Bagikan
scoll top
 
goKampus

Kulik Informasi Mengenai Gaji Teknik Sipil Yuk

Sebagai mahasiswa yang baru lulus dari dunia perkuliahan, pasti kamu akan jauh lebih fokus untuk memikirkan masa depan dengan mencari informasi mengenai peluang kerja beserta gajinya kan? Nah, kali ini goKampus akan memberikan informasi khusus untuk kamu para mahasiswa lulusan jurusan teknik sipil nih, ini adalah 12 peluang kerja beserta kisaran gaji teknik sipil. Baca artikel ini yuk!

1. Manajer Konstruksi

Buat kamu yang punya jiwa pemimpin tinggi serta mampu memecahkan masalah dengan baik, prospek kerja Teknik Sipil sebagai manajer konstruksi patut kamu pertimbangkan. 

Sebagai manajer, tentunya tanggung jawabmu akan lebih besar, dan lebih banyak tuntutan dari kamu. Kamu akan bekerja sama erat dengan arsitek, surveyor, dan bagian perencanaan dan implementasi lainnya. Kamu bertugas untuk mengawasi dan memberikan pengarahan, juga memastikan semua anggota tim bekerja sesuai dengan rencana yang sudah disepakati bersama.

Proyek yang kamu kerjakan akan seputar tempat tinggal, bangunan komersil, industri, infrastruktur, atau juga lingkungan. Jangan lupa, kemampuan komunikasimu juga dituntut harus baik dalam prospek kerja Teknik Sipil ini. Baik itu komunikasi dengan anggota tim, dengan klien, ataupun pihak-pihak terkait pembangunan. Kisaran gaji teknik sipil sebagai manajer konstruksi adalah berkisar antara Rp 7,000,000 hingga Rp 30,000,000.

2. Surveyor Pengendalian Bangunan

Prospek kerja teknik sipil yang pertama adalah sebagai surveyor pengendalian bangunan. Kalau kamu senang bekerja dengan detail dan tertarik dengan bangunan serta pekerjaan konstruksi, maka prospek kerja teknik sipil yang satu ini bisa kamu pertimbangkan loh.

Bekerja menjadi surveyor pengendalian bangunan tugasnya memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku bisa diikuti oleh pembangunan yang sedang berjalan. Kalau kamu menemukan bangunan yang gak memenuhi persyaratan tersebut, maka tugasmu sebagai surveyor pengendalian bangunan wajib memberikan solusi pemecahannya bagi klien.

Kamu juga akan membantu mengurus dokumen perizinan jika memang diperlukan, dan wajib mengecek pondasi dan sistem drainase dari tanah yang akan dibangun. Tentunya pekerjaan kamu ini akan memiliki tujuan untuk menjadi keamanan bagi semua pihak sehingga saat pembangunan sebuah gedung berjalan, gak ada persyaratan yang bermasalah. Kisaran gaji teknik sipil yang satu ini adalah Rp 3,000,000 hingga Rp 6,000,000.

3. Project Manager

Project manager menjadi salah satu peluang atau prospek kerja teknik sipil terfavorit. Sesuai dengan namanya Kamu akan berperan sebagai manajer dalam sebuah proyek. Kamu akan mengemban tanggung jawab oleh direksi proyek untuk memimpin dan bertanggung jawab penuh atas seluruh proses pelaksanaan pembangunan yang berjalan di lapangan.

Jadi, mulai dari penghitungan budget hingga potensi risiko atas pembangunan yang berlangsung akan menjadi tanggung jawabmu.  Kisaran gaji teknik sipil yang per bulan kurang lebih Rp 8,000,000 hingga Rp 20,000,000.

4. Kontraktor Insinyur Sipil

Prospek kerja teknik sipil yang selanjutnya adalah menjadi kontraktor insinyur sipil. Tugasnya adalah mengubah rencana yang sudah dibuat oleh seorang konsultan menjadi kenyataan. Nantinya, biarkan konsultan dan klienmu yang melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan serta menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan.

Tugasmu nanti mengharuskan kamu untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan. Kamu juga bisa bertugas untuk membuat perencaanmu sendiri. Kisaran gaji teknik sipil untuk pekerjaan ini berkisar antara Rp 5,000,000 hingga ratusan juta loh.

5. Drafter

Profesi drafter adalah bertugas membuat gambar kerja berdasarkan sketsa kasar yang telah dibuat oleh arsitek dalam proyek pembuatan sebuah bangunan. Drafter bisa memperoleh kisaran gaji teknik sipil mulai dari Rp 5 juta tiap bulan.

Baca Juga: Simak 8 Prospek Kerja Teknik Kimia Cocok Untukmu!

6. Quality Control Proyek Bangunan

Quality control bertugas untuk melakukan pengawasan kualitas atas materi bangunan yang ada di lapangan. Sebagai QC, tentunya kita berhak untuk melakukan inspeksi bersamaan dengan jalannya suatu pembangunan.

Selain itu, seorang QC juga boleh mengeluarkan surat teguran kepada kontraktor dan project manager jika ada penyimpangan. Kisaran gaji teknik sipil yang bisa kamu dapatkan adalah sekitar Rp 8,000,000, tetapi akan naik sesuai dengan performa kerja. 

7. Insinyur Air

Nah, kamu pernah dengar prospek kerja teknik sipil yang satu ini gak? Mungkin memang terdengar cukup unik ya bekerja menjadi insinyur air. Pekerjaan ini cocok buat kamu yang senang dengan tantangan terkait pemecahan masalah global warming, berbagai infrastruktur yang menua, serta perkembangan populasi, dan standar kualitas hidup terkait perairan.

Proyek yang akan kamu kerjakan misalnya saja ketentuan air bersih, pembuangan limbah air, dan pencegahan bahaya banjir. Yang pasti, di prospek kerja Teknik Sipil ini, pekerjaan utamamu adalah untuk manajemen aset.

Contohnya, perbaikan serta menjaga struktur bangunan yang mengontrol sumber air, seperti tanggul laut. Kisaran gaji teknik sipil berkisar antara Rp 15,000,000 hingga Rp 40,000,000.

8. Perencana Struktur

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah bekerja menjadi Perencana struktur bertugas untuk menyusun perencanaan struktur bangunan yang akan dikerjakan. Profesi ini bisa mendapat penawaran gaji teknik sipil kurang lebih Rp 7 juta.

9. Konsultan Perencana

Konsultan perencana bertugas untuk memberikan strategi perencanaan dalam melaksanakan proyek konstruksi. Sebagai konsultan nantinya kamu akan sering berkomunikasi dengan pihak kontraktor bangunan untuk mendiskusikan penyesuaian keadaan lapangan dan perhitungan suatu konstruksi. Biasanya kisaran gaji teknik sipil di pekerjaan ini berkisar antara Rp 30,000,000 per bulan.

10. Site Manager

Prospek kerja teknik sipil yang terakhir adalah menjadi Site Manager. Site manager merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam perencanaan teknis dan operasional pengendalian sebuah proyek. Penerimaan gaji teknik sipil adalah Rp 15 juta per bulan.

11. Kontraktor Insinyur Sipil

Prospek kerja teknik sipil yang selanjutnya adalah menjadi kontraktor insinyur sipil. Tugasnya adalah mengubah rencana seorang konsultan menjadi kenyataan. Nantinya, biarkan konsultan dan klienmu yang melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan serta menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan.

Tugasmu nanti mengharuskan kamu untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan. Kamu juga bisa bertugas untuk membuat perencaanmu sendiri. Kisaran gaji teknik sipil ini untuk awal-awal antara Rp 8,000,000 namun akan naik seiring berjalannya waktu.

12. Insinyur Situs Pembangunan

Prospek kerja teknik sipil yang selanjutnya adalah bekerja menjadi Insinyur situs pembangunan. Tugasmu nanti adalah menentukan lokasi pembangunan infrastruktur, baik itu yang terkait di atas maupun yang ada di bawah tanah.

Nantinya kamu juga membuat dan mengaplikasikan rencana terkait pembangunan bangunan. Kamu juga memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan kesehatan dan keamanan di daerah tersebut. Kisaran gaji teknik sipil ini bisa berkisar puluhan hingga ratusan juta rupiah loh.

Daftar kuliah pakai aplikasi goKampus, 1 jam bisa diterima!

Nggak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cukup download aplikasi goKampus bisa lihat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi!

1. Daftar kuliah nggak sampai 3 menit!

2. Tinggal upload rapor, 1 jam langsung diterima!

3. Bukan hanya kita yang daftar kuliah, ajak teman daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

4. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa klik halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan jurusan kuliah pilihanmu ya!

Oh iya, di goKampus kamu juga bisa upgrade diri dengan mengasah skill-skill baru sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini loh. Ada banyak pilihan kelas online yang bisa kamu lihat di link ini dengan promo menarik, sertifikat siap kerja dari perusahaan dan universitas bertaraf global hingga kelas gratis! Penasaran? Kamu bisa klik di sini untuk melihat kelas-kelas rekomendasi dari goKampus! Yuk, #LearnBetterGoFaster bareng goKampus.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-