Bagikan
scoll top
 
goKampus

Mau Jadi Pengusaha? Ini Sifat Kewirausahaan yang Wajib Kamu Miliki!

.
Bagikan

Menjadi seorang wirausahawan merupakan salah satu impian yang cukup banyak peminatnya, setuju enggak? Tapi, untuk bisa mencapai impian tersebut, apalagi menjadi seorang wirausahawan sukses butuh pengorbanan besar. Selama ini secara umum hal yang dipandang penting sebagai modal menjalani usaha adalah materi yang besar. Nyatanya, ada modal lain yang enggak kalah penting dan wajib ada di setiap pengusaha, yaitu sifat kewirausahaan. Apa maksudnya? Yuk pahami penjelasan detailnya di bawah ini!

Baca Juga: Panduan Langkah-Langkah Memulai Usaha dalam Kewirausahaan

Memahami 9 Sifat Kewirausahaan

Menjadi seorang wirausahawan harus siap secara mental, fisik, bahkan karakteristik. Karena nantinya, seorang pengusaha akan banyak menghadapi tantangan sebelum mencapai keberhasilan. Untuk menghadapi tantangan tersebut, ini sifat kewirausahaan yang harus kamu punya menurut ahli ekonomi McClelland dari situs Gramedia.com.

1. Mampu mencapai tujuan

Sifat ini bersumber dari dalam diri seorang wirausahawan, dan muncul karena ada dorongan untuk berdaya dalam mencapai tujuan. Seorang wirausahawan harus punya insting bisnis yang strategis. Lain itu, mereka juga harus mampu menghasilkan keuntungan sesuai tujuan dengan cara yang cepat.

2. Bertanggung jawab

Tanggung jawab yang tinggi jadi hal penting yang harus dimiliki ketika menjalankan kegiatan kewirausahaan. Pertanggungjawaban yang dimaksud berlaku buat semua hal yang berkaitan dengan usaha yang dijalani. Seperti tanggung jawab terhadap usaha yang sudah kamu bangun dan tanggung jawab terhadap sumber daya yang ada. Gak lupa juga termasuk tanggung jawab terhadap pengelolaan hasil usahanya.

3. Siap menghadapi risiko

Dalam kegiatan kewirausahaan, pasti akan menghadapi berbagai kendala yang muncul di tengah jalan. Karena itu, kamu sebagai seorang wirausahawan harus siap dan bisa mengantisipasi berbagai risiko yang akan muncul. Lebih dari itu, diperlukan juga analisis risiko terhadap penyebab kegagalan atau tidak berkembangnya usaha.

4. Yakin akan keberhasilan

Sifat satu ini lebih umum dikenal sebagai sifat optimis. Punya tekad dan keyakinan adalah hal penting, apalagi kalau kamu sudah punya target dan tujuan tertentu sejak awal. Apabila kamu yakin dan percaya diri, maka hal tersebut akan mendorong peluang untuk berhasil.

5. Siap menerima umpan balik

Segala sesuatu yang kita lakukan akan mendapat penilaian dan saran dari orang sekitar, apalagi usaha yang bertujuan untuk ‘masyarakat’. Karena itu, kamu wajib untuk selalu terbuka atas apapun bentuk umpan balik yang diterima. Kalau umpan balik bersifat positif, kamu wajib mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang dipunya. Sebaliknya, kalau umpan balik bersifat negatif, kamu harus selalu siap mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan yang ada.

6. Energik

Kamu harus punya semangat yang tinggi dalam menjadi jadi seorang wirausahawan. Hal ini penting karena berperan demi menunjang berbagai proses dan aktivitas usaha yang berjalan.

7. Orientasi masa depan

Membangun sebuah usaha jangan cuma merancang tujuan atau target untuk jangka pendek, tapi harus jauh ke depan. Dalam prosesnya, kamu juga wajib menyesuaikan dengan perubahan yang akan terus terjadi di masa depan.

8. Keterampilan organisasi

Pengorganisasian dalam membangun suatu usaha juga jadi hal penting. Sifat kewirausahaan ini punya andil besar dalam mempercepat proses untuk mencapai target. Apalagi organisasi juga akan mempermudah koordinasi antar unit, pembagian tugas dan wewenang, dan memperkecil risiko konflik.

9. Bijak dalam pengelolaan uang

Seorang wirausahawan harus memakai cara-cara yang baik dan benar buat memperoleh keuntungan yang maksimal. Yang tidak boleh terlupakan, hasil yang nantinya kamu peroleh juga harus kamu kelola dengan bijak. Jangan sampai ada penyalahgunaan untuk hal-hal yang tidak seharusnya dalam kelangsungan usaha.

Itu dia sifat kewirausahaan yang bisa kamu terapkan untuk menjadi seorang wirausahawan. Butuh referensi dan panduan lebih ideal buat memulai langkah merintis usaha? Kamu bisa mengikuti kelas-kelas online bersertifikasi di goKampus ya! Ada kelas Dasar-Dasar kewirausahaan yang Sukses di sini dan kelas Dasar Entrepreneur dan Lean Canvas di link ini yang bisa kamu ikuti.

Mau promo terbaik dari goKampus? Daftar 1 kelas gratis, dapat 3 kelas premium senilai Rp1,2 juta. Pakai voucher GKFREE untuk kelas-kelas yang ada di halaman ini.

GKFREE: Daftar 1 Kelas Gratis, Dapat 3 Kelas Premium

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-