gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Rencanakan Beasiswa S1 ke Luar Negeri. Yuk!

Hai, pelajar Indonesia! Siapa sih yang gak mau kalau ada kesempatan untuk bisa menempuh pendidikan ke luar negeri? Dengan bermodalkan nilai yang cukup dan tekad yang kuat, kamu bisa loh melanjutkan pendidikan yang kamu inginkan ke luar negeri! Lebih seru lagi, kalau bisa mendapatkan beasiswa S1 ke luar negeri. Wah, pasti senang banget, kan!

Daftar Beasiswa S1 ke Luar Negeri

Tentunya banyak manfaatnya saat kamu ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Selain memperkaya pengalaman hidup, kamu juga bisa belajar menjadi mandiri dan punya banyak teman yang berasal dari negara lain. Nah, untuk yang menunggu informasi beasiswa S1 ke luar negeri, berikut tiga beasiswa yang mungkin bisa kamu ikuti.

1. Taiwan ICDF Higher Education Scholarship Program

Ini adalah program beasiswa S1, S2, dan S3 oleh Taiwan ICDF (International Cooperation and Development Fund) untuk 50 negara.  Program beasiswa ini maksimal 4 tahun untuk S1, 2 tahun untuk program magister (S2), dan 3 tahun untuk program doktor.

Ada 31 alternatif jurusan yang bisa kamu pilih. Mulai dari pertanian, agrikultur, administrasi bisnis, hubungan internasional, teknik, keperawatan, manajemen, kedokteran, hingga jurnalistik.

Jika terpilih, beasiswa Taiwan ICDF akan menanggung biaya perkuliahan, tiket pesawat (PP) Indonesia-Taiwan- Indonesia (dengan ketentuan lulus tepat waktu). Tempat tinggal di asrama mahasiswa, biaya kuliah, dan asuransi kesehatan juga mereka tanggung.

Tambahan lainnya berupa tunjangan buku, tunjangan hidup setiap bulan 12.000 NTD (sekitar 5,4 Juta rupiah) untuk program sarjana, 15.000 NTD (sekitar 6.8 Juta rupiah) untuk master, dan 17.000 (sekitar 7,7 Juta rupiah) untuk doktor.

Untuk kamu yang berminat, bisa langsung mendaftarkan diri ke universitas Taiwan yang kamu minati dan mengisi formulir aplikasi online Taiwan ICDF. Semua dokumen bisa kamu kirimkan ke Kantor Ekonomi dan Perdagangan Kantor Taipei yang berlokasi di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Berikut persyaratan dokumen yang harus kamu penuhi:

  1. Formulir aplikasi online yang sudah terisi, tercetak, dan kemudian kamu tanda tangani.
  2. Fotokopi paspor, kartu keluarga, akte kelahiran, ijazah dan terjemahan transkrip terlebih dahulu dalam bahasa Inggris, serta sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL / IELTS).
  3. Keterangan kesehatan Taiwan ICDF: (termasuk tes HIV) tertanggal tiga bulan terakhir.
  4. Dua surat persetujuan (masukkan dalam amplop tertutup dan tanda tangani). Bisa dari profesor, pimpinan, atau pembimbing.
  5. Fotokopi bukti pendaftaran (aplikasi online) masuk ke universitas (misalnya: – Formulir aplikasi online, aplikasi penerimaan di universitas / LOA, email atau izin pengiriman biaya pendaftaran dll).
  6. Pendaftar beasiswa WAJIB untuk melakukan pendaftaran langsung terlebih dahulu ke universitas.

2. Dr. Goh Keng Swee (GKS) Singapore

Yang kedua adalah beasiswa S1 ke luar negeri merupakan sebuah program beasiswa oleh Association of Banks in Singapore (ABS). Di beasiswa ini, kamu bisa memilih satu dari tiga universitas yang bergengsi di Singapura yaitu Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology & Design (SUTD).

Berikut beberapa persyaratan yang mungkin kamu butuhkan dan harus kamu penuhi, yaitu:

  1. Memenuhi persyaratan nilai dan dokumen lengkap untuk mendaftar di salah satu universitas tersebut.
  2. Prestasi akademik bagus dan stabil.
  3. Punya jiwa kepemimpinan dan aktif di organisasi.
  4. Bersedia dikontrak kerja tiga tahun di perusahaan Singapura setelah kelulusan.

3. Romanian Government Scholarship

Beasiswa S1 ke luar negeri lainnya adalah Romanian Government Scholarship ini adalah program beasiswa S1,S2, dan S3 yang diberikan oleh pemerintah Rumania.

Untuk mendaftar, kamu harus datang ke Kedutaan Besar Rumania di Jakarta yang terletak untuk menyerahkan dokumen aplikasi dan minta surat pengantar. Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi adalah:

  1. Formulir aplikasi untuk penerbitan surat penerimaan (Acceptance letter) dari – Kemendikbud Rumania. Acceptance letter ini untuk pendaftaran di universitas dan pengajuan aplikasi visa tinggal.
  2. Salinan ijazah kelulusan yang dilegalisir (ijazah sekolah menengah atas, ijazah S1, atau ijazah S2) dan terjemahannya secara resmi dalam bahasa Rumania, Inggris, atau Perancis.
  3. Salinan akte kelahiran yang telah dilegalisir dan diterjemahkan secara resmi ke dalam bahasa Rumania, Inggris, atau Perancis.
  4. Surat keterangan sehat yang menyatakan bahwa kandidat tidak mengidap penyakit menular atau penyakit lain yang kiranya dapat menghambat studi yang bersangkutan.
  5. Curriculum vitae/daftar riwayat hidup dalam bahasa Inggris,dll.

Untuk mendukung semangat para pelajar untuk menempuh pendidikan di dunia, pastinya banyak sekali beberapa yayasan atau lembaga pemerintah yang menyediakan dana bantuan atau beasiswa bagi para pelajar yang ingin dan mampu secara intelektual melanjutkan studi di tempat terbaik.

Gimana nih pendapatmu mengenai beasiswa S1 ke luar negeri? Yuk, klik halaman ini untuk mencari tau lebih lanjut mengenai berbagai kampus di luar negeri yang ada di aplikasi goKampus! Kamu juga bisa daftarkan dirimu melalui aplikasi goKampus, bisa dengan fitur instant pproval, kamu tinggal upload rapor!

Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-