Bagikan
scoll top
 
goKampus

Manajemen Perpustakaan, Kunci Perpustakaan Idaman Setiap Orang

.
Bagikan

Pernahkah kamu mengunjungi perpustakaan yang bagus, rapih, desainnya unik, dan juga memiliki koleksi buku dan peralatan yang lengkap? Tentu kamu menjadi betah untuk berlama-lama di perpustakaan tersebut. Nah untuk membuat perpustakaan yang diidam-idamkan orang seperti itu, dibutuhkan manajemen perpustakaan yang baik. Yuk baca penjelasannya di bawah ini sampai tuntas!

Dilansir dari buku “Manajemen Perpustakaan” (2019), manajemen perpustakaan adalah upaya pencapaian tujuan dengan pemanfaatan sumber daya manusia, informasi, sistem, dan sumber dana dengan tetap memperhatikan fungsi manajemen, peran, serta keahlian. Sederhananya, manajemen perpustakaan merupakan optimalisasi peran sumber daya manusia, material, hingga anggaran untuk mencapai tujuan utama perpustakaan.

Baca juga: Apa Tugas Pustakawan? Yuk, Kenali Perannya!

Terdapat beberapa faktor yang menunjang manajemen perpustakaan, diantaranya adalah kebijakan dan prosedur, manajemen koleksi, pendanaan dan pengadaan, manajemen fasilitas, sumber daya manusia, serta perencanaan.

  1. Kebijakan dan Prosedur
    Seorang pustakawan wajib memahami pentingnya prosedur dan kebijakan yang ada dalam perpustakaan. Suatu perpustakaan biasanya memiliki prosedur dan kebijakannya sendiri. prosedur adalah langkah-langkah atau cara untuk melakukan sebuah kegiatan. Sedangkan kebijakan adalah aturan yang ditetapkan untuk dipatuhi oleh orang lain, misalnya mulai dari pendanaan, pengelolaan, dukungan, dan lain sebagainya. Kebijakan biasanya dibuat berdasarkan prinsip-prinsip serta visi misi yang dimiliki oleh perpustakaan tersebut.
  2. Manajemen Koleksi
    Perpustakaan sudah sewajarnya memiliki beragam koleksi buku yang banyak. Pengelolaan koleksi buku ini akan menentukan sukses atau tidaknya program perpustakaan. Jika perpustakaan tidak dapat melakukan pengelolaan koleksinya dengan baik, maka seluruh kumpulan buku yang ada di dalamnya hanya menjadi tumpukan yang tidak memiliki arti. Beberapa hal yang termasuk dalam manajemen koleksi adalah pemetaan kurikulum, kebijakan dan prosedur, kalaogisasi, pemilahan, serta rencana pengembangan koleksi.
  3. Pendanaan dan Pengadaan
    Pendanaan sangat erat kaitannya dengan pengadaan bahan-bahan koleksi serta fasilitas perpustakaan. Ketika pendanaan berjalan baik, maka kualitas koleksi, fasilitas dan infrastruktur perpustakaan pun semakin berkualitas. Agar pendanaan bisa berjalan lancer, kamu bisa membuat rancangan rencana pendanaan untuk diajukan pada lembaga tempat kamu berada. Dengan rencana tersebut maka pendanaan akan lebih terarah dan terukur.
  4. Manajemen Fasilitas
    Fasilitas adalah salah satu aspek penting dari perpustakaan. Fasilitas yang baik, nyaman, mudah dijangkau dan menenangkan akan membuat betah siapapun yang berkunjung ke perpustakaan. Sehingga pengunjung perpustakaan pun bisa semakin ramai.
  5. Sumber Daya Manusia
    Salah satu kunci kesuksesan lainnya dari suatu perpustakaan adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Karena dari sinilah muncul ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat membangun dan memajukan perpustakaan. Sumber daya manusia yang dimaksud mulai dari pustakawan, staf pendukung, staf divisi, dan lain sebagainya.
  6. Perencanaan
    Manajemen tanpa perencanaan adalah sebuah kesalahan yang besar. Justru ketika sebuah perpustakaan memiliki perencanaan yang baik maka akan tercipta pula manajemen yang baik.

Nah, biar lebih paham lagi kamu bisa membaca berbagai artikel seputar perpustakaan! Langsung aja baca blog goKampus ya! Kamu juga bisa belajar manajemen di kelas-kelas goKampus.

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-