Bagikan
scoll top
 
goKampus

Mendapatkan Lowongan Kerja Tanpa Punya Ijazah, Bisakah?

.
Bagikan

Ada banyak alasan orang gak punya ijazah. Bisa saja ijazahnya hilang, musnah karena bencana, atau karena orang tersebut tidak punya kesempatan untuk mengenyam jenjang pendidikan. Lalu, gimana kita bisa mendapatkan lowongan kerja tanpa punya ijazah? 

Untuk melamar kerja, biasanya ijazah adalah salah satu persyaratan yang harus kamu persiapkan. Jika syarat dalam lowongan kerja adalah lulusan SMA, pelamar harus membuktikan dia sudah lulus SMA dengan ijazah yang bertuliskan namanya. 

Tips Melamar Lowongan Kerja Tanpa Ijazah

Jika ijazahmu gak ada, kamu akan kesulitan dalam melamar pekerjaan. Namun, mendapat pekerjaan gak mustahil, kok. Ini tipsnya.

Baca Juga : Apa Itu Ijazah? Fungsi Dan Manfaatnya Apa Saja Sih?

1. Mencari koneksi seluas mungkin

Dalam karier pekerjaan apapun, koneksi adalah hal yang paling penting. Jika kamu mengenal dan mendapat kepercayaan oleh pemberi kerja, kamu bisa saja mendapatkan pekerjaan tanpa menggunakan ijazah sebagai syarat. Mungkin istilah kasarnya, “the power of ordal (orang dalam)”. 

Tapi, gimana cara memperluas koneksi? Coba ikuti langkah-langkah ini.

  • Terbuka

Jika kamu orang yang tertutup, cobalah membuka diri. Jadikan diri kamu sebagai orang dengan pikiran terbuka. Bertemanlah dengan siapa saja tanpa memandang suku, agama, ras, latar pendidikan. Ingat, kamu kan sedang butuh untuk mencari kerja. Jadi, jangan batasi dirimu dengan hal-hal tersebut.

  • Bergabung dengan komunitas

Ini bisa komunitas apa saja. Mungkin komunitas sepeda motor yang kamu gunakan, komunitas pecinta alam, dan lain-lain. Dalam komunitas, ada background yang berbeda-beda, sehingga kamu bisa memperluas networking.

  • Manfaatkan media sosial

Jangan gunakan sosmed cuma untuk narsis atau pamer. Cobalah menambah koneksi dengan orang-orang yang tepat. Sesekali, coba bertanya mengenai pekerjaan yang sedang dilakukan seseorang. Siapa tahu, kamu bisa dapat pekerjaan dari obrolan tersebut.

  • Meminta pertolongan

Jangan ragu untuk menanyakan apakah ada lowongan pekerjaan pada kenalanmu. Siapa tahu kenalanmu dapat menghubungkan kamu dengan orang yang memang sedang butuh karyawan. 

  • Memberi pertolongan

Sebaliknya, sering-seringlah memberi pertolongan pada orang yang membutuhkan, jika kamu memang sanggup. Niscaya kebaikanmu akan diingat dan kamu mendapat karma baik, kelak.

  • Menjaga hubungan

Kamu pasti punya banyak teman lama sejak kecil hingga sekarang. Coba jaga hubungan baik dengan mereka. Toh, dengan menggunakan media sosial, hal ini sebenarnya cukup mudah, kan?

2. Upgrade skill buka peluang lowongan kerja tanpa ijazah

Kalau kamu sedang berusaha mendapat lowongan kerja tanpa punya ijazah, kemungkinan besar saat ini kamu sedang menganggur. Coba deh, isi waktumu dengan hal-hal berguna, misalnya mengasah skill atau menambah skill baru.

Caranya mudah. Kamu bisa belajar hal-hal seperti fotografi, menulis, dan videografi secara otodidak melalui internet. Atau, kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas sertifikasi di goKampus. Kamu akan mendapatkan skill baru sekaligus meningkatkan daya tarikmu di dunia kerja.

Selain itu, sekarang ini banyak loh perusahaan startup yang gak mengharuskan kamu punya ijazah untuk bekerja. Namun, tentunya kamu harus menguasai beragam skill. Buat kamu yang ingin membekali diri bekerja di perusahaan startup, yuk ikutan kelas Memulai Karier di Dunia Startup Digital di sini.

Ada banyak posisi yang gak mengharuskan kamu punya ijazah, salah satunya Digital Marketer. Yuk, kuasai skill digital marketing dengan ikutan kelas Konsep Digital Marketing di sini dan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer untuk menunjang karier dan memperlus peluangmu.

Gak hanya membekali diri agar lebih siap kerja, kamu akan mendapat beragam insight dari profesional yang berpengalaman di bidangnya, dapat sertifikat dari institusi ternama di Singapura sehingga kamu diakui secara global, plus kelasnya bisa kamu ikuti secara online dengan biaya terjangkau. Yuk, buruan ikutan!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-