Bagikan
scoll top
 
goKampus

Maba Wajib Tau! Materi Hubungan Internasional

.
Bagikan

Siapa sih yang gak kenal sama jurusan yang satu ini? Setiap tahunnya selalu menjadi jurusan favorit di Indonesia yang selalu diincar oleh mahasiswa baru nih guys. Apa lagi kalau bukan Jurusan Hubungan Internasional nih! Jurusan ini memiliki mata kuliah dan materi Hubungan Internasional yang terbilang cukup rumit tapi menyenangkan loh.

Sebelum kita bahas tentang materi Hubungan Internasional dan prospek kerja Hubungan Internasional, kita cari tau dulu yuk jurusan Hubungan Internasional itu belajar apa sih?

Buat kamu yang bingung, program studi Hubungan Internasional memiliki kurikulum pembelajaran yang terkait dengan interaksi, relasi, dan komunikasi yang terjalin secara internasional. Jurusan Hubungan Internasional gak cuman belajar tentang hubungan diplomasi satu negara dengan negara lain aja nih, tapi juga membahas mengenai konflik, kesejahteraan, ekonomi, sampai perdamaian dunia. 

Kalau kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan banyak mendapatkan tugas untuk menulis kajian tentang diplomasi, politik luar negeri, politik internasional, ekonomi internasional, bahkan sampai hukum internasional. Kamu juga akan banyak mendalami tentang isu-isu global serta kerja sama internasional. Pokoknya jurusan ini bakal seru banget deh dan kamu akan belajar banyak banget tentang aktivitas lintas negara.

Ada beberapa kemampuan atau skill yang harus kamu miliki nih sebagai calon mahasiswa di Jurusan Hubungan Internasional, misalnya aja seperti Kemampuan komunikasi, kemampuan bahasa asing, kemampuan berpikir kritis, kemampuan melakukan analisis, kemampuan negosiasi dan persuasi, dan kemampuan problem solving.

Beberapa materi Hubungan Internasional yang akan dipelajari nanti antara lain seperti Organisasi Internasional, Hukum Internasional, Politik Luar Negeri dan Diplomasi RI, Teori Hubungan Internasional, Teori Politik Internasional, Diplomasi, Negosiasi dan Resolusi Konflik, Minoritas dan Integrasi Nasional, Ekonomi Internasional, Globalisasi, dan materi hubungan internasional lainnya.

Nah, setelah kamu tau informasi tentang jurusan Hubungan Internasional, intip yuk 7 prospek kerja Hubungan Internasional di Indonesia! Dijamin peluangnya besar banget guys!

1. Jadi Duta Besar

Prospek kerja Hubungan Internasional yang pertama adalah kamu bisa bekerja menjadi duta besar. Duta besar adalah pejabat diplomatik yang memang ditugaskan untuk bisa merepresentasikan negara asalnya pada negara berdaulat lain untuk suatu urusan organisasi internasional. 

Pekerjaan duta besar sendiri bisa dibagi dalam 3 poin. Pertama, melindungi warga negara asalnya yang sedang bepergian atau bekerja di negara tujuan. Kemudian, duta besar juga menjaga hubungan internasional antarnegara dalam hal ekonomi, misalnya kerjasama perdagangan antar negara. 

Duta besar juga bertugas sebagai perantara kerjasama bisnis dari negara asal untuk negara tujuan. Fungsi ketiga dari duta besar adalah menjaga perdamaian dunia. Masalah utama yang diatasi yaitu terorisme internasional, penyuapan, dan perdagangan. Wah, dijamin deh kalau kamu bekerja sebagai duta besar kamu bakal nemuin banyak pengalaman yang oke banget nih!

2. Staf Kedutaan

Prospek kerja Hubungan Internasional selanjutnya adalah kamu bisa kerja sebagai staf kedutaan. Misalnya aja kamu diangkat jadi staf kedutaan ekonomi, kamu akan diberikan tanggung jawab untuk bekerja untuk mengatasi masalah ekonomi antara negara asal dan tujuan, misalnya negosiasi mengenai pajak. Lulusan Hubungan Internasional juga bisa bekerja di kedutaan sebagai staf politik. 

Staf politik berfungsi mengamati dan melaporkan iklim politik negara tujuan pada pemerintah negara asalnya dan para warga negara asal yang sedang bepergian ke negara tujuan. 

Masalah-masalah yang diamati antara lain adalah pertikaian, terorisme, dan kekerasan yang dilakukan kelompok politik atau demonstrasi massa.

3. Jurnalis

Prospek kerja Hubungan Internasional yang selanjutnya adalah kamu bisa bekerja menjadi seorang jurnalis loh! Kamu bisa bekerja di media dan menulis serta mengumpulkan berbagai berita dan diinformasikan ke masyarakat. Lulusan Hubungan Internasional sendiri bisa bekerja sebagai seorang jurnalis yang ditugaskan di luar negeri. 

Tentu sebelum bisa dikirim ke kancah internasional, seorang jurnalis harus memiliki pengalaman yang mumpuni di dalam negeri terlebih dahulu. Kemampuan berpikir kritis seorang lulusan Hubungan Internasional dalam memandang suatu isu sangat dibutuhkan untuk melakukan investigasi dan reportase agar masyarakat mendapatkan fakta yang akurat.

Baca Juga: 12 Jurusan IPS Yang Sepi Peminat Tapi Menjanjikan

4. Tenaga Ahli Anggota DPR

Prospek kerja Hubungan Internasional yang selanjutnya adalah bekerja menjadi tenaga ahli di DPR RI. Tenaga ahli bertugas membantu anggota DPR dalam rapat komisi, menyusun kajian, analisis di daerah pemilihan anggota DPR tersebut, dan yang terkait fungsi DPR di bidang legislasi dan pengawasan. Tenaga ahli juga wajib melaporkan tugasnya kepada anggota DPR yang bersangkutan secara berkala.

5. Government Relations Officer

Prospek kerja Hubungan Internasional yang kelima adalah menjadi government relations officer di perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia. Government relations officer berdiskusi dengan para politisi di berbagai tingkatan pemerintahan dengan tujuan mempengaruhi legislatif dalam membuat kebijakan yang terkait dengan bisnis klien tersebut atau meminta dana dari pemerintah.

6. Konsultan Internasional

Menjadi konsultan internasional juga bisa menjadi prospek kerja Hubungan Internasional yang selanjutnya loh. Seorang konsultan internasional bekerja membantu perusahaan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait prospek aktivitas perusahaan tersebut di pasar internasional.

Konsultan internasional bisa bekerja dengan kliennya dalam suatu proyek yang spesifik dalam berbagai bidang, seperti manajemen, market research, sumber daya manusia, corporate strategy, teknik, IT, dan lain-lain. Kemampuan lulusan Hubungan Internasional dalam berkomunikasi dengan bahasa asing sangat krusial dalam menganalisis setiap informasi yang ada untuk diaplikasikan dalam strategi perusahaan.

Selain itu, pengetahuan tambahan yang dimiliki seorang lulusan Hubungan Internasional mengenai perdagangan dan bisnis juga menjadi pertimbangan bagi perusahaan konsultan untuk menerima para pelamar.

7. Dosen atau Tenaga Pengajar

Prospek kerja Hubungan Internasional yang terakhir adalah menjadi seorang dosen atau tenaga pengajar. Menjadi seorang dosen gak cuma memberikan pengajaran dan melakukan transfer ilmu pengetahuan, tapi juga membimbing mahasiswa agar menjadi manusia yang berkompeten di bidang keilmuan yang ditekuninya, dalam hal ini ilmu Hubungan Internasional.

Seperti yang kamu ketahui, dosen melakukan pengajaran di kelas melalui kegiatan perkuliahan serta pemberian tugas dan ujian. Selain itu, dosen juga menjadi penasihat akademik dan pembimbing bagi mahasiswa tingkat akhir. Seorang dosen juga dituntut untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan Hubungan Internasional dengan melakukan berbagai penelitian ilmiah.

Menurutmu gimana tentang informasi mengenai mata kuliah di jurusan Hubungan Internasional serta prospek kerja Hubungan Internasional di Indonesia? Apa kamu udah siap nih untuk bergabung menjadi mahasiswa Hubungan Internasional di salah satu kampus di Indonesia? Kamu bisa mengunjungi halaman ini ya untuk cari informasi lebih lanjut tentang jurusan Hubungan Internasional ataupun segala hal yang mau kamu cari tau.

Semoga artikel dari goKampus bisa menjawab hal-hal yang jadi kegalauanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-