Bagikan
scoll top
 
goKampus

Nabung 10 Juta dalam 3 Bulan, Gimana Caranya?

.
Bagikan

Hayo, siapa nih yang selalu punya niat untuk menabung, tapi belum terlaksana juga? Godaan buat beli kopi, makeup, dan sebagainya sering kali membuat kita gak jadi menabung. Padahal, menabung itu penting demi kesejahteraan kita di masa mendatang. Sebenarnya mungkin gak sih kita bisa nabung 10 juta dalam tiga bulan? Mungkin banget! Yuk, kepoin caranya di artikel ini!

Cara Nabung 10 Juta dalam 3 Bulan hingga Seterusnya

Gak ada yang gak mungkin kalau kita sudah niat dan konsisten mengatur keuangan untuk menabung. Berikut cara nabung 10 juta dalam tiga bulan hingga seterusnya yang bisa kamu lakukan!

1. Pisahkan rekening tabungan dan untuk transaksi harian

Salah satu cara nabung 10 juta yang bisa kamu lakukan dengan mulai memisahkan rekening tabungan dengan rekening untuk kamu bertransaksi setiap hari. Kamu bisa menyimpan tabunganmu ke rekening tabungan biasa, tabungan berjangka, atau reksa dana pasar uang agar nominal tabunganmu tetap stabil atau gak berkurang.

2. Alokasikan pendapatanmu

Kamu harus mengatur proporsi untuk biaya sehari-hari dan untuk tabungan. Misalnya, ketika baru saja menerima gaji, bisa langsung memisahkan penghasilanmu dulu di awal dengan presentase 50% pendapatan untuk kebutuhan pokok, 30% untuk pengeluaran pribadi, dan 20% untuk kamu tabung.

Usahakan untuk menabung dari sisa uang yang kamu punya atau sisa uang dari kebutuhan sehari-hari. Kamu gak bisa memprediksi nominal sisa uangmu setiap bulannya dan cara tersebut justru lebih boros. Kamu harus menetapkan nominal atau proporsi yang sama setiap bulannya.

3. Cari sumber pendapatan tambahan

Agar target jumlah tabungan cepat terpenuhi, alangkah baiknya jika kamu memiliki lebih dari satu sumber penghasilan. Misalnya, kamu bisa melakukan pekerjaan freelance ataupun berinvestasi. Keuntungan yang kamu peroleh dari investasi bisa membuatmu lebih cepat mencapai target tabungan. Kalau kamu berencana berinvestasi kurang dari setahun, bisa investasi di reksa dana pasar uang.

Baca Juga: Apa Itu Investasi? Yuk, Kenali Dulu agar Cuan!

4. Belajar untuk disiplin dan konsisten

Tahan diri adalah kunci, loh! Menahan diri dan gak gampang tergoda mengeluarkan uang untuk yang kamu inginkan mungkin memang sulit. Namun, ini salah satu cara yang harus kamu lakukan. Jangan gampang terbuai dengan barang yang sebenarnya gak esensial atau kamu butuhkan di kehidupanmu sehari hari.

Kamu bisa menentukan skala prioritas ketika menginginkan sesuatu. Setiap kali ingin membeli sesuatu, coba tanyakan pada dirimu, apakah barang tersebut memang penting dan sangat kamu butuhkan? Atau sebenarnya tanpa barang itupun gak akan berdampak untuk dirimu?

Cara lainnya adalah ketika ingin membeli barang, kamu bisa menunggu selama 30 hari terlebih dahulu. Setelah 30 hari, apakah kamu masih menginginkan barang tersebut atau malah sudah sudah gak ingin lagi? Makanya nih, salah satu cara nabung 10 juta yang penting adalah tetap disiplin dan konsisten.

Itulah cara nabung 10 juta yang bisa kamu coba. Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Sambil mempersiapkan diri di dunia kerja dengan posisi yang terus berkembang, kamu bisa ambil kelas Managing Business Strategy dari Nanyang Technological University Singapore. Kelasnya bisa kamu ikuti dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat dari kampus ternama Asia dengan biaya terjangkau cukup Rp700 ribu/bulan. Penasaran? Sign up sekarang, yuk!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-