mata kuliah DKV
Daftar Kuliah FAQ goKampus Tips Mahasiswa

Maba Wajib Tau! Perbedaan Fakultas Dan Jurusan

Hai calon mahasiswa! Hayo pastinya sudah mulai deg-degan kan untuk memilih perguruan tinggi. Kira-kira kamu sudah tau belum apa aja istilah-istilah khas dari dunia perkuliahan? Misalnya: Apa bedanya jurusan dan fakultas? Hayo… Simak yuk penjelasan dari goKampus mengenai perbedaan fakultas dan jurusan, supaya waktu ditanya temen kamu ga bingung lagi!

A. Pengertian Fakultas

Perbedaan fakultas dan jurusan dimulai dari bahasa asalnya guys.. Istilah fakultas sebenarnya adalah istilah serapan dari bahasa Belanda yaitu Faculteit. Faculteit ini makna nya adalah di bagian administratif dalam perguruan tinggi atau universitas yang bisa membawahi beberapa bidang studi atau jurusan yang ada. Biasanya di dalam satu universitas umumnya ada terdapat beberapa fakultas yang berbeda.

Untuk pimpinan tertinggi dari fakultas sendiri pun disebutnya adalah Dekan. Dekan dipilih melalui rapat senat fakultas yang setelah diangkat, Dekan menjadi penanggung jawab berbagai aktivitas akademik di lingkungan fakultas.

Kalau kamu misalnya nih memilih untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas Teknik, biasanya di dalam Fakultas Teknik terbagi menjadi beberapa jurusan lainnya yang masih tergabung dalam Fakultas Teknik. 

Misalnya ada jurusan Teknik Industri, jurusan Teknik Sipil, jurusan Teknik Informatika, jurusan Teknik Fisika, jurusan Teknik Lingkungan, jurusan Teknik Mesin, dan jurusan Teknik yang lainnya.

Atau kalau kamu yang anak IPS, misalnya saja ingin mengambil kuliah di Fakultas Ekonomi, ada beberapa jurusan yang masih bergabung di Fakultas Ekonomi seperti jurusan Manajemen, jurusan Ilmu Ekonomi, jurusan Akuntansi, dan jurusan Bisnis.

B. Pengertian Jurusan

Nah, karena sebelumnya kita membahas tentang asal mula perbedaan fakultas dan jurusan, ini adalah pengertian Jurusan untuk kamu yang masih belum paham, jurusan adalah bagian dari fakultas yang dimana memang jurusan itu adalah fokus bidang studi yang akan ditekuni oleh mahasiswa nantinya.

Seperti yang dibahas di atas, dalam satu fakultas umumnya terdapat lebih dari sebuah jurusan, dan antara jurusan yang satu dengan yang lainnya biasanya dijabarkan mata kuliah yang berbeda-beda. 

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Misalnya jika di fakultas Sastra membawahi jurusan sastra Indonesia dan Jurusan Sastra Inggris, tetapi mata kuliah yang disajikan di jurusan sastra indonesia pastinya berlainan dengan mata kuliah yang disajikan di jurusan sastra inggris walaupun dua jurusan tersebut berada di fakultas yang sama.

Seperti yang sudah kamu ketahui apa aja perbedaan fakultas dan jurusan yang ada di dunia perkuliahan, mungkin kamu akan bertanya-tanya juga nih mengenai bahasa “program studi” itu apa sih? 

Nah, kalau program studi atau yang biasa disebut dengan “prodi” adalah hal utama dari proses pendidikan secara akademik yang memang disajikan secara kurikulum yang ditetapkan. Tujuan program studi ini adalah untuk mencetak mahasiswa untuk menguasai suatu bidang pengetahuan sesuai target kurikulum.

Misalnya saja pada Fakultas Sastra di suatu universitas terdapat jurusan Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa Inggris ini menawarkan dua jenis program studi yaitu prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Sastra Inggris. Mahasiswa dibebaskan untuk memilih prodi sesuai dengan minat yang diinginkan.

Baca Juga : Cek Perbedaan Teknik Informatika Dan Sistem Informasi!

C. Alur Pemilihan Fakultas dan Jurusan

Setelah kamu mengetahui apa saja perbedaan fakultas dan jurusan, kamu harus menentukan dulu nih fakultas mana yang akan kamu pilih untuk melanjutkan pendidikanmu. Biasanya para mahasiswa juga akan wajib menjalani aktivitas perkuliahan hingga dua semester (tergantung kebijakan kampus) sebelum kamu dapat menentukan atau mengambil jurusan atau program studi yang ditawarkan.

Sebagai contoh, misalnya saja kamu merupakan seorang mahasiswa baru di yang memilih Fakultas Ilmu Komunikasi di sebuah kampus swasta yang ada di goKampus yang dimana di bawah Fakultas Ilmu Komunikasi ada Jurusan Jurnalistik dan Jurusan Public Relations (tergantung kampusnya). 

Pada semester 1 dan semester 2, kamu akan belajar semua tentang mata kuliah yang ada di jurusan Jurnalistik dan jurusan Public Relations, sehingga yang akan kamu dapat mata kuliahnya tidak akan spesifik menjurus ke salah satu jurusan tapi mempelajari secara umum dari jurnalistik dan public relations.

Nah, setelah dua semester kamu belajar secara umum mengenai jurnalistik dan public relations, di semester 3, kamu harus memilih dari dua jurusan tersebut apa jurusan yang kamu inginkan untuk ditekuni lebih fokus di dunia perkuliahan, bahkan jurusan ini gak bisa kamu ubah lagi di semester selanjutnya.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Misalnya seperti di semester 3, kamu sudah memilih untuk fokus di jurusan Public Relations, nah saat di semester 5 nanti kalau ada satu dan lain hal, kamu gak bisa untuk berubah haluan atau yang biasa dikenal dengan kata “pindah jurusan” ke Jurnalistik (tergantung kebijakan kampus).

Hal ini disebabkan karena di sebagian aturan kampus, kamu akan diminta untuk mengulang kembali mata perkuliahan dari semester 1, dengan alasan kamu harus mampu mengikuti dengan baik jurusan Jurnalistik agar kamu gak ketinggalan sama materinya.

Jadi, sebaiknya kamu meyakinkan dirimu dan memikirkan dengan matang-matang jurusan yang memang ingin kamu pilih dan tekuni ya.

D. Jurusan Favorit Calon Mahasiswa Tahun 2020

Meskipun pada dasarnya semua jurusan buat calon mahasiswa akan memiliki pilihan sendiri sesuai minat yang diinginkan, tapi ada beberapa jurusan tertentu yang selalu menjadi favorit bagi para calon mahasiswa loh. Apa aja ya jurusannya?

Yang pasti untuk tahun 2020, tren jurusan favorit yang selalu menjadi peminat calon mahasiswa masih terlihat sama dengan tahun-tahun sebelumnya dimana jurusan Kedokteran dan Teknologi Informasi yang termasuk ke dalam kelompok Sains dan Teknologi masih menjadi primadona sampai sekarang.

Nah, sementara untuk bidang-bidang teknik juga cukup banyak diminati karena menjanjikan prospek kerja yang menggiurkan. Misalnya saja pada jurusan Teknik Elektro, ataupun juga Teknik Industri dan Teknik Sipil. 

Kalau untuk peminat di bidang-bidang jurusan dan ilmu Ekonomi, untuk jurusan Akuntansi, jurusan Manajemen, jurusan Bidang Sosial dan Ilmu Politik favoritnya masih jurusan Psikologi, Komunikasi, dan berbagai jurusan di Fakultas Hukum.

Gimana nih pendapatmu tentang perbedaan fakultas dan jurusan diatas? Serta alur bagaimana caranya kamu memilih fakultas dan jurusan? Sudah mulai kebayang dong kira-kira kamu ingin mengambil fakultas dan jurusan apa? Klik halaman ini yuk untuk cari tau lebih lanjut tentang fakultas yang ada di kampus-kampus ini.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

Bisa masuk kuliah ke luar dan dalam negeri lewat goKampus bakal diurusin sampai beres! Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *