gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Meditasi Punya Beragam Manfaat, Kenali Sejarah dan Jenisnya!

.
Bagikan

Beberapa waktu lalu, kita memperingati Hari Meditasi Sedunia yang jatuh pada 20 Mei setiap tahunnya loh, guys. Peringatan ini merupakan seruan pada setiap orang agar gak lupa meluangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan raga, menjernihkan pikiran dan mendatangkan kedamaian jiwa di tengah kesibukan kita. 

Hari peringatan sedunia ini juga mengajak semua orang untuk mengingat masa-masa bahagia dan mengajak serta menyadarkan bahwa kita adalah manusi, bukan sekadar pekerja. Wah, dalam juga ya pesan dari hari peringatan sedunia ini, guys! Tapi, ngomong-ngomong, kira-kira kamu sudah tahu asal-usul peringatan ini beserta manfaat dan jenis-jenisnya belum? Kalau beum, yuk kita bahas di artikel ini!

Sejarah Hari Meditasi Sedunia 

Pada dasarnya sejarah atau asal-usul hari peringatan sedunia ini dapat kita ketahui dari sejarah meditasi itu sendiri. Meditasi telah menjadi bagian integral dari banyak agama dan pertama kali ditemukan atau dibicarakan dalam bentuk tertulis di sekitar 1500 SM di India. Sejak itu, meditasi makin punya peran penting dalam banyak agama di seluruh dunia, terutama Buddha dan Kepercayaan Timur lainnya. 

Namun, praktik ini gak hanya mereka lakukan secara spiritual atau religius ya, guys. Sedari dulu, meditasi sudah menjadi salah satu cara untuk meredakan stres dan menjernihkan pikiran. Hingga kini, meditasi bukan semata-mata untuk praktik spiritual, tapi juga cara favorit bagi mereka yang butuh kedamaian dan “keluar” dari hiruk pikuk aktivitas sehari-hari. 

3 Manfaat Meditasi

Meditasi merupakan aktivitas yang selama ribuan tahun telah berbagai negara lakukan, seperti Cina dan India. Berbagai riset sejauh ini juga telah membuktikan bahwa praktik memusatkan pikiran ini dapat memberikan banyak manfaat untuk mendukung produktivitas sehari-hari dan kesehatan mental maupun fisik. Ada beberapa manfaat utama yang kamu dapat jika melakukannya. Apa sajakah itu? 

1. Membantu atasi kecemasan

Kecemasan menjadi salah satu masalah kesehatan mental yang paling banyak terjadi. Nah, meditasi adalah salah satu cara holistik yang paling umum untuk mengobati gejala kecemasan, membantu individu memperlambat detak jantung mereka, mengendalikan pikiran berbahaya, dan mencegah kecemasan berlanjut.

Baca Juga: 3 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Di Rumah Aja

2. Mengurangi stres

Sepertinya banyak yang sepakat kalau di dunia ini, banyak hal yang memang bisa membuat stres. Meski badan terasa baik-baik saja, kamu gak boleh meremehkan stres, apalagi kalau terjadi berulang-ulang kali dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Meditasi adalah cara terbaik untuk mengatasinya. Latihan pernapasan saat bermeditasi dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan tingkat stres, menenangkan pikiran, dan memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih dari periode stres yang berkepanjangan.

3. Mengurangi gangguan atau distraksi

Tanpa kita sadari, sejak ada internet, kita jadi lebih mudah melihat hal-hal baru dan secara gak langsung, hal-hal baru tersebut mendorong kita lebih berambisi untuk mendapatkannya. Padahal, keinginan tersebut bisa berpotensi membuat kita stres loh. Nah, meditasi dapat membantu kita mengurangi pikiran atau ambisi tersebut. Alih-alih stres memikirkan keinginan, praktik ini dapat melatih kita menghargai apa yang kita miliki dan hidup sederhana. 

Namun penting untuk kita ketahui bahwa peran praktik memusatkan pikiran ini gak bisa menggantikan metode pengobatan medis dalam menangani penyakit tertentu. Oleh karena itu, kalau kamu memiliki penyakit tertentu dan ingin mencoba meditasi untuk meringankan gejala yang kamu alami, sebaiknya tetap konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Segalanya Tentang Imun, Senjata Tubuh Untuk Melawan Virus dan Penyakit

Beragam Jenis dan Prosesnya

Ada banyak jenis dan teknik relaksasi dalam praktik memusatkan pikiran dan perasaan ini, seperti yoga, meditasi transedental, tai chi, qi gong, dan sebagainya. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mencapai kedamaian dan ketenangan diri.

Nah, secara umum, ada 2 teknik yang banyak orang tahu. Apa sajakah itu? Yuk, cek satu per satu!

1. Meditasi fokus atau konsentrasi

Meditasi ini dengan cara memusatkan perhatian atau konsentrasi pada suatu objek tertentu, seperti suara atau sensasi untuk mencapai ketenangan batin. 

2. Meditasi mindfulness

Teknik ini menggabungkan latihan konsentrasi dengan kesadaran atau perasaan mawas diri terhadap kondisi tubuh dan lingkungan sekitar. 

Elemen Utama Meditasi yang Perlu Kamu Tahu

Meski teknik meditasi ada banyak, intinya aktivitas ini terdiri dari beberapa elemen utama yang meliputi:

1. Memfokuskan pikiran

Pikiran fokus dan tenang merupakan unsur meditasi paling penting karena cara ini dapat membantu menjernihkan pikiran dari banyaknya gangguan yang memicu stres, kecemasan, dan kekhwatiran.

2. Bernapas secara perlahan

Pernapasan yang teratur dan pelan bisa meningkatkan oksigen ke dalam paru-paru. Dengan begitu, jumlah oksigen di dalam darah dan seluruh tubuh pun bertambah. Ini bisa membuat tubuh kamu terasa nyaman saat meditasi. Oksigen yang cukup juga bisa membuat otak lebih mudah fokus dan konsentrasi.

3. Lakukan di tempat yang tenang

Kalau kamu belum terbiasa, cobalah dengan melakukannya di tempat yang tenang dan bebas dari hal-hal yang berpotensi memberi gangguan. Gangguan yang dimaksud, seperti dering telepon genggam, TV, bunyi kendaraan, dan lain-lain. 

4. Posisikan tubuh dengan nyaman

Agar manfaat meditasi terasa maksimal, penting untuk melakukannya dengan posisi yang nyaman, baik itu saat duduk, berbaring, atau bahkan berjalan. Posisi nyaman ini juga sangat membantu menjaga postur tubuh kamu tetap baik selama meditasi.

Bagaimana Cara Merayakan Hari Penting Ini?

Nah, sekarang pertanyaannya, bagaimana cara merayakan Hari Meditasi Sedunia? Jawabannya simpel, kok. Cara paling baik untuk merayakannya adalah dengan menyisihkan waktu untuk diri sendiri untuk menjernihkan pikiran dan bersantai. Memang sih, beberapa orang kebanyakan memilih aktivitas fisik, seperti yoga. Tapi, sekadar duduk dan bersantai, juga termasuk meditasi loh. 

Intinya, kamu bisa ikut merayakan peringatan sedunia ini di manapun yang menurut kamu nyaman dan santai, entah itu di bak mandi, di gym center, atau bahkan menghadap ke lingkungan alami, seperti laut atau hutan juga bisa banget! Cukup tempatkan diri kamu dalam posisi yang nyaman, tutup mata kamu, bernapaslah dengan teratur, dan biarkan semua pikiran mengembara dari pikiran kamu. 

Apapun cara yang kamu pilih untuk merayakan hari peringatan ini, ingatlah bahwa meditasi akan bermanfaat kalau kamu melakukannya secara teratur. Jadi, kenapa kita gak membuat pengingat untuk bermeditasi sekali sehari saja? Kamu bisa memulainya hari ini, esok, atau lusa, dan lakukan secara rutin tiap minggunya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Improvement agar Keluar dari Zona Nyaman

Gimana? Tertarik untuk rutin melakukan meditasi? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya! Oh iya, buat kamu yang ingin masuk kampus secara cepat, goKampus ada jawabannya nih. Gak pakai tes segala tinggal upload rapor, 1 jam diterima loh! Ga percaya? Yuk, cobain di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-