkontribusi menjalankan project gabungan dengan mahasiswa PSG College of Technology. Jadi, wawasanmu soal IT akan semakin luas.

4. Direct Access to Businesses For Career & Entrepreneurial Development

Di IDS Digital College, kamu juga akan mendapatkan banyak bimbingan karir dan pelatihan formal serta non-formal dalam memenuhi kualifikasi kerja dan penempatan kerja khususnya di berbagai perusahaan yang telah bekerja sama dengan IDS Digital College nih.

5. Founded by Technology Entrepreneurs and Reputable Venture Capitalist

IDS Digital College ini juga didirikan oleh founder yang aktif di bidang teknologi dan Venture Capitalist loh seperti Andi Boediman dan Steve Christian. Di mana mereka berinvestasi lebih dari 30 startup di Indonesia dan mancanegara juga. Jadi, IDS College siap banget nih untuk membimbing kamu dan mahasiswa lainnya untuk memiliki jiwa entrepreneurship yang mengedepankan kreativitas serta inovasi.

Nah, di IDS Digital College pun baru memiliki dua jurusan yaitu jurusan Software Engineering dan jurusan Cyber Security, di mana kedua jurusan ini khusus untuk sarjana strata 1 (S1). kalau untuk jurusan Cyber Security, Program studi Cyber Security berfokus kepada Teknik Pengamanan dan Proteksi dalam dunia maya yang mencakup perancangan, pengujian sistem, teknik pertahanan dari cyber attack hingga teknik meretas (Hacking) yang etikal (sesuai hukum). 

Cyber Security merupakan salah satu peminatan yang sangat interaktif dikarenakan tuntutan skill harus memenuhi kondisi riil dalam dunia peretasan. Kreativitas dan problem solving mahasiswa Cyber Security akan menjadi salah satu ruang pengembangan skill Cyber Security Mahasiswa.

Prospek kerjamu nanti setelah jadi lulusan ini bisa menjadi Secure Software Developer, Network Security Administrator, Information Security Analyst, Computer Security Architect, Cyber Intelligence Officer, Academician in cyber security (Lecturer, Trainer, Researcher),dll.

Sedangkan kalau untuk program studi Software Engineering S1 adalah program studi yang mempelajari prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak dari sisi fungsional, efektifitas dan menangani kompleksitas pembangunan sebuah sistem yang relevan dengan era transformasi digital ini.

Prospek karir Software Engineering menjangkau seluruh bidang Industri seperti media, komunikasi, finansial, kesehatan, manufaktur, sistem keamanan, distribusi hingga pemerintahan.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya mengenai IDS Digital College ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-