mahasiswa baru
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Kupas Jurusan Manajemen Bisnis Di Indonesia

Kuliah jurusan manajemen bisnis memang gak pernah membosankan nih guys! Jurusan ini selalu menjadi incaran anak-anak SMA di Indonesia khususnya di era sekarang. Saat ini banyak banget anak-anak muda yang coba belajar jadi entrepreneur atau pebisnis di Indonesia. Kira-kira jurusan manajemen bisnis belajar apa aja dan bisa kerja jadi apa aja ya? Yuk, simak artikel ini.

Program studi manajemen bisnis akan memberikan kamu pengetahuan seputar dunia bisnis dan kewirausahaan nih. Di awal-awal semester masa kuliah, kamu akan mendapatkan pengetahuan praktik dan keahlian di bidang produksi, manajemen mutu, dan manajemen proyek. Kemampuanmu mengenai analisis juga akan diasah. Kamu akan banyak melakukan analisis bisnis. Gak cuman analisis aja, tapi soal komunikasi juga akan semakin meningkat loh. 

Kalau kamu masuk ke jurusan manajemen bisnis, ada beberapa mata kuliah yang harus kamu perhatikan karena mata kuliah ini akan berkaitan dengan membahas bisnis dari segi teori hingga bisnis di lapangan. Mata kuliah jurusan manajemen bisnis yang akan kamu temui adalah seperti pengantar ekonomi, matematika bisnis, akuntansi biaya, ekonomi mikro, ekonomi makro, manajemen keuangan, manajemen perkantoran, komunikasi bisnis, manajemen pemasaran, dan lain sebagainya.

Ketika kamu mengambil jurusan manajemen bisnis, ada beberapa poin loh yang akan kamu pelajari nanti di perkuliahan yaitu: kamu harus mempelajari tujuan yang ingin dicapai, mengumpulkan hingga menganalisis data dan informasi, menyusun suatu rencana atau strategi berdasarkan prinsip efisien dan efektif, mengeksekusi rencana, dan mengevaluasi pekerjaan.

Tentunya memilih jurusan kuliah pastinya gak akan semudah memilih baju untuk dipakai. Kenapa? Karena kamu harus memikirkan juga bagaimana peluang kerja manajemen bisnis di masa depan nih. Simak yuk 6 peluang kerja dari jurusan manajemen bisnis di Indonesia.

1. Business Development

Peluang kerja jurusan manajemen bisnis yang pertama adalah menjadi seorang business development. Pekerjaan sebagai business development menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diincar. Business development adalah sebuah proses menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui pelanggan, pasar, dan juga relasi bisnis. 

Kalau kamu bekerja sebagai business development, kamu akan bertanggung jawab untuk menciptakan strategi agar pelanggan, pasar, dan relasi bisnis bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk bisa berkembang menjadi lebih besar.

Beberapa tanggung jawab seorang business development antara lain adalah melakukan riset pasar, mencari peluang pelanggan baru dan menjaga relasi antar pelanggan atau klien, menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan, memahami produk dari perusahaan, kompetitor, dan posisi bisnis di dalam pasar.

2. Entrepreneur atau pengusaha

Peluang lulusan jurusan manajemen bisnis yang kedua adalah kamu bisa berkarir menjadi seorang entrepreneur. Pastinya kamu bisa memiliki bekal ilmu tentang manajemen, bisnis, marketing, dan hal-hal lain yang mendukung karirmu membuka sebuah usaha atau bisnis. 

Baca Juga: Kepoin Kuliah Jurusan Manajemen & Prospek Kerjanya!

3. Marketing Executive

Biasanya mempelajari tentang marketing menjadi salah satu konsentrasi atau penjurusan tersendiri di dalam manajemen bisnis. Tapi, kamu bisa berkarir menjadi marketing executive, karena kamu memiliki bekal belajar dasar-dasar marketing khususnya marketing pemasaran.

Sebagai marketing executive, kamu akan memiliki tanggung jawab untuk berfokus untuk memaksimalkan keuntungan dari strategi pemasaran yang dijalankan. 

4. Risk Manager

Tentunya setiap keputusan perusahaan tentu memiliki berbagai resiko baik risiko keuangan, keselamatan, maupun risiko keamanan. Untuk menghindari berbagai risiko tersebut, biasanya perusahaan membutuhkan seseorang yang ahli di bidang manajemen risiko atau risk management.

Tugasnya seorang risk manager adalah mempersiapkan segala rencana dan tindakan untuk mengurangi faktor risiko, tentunya kamu harus memiliki kemampuan analisis dan problem solving yang tinggi.

5. Project Manager

Seorang project manager bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian, dan penyelesaian proyek. Dan dalam beberapa tahun belakangan, peluang kerja yang satu ini sangat menjanjikan loh di Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan ekonomi dan teknologi yang membuat perusahaan jadi lebih fokus pada pengembangan proyek dibandingkan kegiatan operasi sehari-hari.

Untuk kamu yang ingin masuk ke jurusan manajemen bisnis tapi masih bingung mau ke kampus mana, goKampus akan kasih tau kamu 3 daftar universitas swasta terbaik di Indonesia menurut versi goKampus.

1. Universitas Pelita Harapan (UPH Group)

Kampus pertama adalah Universitas Pelita Harapan atau yang biasa dikenal dengan UPH. Kampus UPH memiliki tiga kampus yang berada di Jakarta, Medan, dan Surabaya, dan di ketiga kota ini, kampus UPH paling diminati oleh para pelajar!

Kampus UPH juga menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk membantu kamu berkonsultasi soal karir di masa depan.  Jadi selain kamu fokus untuk belajar, kamu juga akan difokuskan untuk mencari koneksi nantinya. Selain akademik, kegiatan non-akademiknya juga gak kalah nih, berbagai fasilitas olahraga di UPH bisa dikatakan terbaik untuk menunjang kegiatan mahasiswa.

Yang gak kalah seru adalah di UPH gak ada masa orientasi mahasiswa, meskipun masa-masa ospek bisa menjadi kesan sendiri bagi mahasiswa, tapi di UPH ospeknya diganti dengan acara yang lebih edukatif dan informatif dibandingkan dengan perpeloncoan. Cek halaman ini buat cari tau informasi tentang UPH ya!

2. Universitas Tarumanagara (Untar)

Buat kamu semua calon mahasiswa baru yang ingin cari kampus bagus di Jakarta dan aksesnya mudah? Universitas Tarumanagara (Untar) bisa jadi salah satu pilihan utamamu nih! Sebagai universitas swasta terbaik yang ketiga versi goKampus, ini dia keunggulan dari Untar!

Yang pertama adalah Untar termasuk tiga besar universitas swasta terbaik di Jakarta loh, Universitas Tarumanagara mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Seluruh fakultas dan fasilitas di Untar sudah memadai banget nih guys, mulai dari gedung olahraga indoor sampai perpustakaan yang layak. Gak hanya itu, UNTAR juga termasuk 3 perguruan tinggi terbaik di Jakarta loh!

Keren banget kan! Yang kedua Untar memiliki 8 fakultas yang terdiri dari fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, fakultas teknik, fakultas teknologi informasi, fakultas kedokteran, fakultas psikologi, fakultas seni rupa dan desain, dan fakultas ilmu komunikasi. Kunjungi halaman ini untuk cari tau lebih lanjut ya!

3. PPM School of Management

Kampus PPM cocok banget untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah sebagai mahasiswa manajemen dengan program pembelajaran yang menarik dan mampu mempersiapkan kamu bersaing di industri 4.0.

PPM School of Management siap menyambut generasi milenial Indonesia dengan berbagai program unggulan! Sebagai salah satu institusi pendidikan yang memiliki program manajemen unggulan di Indonesia, PPM School of Management terus meningkatkan kualitas kampus melalui program-program yang berkualitas!

PPM School of Management merupakan salah satu sekolah tinggi terbaik dari 2.510 sekolah tinggi di Indonesia dengan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan akreditasi internasional ABEST21.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa loh klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *