digital marketing
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Mencari Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki kebingungan yang mendasar: Apa sih persamaan dasar akuntansi itu? Seberapa penting sih sebagai mahasiswa untuk mengetahui tentang persamaan dasar akuntansi? Dan bagaimana dampaknya untuk perusahaan?

Nah, kali ini goKampus akan membahas lebih dalam mengenai teori persamaan dasar akuntansi yang tentunya akan diperlukan oleh perusahaan dalam memahami siklus transaksinya. Simak yuk!

Seringkali beberapa pebisnis merasa bahwa mereka belum sepenuhnya mengetahui tentang persamaan ini secara lengkap. Tapi, teori ini merupakan hal yang penting pada keuangan bisnis sebuah perusahaan.

Persamaan dasar akuntansi adalah hal yang diperlukan oleh sebuah perusahaan dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan yang biasa disebut dengan pembukuan. Biasanya persamaan dasar akuntansi dikenal dengan gambaran kekayaan, utang, dan modal yang dimiliki perusahaan.

Biasanya para pebisnis memulai mengatur keuangan bisnis mereka dengan melakukan pembukuan yang sederhana, pembukuan itu bisa dilakukan dengan konsep dasar persamaan ini.

1. Prinsip persamaan dasar akuntansi

Nah, untuk menerapkan persamaan ini, kamu perlu banget untuk memegang prinsip akuntansi, di mana prinsip tersebut merupakan keseimbangan antara harta dan kewajiban. Pengaruh persamaan dasar akuntansi itu adalah untuk menganalisa laporan keuangan dan segala transaksi yang terjadi.

Kekayaan atau aktiva adalah assets atau bisa disebut juga dengan harta yang dimiliki perusahaan, dan hak atas harta tersebut disebut hak atas kekayaan (equality). Hubungan antara harta dengan hak atas kekayaan dapat dinyatakan dengan persamaan sebagai berikut:

Harta (assets) = Hak atas kekayaan (equality)

Secara teori, hak atas kekayaan terbagi menjadi dua berdasarkan asal usulnya yaitu hak yang berasal dari kreditur dan hak yang berasal dari pemilik perusahaan.

Hak dari kreditur atas kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan merupakan hutang perusahaan, sedangkan hak dari pemilik perusahaan itu sendiri disebut sebagai modal. Persamaan akuntansi dapat dituliskan sebagai berikut:

Harta = Utang + Modal atau Modal = Harta – Utang

2. Manfaat Persamaan Dasar Akuntansi

Secara umum manfaat persamaan ini berguna untuk mengetahui adanya perubahan nilai dari harta atau kekayaan pada suatu perusahaan.

Sehingga perubahan ini bisa berdampak di setiap transaksi yang telah dilakukan sebelumnya, selain itu persamaan dasar akuntansi ini memberikan manfaat dalam mengetahui berapa harta yang telah terpakai atau dibelanjakan dalam satu periode akuntansi.

Dengan demikian persamaan akuntansi berguna dalam menghitung keuangan pada laporan perusahaan, sehingga pengeluaran dan pemasukan yang tercatat dapat dilakukan dengan baik dan benar.

Baca Juga: Jadi Akuntan? Simak Prospek Kerja Akuntansi Yuk

3. Apa Saja Komponen Dalam Persamaan Dasar Akuntansi?

Dengan memahami persamaan ini, tentunya juga memiliki komponen yang termasuk ke dalam persamaan akuntansi sebagai berikut :

a) Akun Aset

Pada komponen aset merupakan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan yang berguna untuk di masa depan, adapun bentuk persamaan dasar akuntansi pada akun aset yaitu bersifat seperti aset lancar, aset tetap, dan aset tidak berwujud. Sehingga dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

• Komponen aset lancar adalah kas, piutang, dan biaya dibayar di muka.

• Komponen aset tetap adalah kendaraan, dan bangunan.

• Komponen aset tidak berwujud adalah goodwill, hak cipta, paten.

b) Akun Kewajiban (Liabilitas)

Biasanya istilah kewajiban ini biasa disebut sebagai liabilitas atau utang yang memiliki sejumlah dana atas hasil pinjaman dari pihak lain atau kreditur. Sehingga utang ini harus dilunasi pada saat waktu yang sudah ditentukan.

Bentuk persamaan ini di dalam akun kewajiban merupakan utang, dimana utang tersebut merupakan kesepakatan antar perusahaan dalam membayar pelunasan tersebut di kemudian hari. Adapun komponen pada utang tersebut dibagi dua yaitu :

• Komponen utang dagang adalah utang bank, utang gaji, utang pajak.

• Komponen utang jangka panjang adalah utang obligasi

c) Akun Ekuitas

Dalam ekuitas adalah bagian dari aset perusahaan yang biasanya dipegang oleh pemilik saham atau pihak ketiga. Sehingga kepemilikan ini bisa meningkatkan ekuitas atau mengurangi ekuitas yang biasanya termasuk ke dalam bentuk persamaan dasar akuntansi pada akun prive.

Di mana akun prive ini merupakan dana yang ditarik oleh pemilik saham dari perusahaan, selain itu adanya peningkatan ekuitas ini dapat meningkatkan akun pendapatan.

Sementara pada sisi penurunan ekuitas akan berpengaruh pada biaya perusahaan, maka dari itu komponen ekuitas ini dapat dibagi ke dalam bentuk persamaan dasar akuntansi seperti prive, modal, saham biasa, laba ditahan, dan modal disetor.

d) Pengaruh Transaksi Keuangan Terhadap Persamaan Akuntansi

Suatu transaksi keuangan yang terjadi pada sebuah perusahaan sangat berpengaruh terhadap persamaan akuntansi. Beberapa kemungkinan pengaruh tersebut antara lain:

1. Mempengaruhi salah satu, beberapa atau keseluruhan dari harta, hutang, dan modal.

2. Penambahan atau pengurangan aktiva yang mungkin timbul diimbangi dengan penambahan atau pengurangan terhadap pasiva (berupa hutang dan modal).

3. Pendapatan akan selalu menambah modal dan beban akan selalu mengurangi modal.

Bagaimana nih menurutmu dengan penjelasan secara detail mengenai persamaan dasar akuntansi? Udah siap belum bergabung menjadi salah satu calon mahasiswa akuntansi?

Yuk, klik halaman ini untuk mencari informasi lebih lanjut seputar jurusan akuntansi yang ada di aplikasi goKampus. Jangan lupa juga untuk konsultasikan persoalan kampusmu bersama goKampus.

Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *