Bagikan
scoll top
 
goKampus

Menu Diet saat Puasa Turun 10 Kg? Begini Tipsnya!

.
Bagikan

Siapa sih yang gak mau berat badannya turun selama berpuasa? Banyak orang yang ingin berat badan turun saat puasa, namun gak diimbangi dengan pola makan yang benar. Bahkan, ada yang secara sengaja melewatkan makan saat sahur untuk mengurangi berat badan. Eits, bukannya berat badan turun, justru kamu yang sakit. Tapi, ada gak sih menu diet saat puasa turun 10 kg? Ada dong, bahkan kalau kamu konsisten, berat badanmu bisa turun sesuai yang kamu harapkan! Gak percaya? Yuk, baca artikel ini sampai habis!

Menu Diet saat Puasa Turun 10 Kg untuk Sahur

Sahur adalah waktu yang sangat penting dan gak boleh kamu lewatkan. Saat makan sahur, kamu mengisi energi sebelum berpuasa. Sahur juga akan membantumu untuk mengontrol nafsu makan ketika berbuka puasa. Jika kamu berpikir dietmu akan berhasil ketika kamu gak makan karbohirat sama sekali atau melewati waktu sahur, maka mulai sekarang kamu harus menghilangkan pikiran itu jauh-jauh.

Yang harus kamu perhatikan ketika ingin diet saat puasa adalah menu serta porsi makanan. Hal inilah yang berpengaruh penting bagi dietmu. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak baik dan juga vitamin. Agar kamu tetap berenergi saat puasa meski lagi diet, cobalah untuk mencukupi kebutuhan kalorimu sekitar 500-600 kkal. Berikut beberapa pilihan menu yang bisa kamu terapkan saat sahur, mengutip dari Halodoc!

  1. Ikan salmon panggang
  2. Brokoli rebus
  3. Kentang rebus tumbuk
  4. Omelet isi sayuran
  5. Daging rendah lemak
  6. Telur rebus
  7. Ayam panggang (bagian dada)
  8. Tempe dan tahu goreng tanpa tepung
  9. Tumis sayuran
  10. Buah-buahan (semangka, apel, jeruk, dan sebagainya)
  11. Oatmeal
  12. Teh hangat madu

Baca Juga: Tips Memilih Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa

Menu Buka Puasa untuk Diet

Godaan saat menjelang buka puasa memang sangat banyak. Begitu banyak pilihan makanan yang membuatmu menjadi lapar mata dan ingin melahap semuanya. Eits, kamu harus menahan diri ya, apalagi jika kamu lagi diet. Kamu juga harus memperhatikan menu dan porsi makananmu saat buka puasa. Jangan sampai kamu kalap dan kebablasan karena justru berat badan kamu akan meningkat. Untuk mengembalikan energi yang terkuras saat puasa, kamu membutuhkan maksimal 700 kkal. Salah satu cara untuk menyiasati agar porsi makan gak berlebihan, mengutip dari National Health Service United Kingdom ialah dengan menggunakan piring yang lebih kecil saat kamu makan. Selain itu, berikut pilihan menu diet saat puasa turun 10 kg untuk buka puasa:

  1. Susu hangat
  2. Teh hangat madu
  3. Sop ayam jahe
  4. Sayur bayam jagung manis
  5. Salad buah
  6. Yoghurt
  7. Capcay kuah atau goreng
  8. Ayam Suwir Kecap
  9. Tumis tahu dan taoge
  10. Steak Tuna
  11. Tempe dan tahu bacem
  12. Sop daging sapi

Takjil Buka Puasa untuk Diet

Takjil identik dengan makanan dan minuman manis, seperti kolak, biji salak dan sebagainya. Gak jarang pula, orang-orang menyiapkan gorengan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Nah, tahukah kamu jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan minyak bisa berakibat buruk bagi tubuhmu? Apalagi jika kamu lagi diet, nih. Kamu bisa mengganti takjil buka puasa dengan menu diet saat puasa turun 10 kg yang satu ini. Apa sajakah itu? Yuk, cek satu per satu!

  1. Smoothies buah
  2. Salad buah
  3. Pudding buah
  4. Buah kurma
  5. Es kelapa muda
  6. Es kacang merah
  7. Bubur kacang hijau
  8. Lumpia buah basah

Jadi, kamu sekarang sudah tahu kan kalau ada menu diet saat puasa turun 10 kg yang bisa kamu coba! Semoga bisa membantumu mencapai berat badan yang kamu inginkan ya, guys. Namun, perlu kamu ingat, semua pola makan yang seimbang juga harus diiringi dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup.

Selain dengan berolahraga untuk mencapai berat badan ideal, kamu juga bisa mengisi waktu selama bulan puasa dengan ikutan kelas bersertifikat di goKampus. Kalau tertarik bekerja di perusahaan startup, kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier di Dunia Startup Digital di sini.

Gak hanya dapat ilmu dan beragam insight dari profesional yang berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa ikutan kelasnya dari mana saja secara online. Yuk, buruan ikutan!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-